Monday , September 21 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Apa Yang Dilindungi Oleh Asuransi: Jiwa Kita atau Nilai Ekonomi Diri Kita?

Apa Yang Dilindungi Oleh Asuransi: Jiwa Kita atau Nilai Ekonomi Diri Kita?

Hore,
Hari Baru!
Teman-teman.

Saya pernah menyimak pendapat beberapa orang tentang hidup. Ada yang bilang;”Hidup itu urusan Tuhan. Mengasuransikan jiwa kita berarti mendahului kehendak Tuhan.” begitu kira-kira. Dan faktanya, memang cukup banyak orang yang alergi mendengar kata ’asuransi jiwa’. Lucunya, mereka yang alergi dengan asuransi jiwa ini; sama sekali tidak sungkan untuk mengasuransikan mobil atau motor yang mereka miliki. Makanya, tidak mengejutkan jika mayoritas pemilik kendaraan bermotor melindungi nilai ekonomi kendaraannya dengan asuransi, sementara hanya sekitar 3% saja orang Indonesia yang secara sadar melindungi nilai ekonomi dirinya dengan asuransi jiwa.

Sebenarnya, asuransi jiwa bukan untuk melindungi jiwa kita. Melainkan melindungi nilai ekonomi diri kita. Misalnya, jika saat ini kita mampu menyediakan 5 juta rupiah setiap bulan untuk keluarga kita hidup dengan layak; maka asuransi jiwa membantu kita untuk menjamin agar kehidupan ekonomi keluarga kita dengan 5 juta rupiah pengeluaran itu bisa terus terjaga, ’meskipun’ terjadi sesuatu yang menyebabkan kita tidak mampu lagi menghasilkan uang sejumlah itu. Kita tidak berharap ’sesuatu’ itu terjadi. Namun, siapa yang bisa memastikan masa depan? Oleh karena itu, coba renungkan: Jika nilai ekonomi mobil kita saja dilindungi, mengapa kita tidak melindungi nilai ekonomi diri kita? Apakah mobil lebih berharga dari diri kita sendiri?

Jika kita karyawan, coba di cek apakah perusahaan tempat kita bekerja sudah menyediakan asuransi jiwa bagi kita. Perusahaan-perusahaan yang baik biasanya menyediakan asuransi jiwa bagi karyawan-karyawannya. Namun, ada 2 hal yang perlu kita lakukan; Pertama, tanyakan kepada HRD, apakah asuransi yang disediakan itu hanya berlaku selama kita bekerja di perusahaan, atau bisa dilanjutkan sendiri seandainya kita berhenti bekerja. Pada umumnya jika karyawan resign, atau pensiun, maka asuransi jiwanya secara otomatis akan terputus. Oleh karena itu; perlu dipertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa sendiri. Kecuali jika kita berencana untuk bekerja terus sebagai profesional. Tetapi, perlu dipertimbangkan juga, jika kita pensiun, apakah perlindungan itu bisa dibawa pergi sebagai paket pensiun atau tidak.

Kedua, jika perusahaan telah menyediakan asuransi jiwa yang bisa kita kelola sendiri (bisa dibawa pergi dan dilanjutkan sendiri) maka mungkin sudah waktunya untuk melakukan perencanaan keuangan atau biaya sekolah anak-anak dimasa depan. Memang ada orang yang lebih suka menabung setiap bulan di bank, dan tidak diambil-ambil. Tidak masalah jika kita bisa berdisiplin demikian. Tetapi, jika tidak, mungkin asuransi pendidikan bisa menjadi jalan keluarnya. Selain dari itu, asuransi pendidikan mempunyai kelebihan dari sisi perlindungan, yang tidak dimiliki oleh tabungan pendidikan. Prinsipnya; jika terjadi ’sesuatu’ pada diri kita, maka anak-anak kita akan tetap mendapatkan jaminan pembiayaan pendidikan sesuai dengan yang kita rencanakan.

Ketika istri saya bilang ingin menjadi agen asuransi, saya langsung setuju. Saya mendukung penuh karena saya memandang bahwa agen asuransi itu bukan sekedar sebuah pekerjaan, melainkan; sebuah kesempatan untuk menolong orang dalam kesusahan. Justru disaat nasabah menghadapi masa-masa sulitlah seorang agen asuransi dituntut untuk mampu mengulurkan tangan, dan memastikan bahwa mereka mendapatkan nilai ekonomi seperti yang direncanakannya pada saat pembukaan polis.

Sekalipun kita tidak berminat untuk membeli polis asuransi. Kita tidak perlu sungkan untuk berkonsultasi dengan agen asuransi. Tidak ada ruginya jika kita memahami mekanisme perencanaan keuangan model ini. Paling tidak, kita bisa membandingkannya dengan strategy perencanaan keuangan yang saat ini kita jalankan. Dimana agen asuransi bisa ditemui? Disekitar kita pasti ada agen asuransi. Meskipun kita tidak membeli polis asuransi dari mereka, biasanya mereka akan dengan senang hati membantu kita untuk mendesain rencana keuangan jangka panjang kita. Artinya, kita bisa mendapatkan konsultasi gratis tentang perencanaan keuangan kita. Lumayan, kan? Bisa juga menghubungi perusahaan asuransi lewat internet. Tidak susahlah kalau kita mau mencarinya.

Hore,
Hari Baru!

Catatan kaki:

  1. Asuransi bukanlah satu-satunya model perencanaan keuangan jangka panjang yang bisa kita gunakan. Tapi, tidak ada ruginya kan kalau kita tahu tentang asuransi?
  2. Jika anda nasabah Tabungan Pendidikan di bank, coba tanyakan kepada bank anda, apakah mereka mempunyai unsur perlindungan juga. Sekarang, sudah banyak bank yang memberikan perlindungan serupa. Jadi, anda bisa mendapatkan perlindungan itu tanpa harus berpindah dari bank pengelola tabungan pendidikan anda ke pengelola jasa keuangan lainnya.
  3. Saat ini, asuransi sudah banyak yang dikombinasikan dengan investasi. Jadi, anda akan mendapatkan benefit perlindungan, sekaligus melihat porsi uang yang anda bayarkan sebagai tabungan atau investasi yang terus bertumbuh dan berkembang.

Buku Belajar Sukses Kepada Alam

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

11 comments

  1. sependapat dgn komentar diatas, dgn.senang hati apabila ada yang membutuhkan informasi ttg asuransi dgn. senang hati saya siap membantu, tdk.perlu segan apabila nanti tdk.masuk asuransi karena niat yang tulus saya hanya ingin untuk membantu apabila ada yang membutuhkan.tks.

  2. bener juga, kadang2 kita ga sadar akan hal itu. hanya karena paradigma yang salah tentang asuransi.
    jika anda membutuhkan info tentang prulink anda bisa hubungi saya. gratis bo…

  3. Budi Arief Budiman

    Saya sangat sependapat sekali dengan pernyataan Pak Dadang diatas tentang asuransi, kalau ada yang mau konsultasi tentang asuransi bisa menghubungi saya dan jangan takut untuk dipaksa masuk kok… saya akan tulus ikhlas

    thanks

  4. Sependapat dg Pak Dadang. Beberapa teman2 yg saya kenal masih banyak yg berfikir negarif tentang tentang asuransi jiwa. Padahal asuransi sangat berguna menjaga stabilitas keuangan konsumen. Bila ada yg tertarik dengan asuransi,dengan senang hari saya akan membantu. Silakan kontak saya di 08121044417. Terima Kasih.

  5. madeallianz.com sangat senang bila masyarkt py pemahaman seperti bpk dadang dan juga rekan rekan yg seprofesi yg begitu sgt tulus membantu customer. kami yakin dunia asuransi akn semakin diminati masyarakt dlm merencanakan keuangan masa depan keluarganya, seperti halnya perbankn untk kbutuhn dana darurat (baca dan ikuti terus tulisan tulisan kami ttg asuransi & investasi di www madeallianz.com).

    fungsi asuransi teramat penting untuk jaminan rasa aman trhadap brbagai resiko kehidupan dan resiko finansial. setiap orang psti membutuhkn. apapun rumor dan pngalmn anda, teruslh mncari yg trbaik untuk masa depan anda. untuk dapatkn info asuransi dan investasi yg selalu ter up-date, serta ingin meliht aktifitas agen yg profesionl dan brkomitmen, silakan kunjungi terus : http://www.madeallianz.com .

    terima kasih, selamat dan sukses selalu.

    made allianz

  6. Nice Article Pak.
    Sebagai seorang agen asuransi saya sangat memahami sekali kondisi2 yg bapak kemukakan diatas.
    Mohon izin utk meng-copy artikelnya pak…

    Terima kasih

  7. Artikel tentang pentingnya asuransi jiwa, lebih dibanyakin lagi ya pak… supaya masyarakat Indonesia lebih sadar asuransi dan saya juga lebih mudah jual asuransi jiwa :).
    Pak Dadang, tolong ya pak, kalo ada yang perlu asuransi, ini no telpon saya : RINA 0815-8929771 agen asuransi AXA & telah memiliki lisenssi permanen dari AAJI. Terimakasih

  8. Yang setuju dengan Bapak ujung-ujungnya niat jualan.. hehehehe…. klo aku, setuju banget deh.. seperti kata temenku yang juga agen asuransi, masuk asuransi itu bukan berarti mendahulukan Tuhan, kita hanya menjaga-jaga, jangan sampe klo ada apa-apa dengan kita, anak-anak kita jadi susah..itu aja intinya.

  9. Penjelasan yang bagus … sederhana tapi sangat mengena … Sebenarnya masuk Asuransi Jiwa itu tidak mendahulukan ketentuan dari Tuhan, tapi sebetulnya sebagai suatu pernyataan atas keterbatasan kita sebagai manusia yang … InsyaAllah toh kita akan menghadap kepadaNya … Resiko dari Nilai Ekonomis inilah yang kita sebut sebagai “Ikhtiar” kita sebagai manusia sebagai makhluk ciptaanNya ….

  10. Artikelnya bagus juga dan saya setuju dengan asuransi jiwa. Namun saya tidak tau mengenai produk / jenis2 asuransi. Ada yg bisa bantu saya, email saya di ditomail@yahoo.com

  11. tulisan nya bagus pak…
    minta izin ya pak..untuk dicopy.
    trima kasih