Saturday , August 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / 2008 – Tahun Sial atau Hoki Plus?

2008 – Tahun Sial atau Hoki Plus?

Hore,
Hari Baru!
Teman-teman.

Seperti biasanya. Setiap menjelang pergantian tahun, orang cenderung disibukkan oleh berbagai hal yang belum tentu perlu. Salah satu hal yang paling umum dilakukan adalah ‘menghitung-hitung’ peruntungan tahun depan. Itu mungkin berguna. Mungkin juga tidak. Berguna jika dilandasi oleh semangat untuk menggapai perbaikan dari apa yang sudah diraih tahun ini. Dan itu pastilah harus diikuti oleh kejujuran untuk mengakui kekurangan-kekurangan, kesalahan-kesalahan, dan dosa-dosa yang kita lakukan tahun ini; bukan malah memungkirinya dengan sikap angkuh. Dengan begitu, kita mempunyai kesempatan untuk menjadi manusia yang ‘lebih bernilai’.

Sebaliknya, menghitung-hitung peruntungan tahun depan bisa tidak berguna. Terutama jika segala prediksi diliputi oleh pesimisme. Saya tidak bermaksud memasabodohkan kecanggihan kemampuan fortune tellers. Saya menghormati kemampuan itu. Dan sungguh, saya mempercayai mereka, meskipun saya tahu; banyak orang yang menganggapnya kelenik belaka. Saya menganggap mereka sebagai orang-orang yang diberkati Sang Maha Tahu. Bukankah tidak ada yang bisa menghalangi, jika Dia hendak memberi tahu sesuatu kepada seseorang yang dipilihNya? Jadi, ketika para fortune tellers mengatakan akan terjadi bencana ini dan itu tahun depan, saya tidak berniat untuk menampiknya. Mungkin saja ‘terawang’ mereka benar adanya. Jadi, tahun depan akan ada bencana. So what?

Jangan salah paham dulu. ‘So what’ saya itu tidak untuk menantang. So-what saya bermaksud; kalaupun memang tahun depan ada bencana, apa dong yang harus kita lakukan supaya dampaknya bisa dikurangi. Tapi ah, mengapa pusing? Bukankah berdasarkan penglihatan para fortune tellers, bencana itu terjadinya jauh dari rumah kita? So what? Nah, yang ini so what egoistis. Tapi, jujur saja, bukankah kita memang tidak terlalu tertarik dengan sesuatu yang tidak langsung mempengaruhi hidup kita? Jika ada dua ramalan; pertama akan ada bencana alam ditempat sejauh 9999 kilometer dari tempat tinggal kita, dan kedua; bisnis kita akan berat tahun depan. Mana yang akan menarik perhatian kita? Saya ragu jika kita lebih fokus kepada urusan ramalan bencana itu. Kecuali jika kita tahu bahwa gara-gara bencana itu, maka penduduk setempat membutuhkan barang atau jasa yang disediakan oleh bisnis kita. Jika tidak, pasti kita pusing duluan memikirkan ramalan; bisnis kita akan berat tahun depan.

Berguna apa tidak jika kita memikirkan ramalan itu? Berguna jika kita menjadi terdorong untuk mencari jalan keluar supaya bisnis tidak hancur lebur. Tidak berguna, jika gara-gara ‘penglihatan’ itu, kita demotivated. Padahal, lonceng tanda pergantian tahun saja belum berbunyi. Kita sudah keder duluan.

Guru saya, seorang eksekutif senior dengan reputasi internasional, suatu ketika memberi sebuah ujian. Saya tahu, banyak orang yang telah dan akan gagal menghadapi ujian itu. Dalam sebuah obrolan ringan beliau berkata; “Tahun ini kita memang bagus, tapi, tahun depan kelihatannya agak berat nih….” Ketika beliau berkata demikian, naluri saya segera bekerja. Lalu saya memutuskan untuk mengikuti iramanya. “Kenapa bilang begitu, Pak?” balas saya

Beliau bilang;”Karena 2008 itu angka jelek. 2+0+0+8=10. Angka yang jelek.” Katanya. Setahu saya memang banyak ramalan yang menyatakan bahwa tahun depan bakal kurang menguntungkan. Tapi saya bertekat untuk lulus ujian itu.

“Saya berpikir sebaliknya,” saya bilang. “Bagi saya, 2008 akan menjadi Tahun Hoki Plus.”

“Hoki Plus?” katanya.
“Ya. Tahun Hoki Plus.” Saya menegaskan. “Jika banyak orang yang percaya bahwa angka 10 itu sama dengan zero, seharusnya mereka yakin bahwa tahun depan akan menjadi tahun dimana mereka tidak rugi. Sekalipun mereka tidak untung, tapi tahun depan harus diterjemahkan sebagai tahun dimana bisnis kita mungkin agak stagnan.”
“Hmmh, baiklah.” Katanya. “Tapi itu bukan Hoki Plus.” Sanggahnya kemudian.
“Memang bukan.” Jawab saya enteng. “Karena saya tidak menggunakan cara berpikir seperti itu.” Tak sadar tubuh saya sudah bertengger diujung meja. “Angka 10 itu,” saya melanjutkan, “adalah 9 ditambah satu.” Saya berhenti sebentar. “Apa arti angka sembilan bagi kebanyakan orang?” Saya sok melakukan probing.
“Angka keberuntungan.” Jawabnya.
“Tepat sekali!” Saya langsung menyambar jawabannya. “Jaadiiii, angka 10 sama dengan ‘keberuntungan’ ditambah 1. Bukan begitu?” Beliau tersenyum. “Itulah Hoki Plus yang saya maksud.”

Baiklah. Mari kita tegaskan kembali. Tahun 2008, adalah tahun dengan jumlah total angka 10, karena 2+0+0+8=10. Jika kita hendak membuang-buang waktu memikirkan angka 10 itu, boleh-boleh saja. Tapi pastikan itu berguna. Jika kita melihat dari sisi pesimistik angka sepuluh sama dengan zero, maka kita benar-benar melakukan sesuatu yang sama sekali TIDAK BERGUNA.

Sebaliknya, jika kita melihat angka 10 itu sebagai 9+1, maka bagi kita; tahun 2008 berarti tahun dimana kita akan mendapatkan keberuntungan ditambah dengan 1 bagian lagi bonus plusnya. Orang lain mungkin akan stagnan bisnisnya tahun depan. Tapi bisnis saya akan untung ditambah 1 order besar. Orang lain mungkin karirnya akan mandek tahun depan. Sedangkan saya akan mendapatkan tambahan tanggungjawab. Orang lain, mungkin kenaikan gajinya hanya 2 atau 3 persen saja. Atau mungkin 0% karena mereka percaya bahwa tahun depan adalah tahun yang tidak menguntungkan. Tapi saya, akan mendapatkan kenaikan gaji minimal 10%.

Tahun Hoki Plus. Saya mau menyebutnya begitu. Sembilan adalah hoki. Dan angka 1 tambahannya. Jika kita menghitungnya dalam bentuk persen (%) dari 9, maka itu sama dengan 1/9×100%. Ingatkah anda berapa nilainya? Bukan 11%. Bukan pula 11.1%. Atau 11.11%. TAPI, 1/9×100% adalah 11.1111111111111……. hingga tidak berbatas %. Jika anda tidak percaya, ambil kalkulator. Pencet angka satu. Pencet tanda bagi. Pencet angka 9. Pencet tanda kali. Pencet angka 1. Pencet angka 0 dua kali. Lalu pencet tanda sama dengan. Hasilnya, bilangan tak terbatas, bukan?

Apa itu artinya? Artinya. Tahun 2008, akan menjadi tahun penuh keberuntungan bagi anda. Dimana gaji anda akan naik minimal 11% ditambah dengan bonus-bonus menggiurkan yang nyaris tiada berbatas. Artinya. Tahun 2008, akan menjadi tahun penuh keberuntungan bagi anda. Dimana volume bisnis anda akan naik minimal 11% ditambah dengan kesempatan-kesempatan lain untuk membuka bisnis baru yang nyaris tiada batasnya. Sebab, pembagian angka satu dengan 9 menghasilkan angka yang tiada berbatas. Jadi, Tuhan sengaja memberi anda kesempatan untuk hidup hingga tahun 2008, supaya anda mendapatkan begitu banyak kesempatan. Karena kesempatan yang Tuhan hamparkan itu tiada berbatas. Seperti tidak berbatasnya kekayaan dan kekuasaan yang DIA miliki. Pertanyaannya sekarang adalah; bersediakah anda membayar harganya? Bersediakah anda bekerja lebih giat. Berbuat lebih banyak. Bertindak lebih akurat? Jika anda bersedia melakukan semuanya itu, Tahun Hoki Plus akan menjadi milik anda.

Sekarang, marilah kita yakini bahwa; tahun 2008 akan menjadi tahun yang penuh keberuntungan bagi kita, dengan berjuta peluang dan kesempatan yang menanti untuk kita raih. Sebab, tahun 2008 adalah….Tahun Hoki Plus.

Hore,
Tahun Baru!

Catatan Kaki:
Ada baiknya kita berhenti berprasangka buruk kepada Tuhan, karena Dia tidak pernah memberikan apapun selain didalamnya tersedia kebaikan-kebaikan yang mungkin belum berhasil kita temukan.

Buku Belajar Sukses Kepada Alam

Buku Panduan Menjadi Penulis Yang Saya Baca

Daftar Disini Untuk Update Artikel Terbaru Dari Dadang Kadarusman Melalui Email

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

10 comments

  1. Selamat Tahun Baru Kang!… Sukses selalu…

  2. Salam…

    Angka 2008, kalau ditotal kan menjadi angka 10. Nah, sejak saya kecil dulu, saat sekolah…angka 10 adalah sebuah Nilai Sempurna. Jadi kalau kita berhasil mengerjakan semua soal dan benar semuanya (100% benar), maka guru kita pasti memberikan nilai dengan angka 10. Jadi angka 10 menunjukkan KESEMPURNAAN. .. menunjukkan KEBERHASILAN 100%.

    Ada lagi…total angka 10 juga bisa dianggap sebagai simbol DOUBLE HAPPINESS. Jadi angka 10 mengartikan akan terjadi Kebahagiaan Ganda…. Sehingga kita akan merasakan kebahagiaan yang berlipat dua, boleh juga disebut Kebahagiaan Plus.

    Tapi, bagaimana pun, soal Sial atau Hoki… Sengsara atau Bahagia, itu semuanya bergantung pada diri sendiri. Kita mau Sial atau Hoki…Terserah kemauan kita kan?

    Allah pun ber-firman:

    “dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain dari apa yang telah diusahakannya” . (Al-Qur’an, Surat An-Najm: 39)

    “Dan bagi masing – masing orang memperoleh derajat – derajat ( seimbang ) dengan apa yang dikerjakannya” . (Al-Qur’an, Surat Al An’aam : 132)

    Semoga bisa melengkapi uraian Kang Dadang. Terima kasih.

    Salam,
    Wuryanano
    http://wuryanano.com/

  3. sial atau hoki, sing penting evan ngucapin selamat. Selamat taon baru, Pak.
    Oya..ada baiknya juga kalau kita sesekali berprasangka buruk pada Tuhan. Itu artinya kita masih ingat dan percaya adanya Tuhan toh Pak?
    Daripada sama sekali tidak berprasangka?

  4. Maaf terlambat kang Dadang, HORE HARI BARU..!
    PREDIKSI YANG saya rasa “pas”..hmmmmmmm….!
    Saya baru saja sampai dari mudik Natalan
    keluarga di Malang. Maaf,sorry telat kasih response [prompt feedback].

    Sungguh saya heran, kenapa kok 2008, rasa-rasanya malahan tahun “baik” bagi Indonesia??
    Gut feeling itu heran, Tahun baik?? Tahun PERUBAHAN [sama dengan Mas Nano]. oh ya, saya bukan fortune teller,hmmmm..hanya orang tidak biasa saja..
    Optimis saja terus bagi Indonesia..!
    Jangan ada yang pesimis. Tahun depan khan
    sama saja dengan hari besok, sederhana saja,
    sikap kitalah yang sebaiknya disederhanakan
    saja seperti kita menghadapi hari besok saja,
    tak usah terlalu jauh-jauh/berbelit. Miliki impian, miliki optimisme, semangat dan rencana-rencana konkrit, fokus dan passion, nah, hidup kita [perasaan kita] akan enak, damai,
    tidak takut dan tidak khawatir, bukan?
    salam mulia
    harry ‘uncommon’ purnama

  5. Selamat tahun baru kang Dadang… saya sih berharap di tahun baru 2008 justru bencana berkurang kalaupun ada ya itu bagian dari misteri hidup. Sebab seperti dalam postingan ini tergantung sudut pandang “fortune teller” yang meramalnya. Ada yang baik ada yang buruk.

    Whatever semua itu… pokokeâ„¢ di tahun baru 2008 makin bermakna kehidupan kita… tuk menyelesaikan sisa-sisa umur.

  6. Happy Birthday, Happy new year
    “Umi, Lamis besok ulang tahun”
    “Ya, umi tahu, kita besok akan merayakannya”
    “Jangan Umi, kita kan nga ada uang”
    “Lamis, tuk merayakan ulang tahun kamu tidak memerlukan banyak uang yang dibutuhkan hanya banyak kasih saying dan keikhlasan. Lamis, besok pagi di hari ulang tahunmu yang ke 13 kamu harus melakukan 13 hal yang akan membuat kamu dan orang lain bahagia dan itu semua tidak membutuhkan uang yang banyak”
    1. Cium tangan abimu, peluk dia ucapkan terima kasih atas semua yang telah diberikan untukmu, katakan kamu menyayanginya.
    2. Bersihkan kelasmu meskipun itu bukan giliran tugasmu.
    3. Peluk sahabatmu, katakan kamu beruntung menjadi sahabatnya
    4. Buat hadiah yang dibungkus indah, kasihkan keteman yang sering menyakitimu, tuliskan bahwa kamu bersyukur mengenalnya.
    5. Kasihkan hadiah buat teman yang paling pendiam dikelasmu, tuliskan bahwa kamu bangga berteman dengannya.
    6. Berikan hadiah buat guru yang kamu benci, tuliskan bahwa kamu senang menjadi muridnya.
    7. Cium tangan ibu gurumu, katakan kamu senang belajar bersamanya.
    8. Berikan hadiah terbaik kasihkan ke penjaga sekolah yang mungkin teman-temanmu tidak mengetahui namanya dan mereka kurang peduli dengan kehadirannya.
    9. Cium pipi umimu ini peluk erat dan bisikan kamu sangat menyayangi umi.
    10. Sisanya lakukan 4 hal yang akan membuat orang lain bahagia meskipun mereka tidak mengenalmu.
    Teman-teman dialog ibu dan anak gadisnya ini mengajarkan kita bahwa hidup adalah sebuah pilihan dan pilihan hidup terbaik adalah selalu senantiasa mengisinya dengan hal-hal terbaik yang akan mengubah hidup kita dan orang lain.
    “Your happiness doen not depend on anyone else, it is in your hands” Dr.Aid al-Qarni
    Teman-teman hal-hal terbaik dalam hidup kita terkadang adalah hal-hal yang sangat biasa namun dikerjakan dengan cara yang tidak biasa.
    “Enjoy the little things, for one day you may look back and realize they were the big things” Robert Brault
    Teman-teman ada pejabat yang menghabiskan 60 juta untuk merayakan ulang tahun anaknya. Pesta hura-hura yang mengajari anaknya tuk berpoya-poya sedang ibu yang bijak ini mengajari anaknya merayakan ulang tahunnya dengan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang mulia yang tidak membutuhkan banyak dana.sesuatu yang mulia yang bisa mengubah hidup orang lain.
    “The greatest blessing is goodness in the soul which makes one happy” Dr.Aid al-Qarni
    “Do things for others and you will find your self-consciousness evaporating like morning dew on a Missouri cornfield in July” Dale Carnegie
    “Yesterday is gone, tomorrow has not yet come, we have only today. Let us begin” Mother Teresa
    Sopian Anwari, guru bahasa inggris di pesantren kuningan. Mahasiswa di Central College, Sydney

  7. Dadang Kadarusman

    #1. Sakti Selamat tahun Baru.
    #2. Pak Nano, Allah itu begitu adilnya ya? Sehingga Dia akan memberikan apa yang diupayakan hamba-hambanya
    #3. Evan, bagusan kita berprasangka Baik pada Tuhan ya Van?
    #4. Pak Harry, haha. Serasa seperti balapan. Jadi ingat ketika Guru saya dikampung bilang: “berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan…”. Terimakasih Pak, for being my supporter.
    #5. Pak KH Kurt. Saya suka dengan Pokoke-TM nya. Haha, saya belum tahu tuh gimana cara bikinnya. Enlight me dong, please.
    #6. Mr Sopian, welcome back (hehe, saya ikutan pake Inggeris, biar ketularan pinter English dari Pak Sopian). Yang terpenting, komentar Bapak itu loh… To rent finish (Maksudnya: Ke ren abis).

  8. taon baru identik dengan harapan, doa2 maupun rencana yang baru…setau saya thn 2008 sama seperti thn2 yg terdahulu maupun thn2 yg akan dtg, tp mungkin krn kt punya sisi kemanusiawian kt shg punya daya yg menerawang, keingintahuan maupun kekuatiran tuk mau tahu ttg diri kita di masa dpn gmn, jd sukses atau mlh merosot dr thn sebelumnya….it’s ok lah, tp sometimes mendengar peruntungan dr fortune teller jg ga salah….but, yg hrs kt lakukan itu adl bgmana cara pandang kt terhadap hal peruntungan tsb dngn mengatisipasi dan menyikapi semua peruntungan itu di taon 2008 ini dng langkah2 bijak (kt org bijak…hehehe).
    mengkaji k hitung2an matematis 2008 (tp aq blm ngarti ey…kok dijumlahkan sih????)….yg saya pandang mgkin 2 angka trakhir yaitu 08…wah angka yg bagus (no punggung gerard ma scholes…tuh favorit aq hehehe)…08 bg saya mungkin angka yg biasa2 dan misterius…saking misterius nya…2008 hrs bs dlewati dan dibuka hr demi hr dgn senyuman…hehehe…sapa tau d 2008 ini aq bs dpt jodoh (lg ngebet mo merit nih, da diultimatum ma nyokap), pekerjaan yg baru, dan kehidupan yang lebih menyenangkan…hope that dreams will be come true in this mysterious year 2008…
    But, that’s only an opinion from the bottom of my brain. Anyway, let’s welcome this new year with a new spirit and challenge to prove that we can fight and get a better life in the new year…finally, i just wnat to say : Happy new year 2008 to all of you….Adios

  9. Yang luar biasa adalah; Tuhan selalu menempatkan manusia dalam level “pendidikan” yang lebih tinggi setiap tahunnya. Itu yang membuat saya lebih exciting di 2008 ini..

  10. wah ternyata EQ kang dadang sudah tinggi terbukti dari ucapan dan pola pikir yang selalu Positif Feeling, itulah pancaran orang yang telah tersinari diri dan hatinya dengan Nur ilahi atau kalam allah SWT..

    wilujeng kang…