Saturday , May 30 2015
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / Mengusir Gelisah Hati

Mengusir Gelisah Hati

Hore,
Hari Baru!
Teman-teman.

Dijaman ini, begitu banyak hal yang bisa menjadikan hati kita gelisah. Kenaikan gaji yang nyaris habis dikikis inflasi. Harga sayur-mayur yang menguras uang dapur. Uang sekolah anak-anak yang kadang menyesakkan. Kerena kegelisahan itu, kita menjadi sulit tidur. Dari sulit tidur, lalu kita dihinggapi depresi. Kemudian berkembang menjadi stress berkepanjangan. Untuk mengobatinya; kita meminum obat tidur ditambah anti-depresan dan anti-ansietas. Memang, banyak orang yang tertolong dengan obat-obatan semacam itu. Tetapi, dalam jangka panjang mereka harus menaikkan dosis untuk menghasilkan efek yang sama. Sehingga, akhirnya malah menjadi ketagihan. Adakah alternatif lain selain obat-obatan semacam itu?

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Dijaman dahulu kala, obat-obatan seperti itu belum ada. Begitu pula dengan lembaga pelatihan yang menyajikan topik ‘Stress Management’. Sehingga, orang-orang pada masa itu harus mencari jalan keluar lain, seperti yang dikisahkan dalam sebuah dongeng. Dongeng tentang seorang lelaki yang sedang dihinggapi oleh kegelisahan hati. Dia mendatangi seorang bijak ditengah gurun pasir. Lalu bertanya;”Tuan, apa rahasianya sehingga Tuan begitu tentram dalam menghadapi hidup yang serba sulit ini?”

Orang bijak itu berkata;”Aku tahu sebuah rahasia,” katanya, “tapi aku tidak bisa mengatakannya kepadamu,” lanjutnya.

Lelaki itu menahan kecewa sambil berkata:”jika Tuan tidak mengatakannya, bagaimana saya mengetahuinya?”

“Engkau bisa membacanya,” kata sang bijak, seraya mengarahkan telunjuknya kesebuah gundukan bukit pasir. “Disana,” lanjut beliau. “Ada selembar kulit kambing yang menyimpan rahasia itu. Raihlah kulit kambing itu, dan bacalah apa yang tertulis padanya.” Katanya. “Jika engkau bisa mengamalkannya, maka hatimu akan terbebas dari rasa gundah dan gelisah.” Lalu, orang bijak itu beranjak pergi.

Seketika itu juga, sang lelaki berlari ke gundukan pasir itu. Setelah mencari-cari diseluruh penjuru bukit itu, akhirnya dia berhasil menemukan kulit kambing yang diceritakan oleh sang bijak tadi. Dia bergegas membuka lembaran kulit kambing itu. Dan disana, didapatinya sebaris kalimat aneh yang berbunyi;”Alaa bidzikrillaahi tathma-innul quluub….” Sejenak dia berpikir, apa arti kalimat itu. Oh, dia teringat masa kecil dulu, ketika gurunya bercerita tentang rahasia itu. Perlahan-lahan dia teringat pula bahwa kalimat itu berarti, bahwa:’hanya ada satu cara untuk menjadikan hati kita tenang, yaitu; dengan mengingat Tuhan’.

Orang-orang yang senantiasa mengingat bahwa mereka mempunyai Tuhan tempat bersandar; dijamin akan merasa tenang dihatinya. Betapa tidak? Didunia ini ada begitu banyak hal yang diluar jangkauan kemampuan manusia. Sehingga, mengandalkan kemampuan diri sendiri saja seringkali tidak cukup. Lagipula, masalah kita bisa datang silih berganti. Saat kita terbebas dari suatu masalah, masalah lain serta merta menggantikan.

Ketika teringat kepada Tuhan, kita kembali disadarkan bahwa tidak ada kekuatan yang melebihi kekuatan Tuhan. Sehingga, saat kita meminta kepadaNya untuk diberi kekuatan, maka kita mendapatkan kekuatan dari sang pemilik kekuatan itu sendiri. Itu membuat kita memiliki kekuatan untuk terus menjalani hidup. Tidak peduli sesulit apapun dia mendera kita.

Selain itu, kita juga kembali disadarkan bahwa Tuhan itu maha adil. Dia tidak mungkin menghukum orang-orang yang berbuat kebajikan. Sebaliknya, tidak mungkin Dia membiarkan orang-orang yang berbuat jahat, menindas sesama manusia, merampas hak orang lain, dan bertindak sewenang-wenang. Sebab, tidak ada satu mahlukpun yang bisa terbebas dari pengawasanNya. Jadi, disaat kita harus melakukan tindakan-tindakan yang baik, kita yakin bahwa Tuhan mendukung kita dibelakang. Namun, ketika terbersit dihati kita untuk melakukan sesuatu yang kurang baik. Atau merugikan orang lain. Atau mengambil hak orang lain, kita teringat bahwa Tuhan menyaksikan. Mudah-mudahan kita ditunjukkan kepada jalan yang lurus lagi.

Mengingat Tuhan, berarti menjadikan Tuhan sebagai backing kita. Jika kita membayar orang-orang berpengaruh untuk menjadi backing kita, rasanya hati kok tenang sekali ya? Apalagi jika yang menjadi backing adalah sang maha pemilik kekuatan dan kekuasaan mutlak. Oleh karena itu selain mendapatkan ketenangan hati, orang-orang yang selalu mengingat Tuhan juga bisa menasihati dirinya sendiri dengan mengatakan; “Cukuplah Tuhan sebagai pelindungku”.

Jadi, untuk terbebas dari kegelisahan hati, kita bukan harus bergantung kepada obat-obatan. Melainkan semakin banyak mengingat Tuhan. Karena ”Alaa bidzikrillaahi tathma-innul quluub….”. Hanya dengan mengingat Tuhan, hati kita menjadi tenang. Bayangkan. Jika setiap hari kita bisa mengingat Tuhan. Maka setiap hari. Hati kita. Menjadi tenang.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman –
Leadership and Personnel Development Trainer
Phone: 0812 19899 737 (PIN BB: 2A495F1D)

Catatan Kaki:
Kesulitan mungkin sengaja ditimpakan Tuhan kepada kita, supaya kita lebih mudah untuk mengingatNya.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:spirit21.co.uk

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi Ms. Vivi di 0812 1040 3327 atau 0812 19899 737.

22 comments

  1. Alhamdulillah…
    Lagi2, pagi ini saya mendapat sarapan lezat dari Mas Dadang… Terima kasih Mas…
    Saya tertarik dengan pernyataan bahwa “dengang mengingat Tuhan, hati akan menjadi tenang”… Alhamdulillah, itulah yang selalu saya rasakan ketika kebiasaan itu saya lakukan sejak beberapa bulan yang lalu… Ada 1 tips yang selalu saya lakukan, ingat Allah melalui Asma’ul Husna-Nya, cukup 1 asma’ul husna setiap hari, dan hari esok dengan asma’ul husna berikutnya, hingga 99 hari… Tapi dengan syarat, pahami, resapi setiap makna yang ada di balik nama2-Nya itu… Insya Allah, dengan itu kita akan merasa dekat dengan-Nya, hidup lebih terkontrol, terarah, dan rasanya juga lebih bergairah…

    Demikian saja…
    Untuk Mas Dadang, Tetaplah menjadi pelita, penerang dalam kegelapan…

    Wassalam,
    GUSMAN NAWANIR
    Sintok, Kedah, Malaysia

  2. a person that is truly spiritual they will have a lot of energy and so automatically they will have a lot of money and they will have a lot of stuffs to give, to help, to make others happy. to be with God is to be rich and powerful

  3. Obat paling manjur adalah KUASAILAH DIRIMU DAN KENDALIKAN DIRIMU! HENTIKAN KEPANIKAN MENGUASAIMU!
    Jika pasangan tercinta panik, diam dan tetaplah bersamanya. Pegang tangan bersama dan tatap mata! Hatimu akan berkata satu sama lain :”Ini segera terlewati jika engkau bersamamu!”
    Dan mulailah lakukan hal-hal yang kecil sambil selalu mengucapkan terima kasih dalam hal kecil apapun.
    Lihatlah……segera!

  4. Jadi, disaat kita harus melakukan tindakan-tindakan yang baik, kita yakin bahwa Tuhan mendukung kita dibelakang. Namun, ketika terbersit dihati kita untuk melakukan sesuatu yang kurang baik. Atau merugikan orang lain. Atau mengambil hak orang lain, kita teringat bahwa Tuhan menyaksikan.

    Pengertian ihsan yang baru dan haru. :D
    makasih Bos atas pencerahannya..

  5. betapa aku sangat gelisah sekali hari-hari ini, berilah aku kekuatan agar aku lebih tajam lagidalam mengisi kehidupan ini.

  6. sometimes the best thing we can do is to break away from negatitive people n put ourselves in a healthy, positive, faith filled environment. coz it doesn’t matter how great the potential in the seed, if you don’t put it in good soil. It will not take root n grow and the best place to grow is in the God’s love. Allah will give you more power if you believe in Him

  7. Memang, sering kali usaha keras yang sifatnya material tidak selalu menjamin kedamaian dan kebahagian hati. Bahkan justru sebaliknya. Karena itu kita butuh menciptakan keseimbangan lahir dan batin, material dan spiritual. Dan disini pentingnya latihan olah hati, dengan bantuan energi doa. bagi teman2 yang bermacam2 doa: doa perlindungan, doa ketenteraman hati, doa hajat, dan lainnya. Silahkan kopi dari:
    http://syamsuri149.wordpress.com
    http://islampraktis.wordpress.com

    Wassalam
    Syamsuri Rifai

  8. Mengapa dalam dongeng ada penamaan bukit shofa dan marwa? Mengapa harus dengan dongeng untuk menentramkan hati? dalam banyak kitab yang ditulis para ulama, masalah kegundahan hati dapat disejukkan dengan membaca doa yang dicontohkan Rasulullah, dan BUKAN DENGAN MEMAKNAI DONGENG….terlebih lagi dongeng itu kedudukannya jauh lebih rendah daripada hadist maudhu (hadist palsu), jadi berhati-hatilah…Intinya setiap muslim wajib menuntut ilmu agama agar tidak tersesat dengan cerita-cerita dongeng murahan seperti ini

  9. respon saya belum di komentari koq malah dihapus ya?

  10. Untuk komentar Mas Joko.
    Mas, tidaklah menentukan apakah hadis itu mutawatir atau ahad, shahih atau dhaif apalagi maudhu’. Kreteria dan tolok ukurnya tidak semudah yg kita gambarkan. Para ulama ahli hadis saja berbeda2 pendapat hal itu bahkan dalam menentukan ukurannya.
    Coba saja komentar2 Imam Ibnu Hanbal dan Al-Hakim dalam kitab2nya terhadap ulama2 ahli hadis yg lain. Sudah baca belum kitab2 itu?

    Wassalam
    Syamsuri Rifai
    http://tafsirtematis.wordpress.com
    http://syamsuri149.wordpress.com
    http://islampraktis.wordpress.com

  11. Dadang Kadarusman

    #1. Pak Gusman, terimakasih atas tambahan nasihatnya Pak. Sungguh menyejukkan jiwa. dan Tipsnya sangat praktis untuk dapat dilakukan.

    #2. Pak Sopian. Saya suka ungkapan Bapak bahwa ‘to be with God is rich and powerful’.

    #3. Ibu Debbie. Nasihatnya tepat sekali Bu. Apalagi kita tahu bahwa menguasai diri itu tidak mudah, ya Bu. terimakasih atas tambahan catatannya.

    #4. Pak Guru Kurt, saya yang berterimakasih, dan gambar smileynya menyejukkan hati.

    #5. Pak Samsul Rizal. Mungkin orang lain tidak bisa secara langsung menolong kita. Namun, ketika kita bisa semakin mendekatkan diri kepadaNy dan meyakiniNya, itu akan menjadi penyembuh yang menetramkan.

    #6. Pak Syamsul Rifai, betul Pak, keseimbangan itu perlu. Termasuk urusan dunia dan akhirat ya Pak.

    #7. Pak Joko Sembodo. Mohon bersabar Pak ya. Memang saya tidak selalu bisa membalas email yang masuk karena berbagai keterbatasan yang saya miliki. (Juga kepada teman-teman lain yang sampai saat ini belum mendapatakn balasan, karena tidak mungkin saya bisa membalas semuanya.) Terimakasih juga atas masukkannya, Pak Joko. Bapak Benar. Dan saya sudah menghilangkan kedua kata yang Bapak maksudkan dalam artikel ini. Saya yakin kedalaman ilmu agama Bapak bisa membantu orang lain untuk bisa lebih tercerahkan, termasuk juga saya yang memang tidak memiliki pengetahuan keagamaan secara komprehensif.
    Salam,
    dadang

  12. Komentar saya ditujukan untuk mas joko. karena komentar masuk email saya. Berikut ini komentarnya:
    Saya bertanya kepada owner dari situs ini, bukan kepada Anda, maaf….Lagi pula saya sudah kunjungi blog Anda yang sarat dengan pemahaman syiah….komentar saya saja di blog Anda, http://islampraktis.wordpress.com/2008/10/06/masih-ada-yang-berminat-doa-jawsyan-kabir-dan-doa-kumail/#more-562 belum Anda respon koq.

    Padahal saya sdh mengementari komentar dia ttg ilmu hadis.

  13. Alhamdulillah..
    Ijin ikut nimbrung ya Pak…

    Lagi pas dg hati yang lg gelisah krn hal2 yang diluar jangkauan sy sbg manusia.
    Terimakasih..Jazakallah

  14. Bagaimana anda mengingat Tuhan ? apakah dengan membaca Allah .. Allah .. Allah ?
    bagi saya itu bukanlah mengingat tapi mengucapkan.

    Beberapa ayat yang menyuruh kita mengingat kepada Allah.

    THAAHAA (20:14)
    Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku.

    Ash Shaaffaat (37:143)
    Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.

    Al Jumu’ah (62:9)
    Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

    Al Munaafiquun (63-9)
    Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

    Ar Ra’d (13:28)
    (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

    Al Anbiyaa’ (21:36)
    Dan apabila orang-orang kafir itu melihat kamu, mereka hanya membuat kamu menjadi olok-olok. (Mereka mengatakan): “Apakah ini orang yang mencela tuhan-tuhanmu?”, padahal mereka adalah orang-orang yang ingkar mengingat Allah Yang Maha Pemurah.

  15. saya mendapat sedikit pencerahan…. hari – hari kebelakang…. saya mendapat kegelisahan yang amat menyiksa… berbisik kalau saya seperti akan mati… tapi sekali lagi mati adalah tujuan hidup kita… dan tuhan adalah tempat kembali kita kepadanya.. thx mas…

  16. Trimaksih Pak

    Hidup ini terasa tak lekang dari masalah. Setelah satu masalah selaesai, masalah lainnya bermunculan.

    Tapi jika kita mengingat Allah, maka hati menjadi tenang walau dirudung masalah.

  17. “Tiada seorang muslim setiap hari sholat sunat semata untuk Allah sebanyak 12 rakaat bukan termasuk sholat fardu, kecuali Allah bangunkan sebuah gedung di sorga” (HR. Muslim)….

  18. Hati saya sedang gelisah. saya sedang menoleh kebelakang apakah saya ini orang sombong karena selama ini saya tidak pernah menyakiti orang dan saya selalu melakukan segala hal tanpa pamrih meskipun itu tak dibalas…………………….saya memang pendiam dan tidak banyak bicara bahkan kalau kumpul bareng teman2 saya bingung apa yang harus saya katakan dan dibicarakan

  19. Akhir2 ini saya baru kenal seorang cewek, awalnya pertemuan itu ketika sama2 menghadiri sebuah acara pernikahan teman2 kita. Waktu itu pas mau plg dia numpang bareng, tidak sempat kita ngobrol dan kenalan hanya pandangan saja. setelah beberapa waktu bayangannya ko ga bs aku lupakan seakan2 melekat dipikiran, akhirnya aku coba cari tahu lewat saudaranya dan akhirnya kita pun kenalan lewat telp. hampir setiap hari aku telp dan dia juga kasih respon dan itu berjalan sekitar 2 minggu. setelah 2 minggu kemudian pas tgl merah kita sama2 libur. aku coba untuk datangi ke rumahnya dan akhirnya kita bertemu dan ngobrol, kenalan sm ortunya dan saudaranya.Setelah keesokan harinya saya coba tuk telp dia tdk menjawab dan coba sms tdk dibalas juga.say heran dan aku pikir dia ga sempet bls tp sampai dua hari tdk ada respon sm sekali.aku heran dan merasa aneh knp bs seprti ini padahal kita baru saja bertemu dan waktu aku minta fotonya pun dia kasih.tapi setelah itu tdk ada maslah ap2 ko dia lsg ga mau dihubungi, telp mask sms msk tp ga pernh ada jawabn. dari situ ko hatiku jadi gelisah padahal aku coba untuk melupakn nya tp perasaan ini cukup melekat. sy ga tau apa ini suatu tnd bahwa aku suka dia, akupun belm pernah menyataknapa2 karena say apikir kita baru kenl dan ingin berteman dulu. saya bingung harus bagaimana agar silaturhmi ini tdk putus, sy coba sms minta maaf klo sekiranya aku ada salh tp lagi2 ga pernah dijawab.tlg aku minta pencerahan , harus bagaimana selanjutnya apa aku dtg lg kermhnya atao gmn, sy agak jengkel tp ko trs ingt dia..?

  20. Alhamdulillah terimaksih ya Allah,saat ini sy bahagia dn bersyukur atas nikmat_Mu yg Engkau berikan lewat tulisan mas Dadang,smg Rahmad_Mu senantiasa menyertai beliau. Terimakasih mas Wslm

  21. Terima kasih mas DK… posting anda Sederhana saja dan sudah banyak yang mengutarakannya di perbagai cara dan media, namun saya Sangat Salut atas respont dan jawaban anda terhadap komentar yang warna warni namun anda merangkainya menjadi Kebijakan yang Indah dipandang dan dirasa.

    Salam kenal mas DK