Friday , March 29 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Pindah Secara Baik-Baik

Pindah Secara Baik-Baik


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Ada kalanya, kita harus pindah. Mungkin pindah rumah. Pindah Sekolah. Atau, pindah tempat kerja. Urusan rumah atau sekolah, biasanya tidak terlampau menjadi masalah. Karena kita tentu memilih rumah tinggal baru yang lebih menyenangkan, sementara rumah yang ditinggalkan pun tidak akan mengajukan keberatan apa-apa. Sekolah? Juga sama. Tetapi pindah ke perusahaan lain, urusannya tidaklah sesederhana itu. Alasan berpindah, bisa bermacam-macam. Ada yang karena penawaran yang lebih baik. Karena kenaikan jabatan. Atau karena sudah tidak betah lagi bekerja di tempat yang sekarang. Kira-kira, alasan mana yang paling banyak ya? Apapun alasannya, jika pindah pekerjaan; sebaiknya kita lakukan secara baik-baik.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Sekitar tahun 1999 salah seorang teman di kantor saya pindah ke perusahaan lain. Dua tahun kemudian, perusahaan kami mengakuisisi perusahaan itu. Maka sekarang, status kepegawaiannya kembali sebagai karyawan di perusahaan yang ditinggalkannya 2 tahun yang lalu. Bayangkan; bagaimana seandainya teman saya itu dulu keluar dari perusahan kami secara emosional hingga meninggalkan kesan buruk bagi managemen. Tentu dia akan menuai buah yang pahit. Untungnya, dia keluar dengan cara yang baik. Maka ketika perusahaannya diakusisi, dia seperti keluarga yang pergi jauh lalu kembali lagi ke rumah. Inilah salah satu contoh, bagaimana seseorang bisa mendapatkan konsekuensi yang baik dari kepindahan dengan cara baik-baik. Bagi Anda yang tertarik menemani saya belajar cara kepindahan yang baik, saya ajak memulainya dengan memahami dan menerapkan 5 sudut pandang Natural Intelligence (NatIn™), berikut ini:

1. Pindahlah dengan alasan yang positif. Apa alasan Anda pindah kerja? Ini penting sekali. Bukan jenis alasannya yang penting, melainkan kualitas dari alasan itu. Apapun alasannya, jika itu positif maka proses perpindahan Anda akan jauh lebih sehat dibandingkan jika Anda pindah karena sakit hati, kesal, muak, atau alasan-alasan negatif lainnya. Pekerjaan kan bukanlah sesuatu yang bisa kita jalani hanya satu atau 2 hari. Kontrak kerja yang kita tandatangani bisa mengandung konsekuensi bertahun-tahun dimana setiap hati, waktu kita terikat disitu. Dan ditempat yang baru, tidak ada jaminan kita bakal terbebas dari masalah seperti ditempat kerja sebelumnya. Maka, memastikan alasan kepindahan yang positif bisa memperbesar peluang kita bekerja di tempat yang baru dengan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

2. Buang jauh-jauh sikap arogan. Kalau sudah mendapatkan tempat kerja baru, tidak jarang seseorang menunjukkan sikap arogan. Apalagi kalau disana gajinya lebih besar. Jabatannya lebih tinggi. Rasanya ingin sekali mengatakan; “lihat nih, ditempat lain gue lebih dihargai daripada disini!” Padahal, tidak perlu begitu-begitu amat kaleee… Seperti halnya kita yang mudah kehilangan simpati kepada orang-orang yang arogan, maka teman-teman kita juga sama tidak sukanya pada sikap arogan kita. Mereka justru akan lebih respek jika kita yang berhasil mendapatkan tempat lebih baik ini bersikap lebih santun dan empatik. Lagi pula, kita ini belum tentu lulus probation 3 bulan pertama lho. Jadi, ya tetap jaga sikap sajalah, Brow….

3. Musnahkan kekesalan kepada siapapun. Ada kalanya kepindahan itu dilatarbelakangi oleh kekesalan kepada seseorang. Biasanya sih kepada atasan. Kecenderungannya, orang jadi besar kepala ketika sudah mendapatkan tempat kerja baru lalu secara tidak langsung menunjukkan kepada atasan buruknya; ‘tanpa elu gue bisa lebih maju!” Meskipun tidak terucap secara lisan, namun hal itu tercermin dalam perilaku dan aura yang disebarkannya ketika perpisahan. Bagaimana seandainya atasan menyebalkan yang Anda benci ditempat kerja lama, juga pindah ke tempat kerja baru Anda 3 bulan kemudian?. Dan dia menjadi atasan Anda lagi? Matenglah kau. “Ah, tak mungkin itu!”. Baiklah. Tapi apakah Anda yakin jika ditempat kerja baru Anda tidak bertemu dengan atasan yang kelakuannya sama seperti beliau? Sudahlah, abaikan keburukan atasan Anda. Lalu pindahlah sambil menebarkan aura perdamaian.

4. Tinggalkan kesan positif dimata teman. Pekerjaan bukanlah semata-mata soal uang. Itu juga soal pertemanan. Setelah sekian tahun berinteraksi dengan teman, kelihatannya mereka sudah hampir menjadi mitra yang saling memahami. Tentu Anda punya kenangan indah dengan mereka. Jika tidak, kemungkinan Anda bukan teman yang baik buat mereka. Kan Anda bukan tipe teman seperti itu. Makanya, pastikan Anda meninggalkan kesan positif dimata teman-teman. Karena pekerjaan sifatnya sementara, sedangkan persahabatan berlaku sepanjang masa. Apalagi jika Anda pindah ke kompetitor atau perusahaan di industri yang sama. Dunia ini kecil, Brow…. Mungkin kita akan bertemu dengan orang yang itu-itu juga. Kalau kita meninggalkan kesan positif itu, mereka akan memandang kita baik; bahkan sekalipun sekarang kita bersaing di pasar.

5. Berikan terimakasih tulus pada perusahaan. Ada juga orang yang lupa bahwa perusahaan telah memberikan banyak hal kepada dirinya. Perusahaan telah menerimanya ketika dia masih culun beberapa tahun lalu. Kemudian dididik, dilatih, dikembangkan sehingga menjadi pegawai terampil. Bahkan naik jabatan pula. Tapi, orang ini tidak melihat semua itu sebagai kebaikan perusahaan. Makanya, waktu pindah pun dia sama sekali tidak memandang lagi kebaikan perusahaan. Padahal, jika waktu dia yang masih culun itu tidak diterima disini; dia belum tentu bisa menjadi sesukses saat ini. Tidak usah begitulah, Brow… Mari secara lapang dada mengakui bahwa semua pencapaian ini bisa kita raih sedikit banyaknya atas fasilitas dan peluang yang diberikan perusahaan. Wajar jika berterimakasih secara tulus atas semua yang pernah kita dapatkan disini.

Pindahlah, jika Anda memang harus pindah. Tapi juga perlu disadari bahwa; kita tidak pernah benar-benar tahu apakah tempat baru kita itu lebih baik dari tempat yang kita tinggalkan atau tidak. Boleh jadi, kita menghadapi situasi yang lebih buruk. Sama buruk. Atau mungkin lebih baik, memang. Yang jelas; segalanya sangat mungkin. Makanya, Rasulullah mewariskan sebuah doa yang disarikan dari firman Tuhan dalam surah 17 ayat 80 ini:”Ya Tuhanku, masukkanlah aku ke tempat masuk yang benar. Dan keluarkanlah aku ke tempat keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu Tuhanku, kekuatan yang dapat menolong.” Semoga kepindahanmu membawa hikmah dan penuh berkah, ya. Insya Allah.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 8 Agustus 2012
Author, Trainer, & Public Speaker of Natural Intelligence
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Catatan Kaki:
Seseorang dengan kepribadian yang baik, pasti akan keluar dari perusahaan dengan itikad dan cara yang baik-baik.

Sudah baca buku Natural Intelligence Leadership saya? Natural Intelligence (NatIn™) Beli Disini atau Di Toko Buku)

Jika Anda ingin mendapatkan kiriman Artikel Inspiratif dari DeKa secara GREATIST, gampang kok. Caranya, masukkan email Anda dalam kotak yang disediakan dibawah ini:

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.

IN-HOUSE TRAINING ”TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Tak ada karyawan yang direkrut secara asal-asalan. Apalagi di perusahaan yang system system seleksinya ketat sekali. Artinya, para keryawan itu mempunyai potensi diri yang tinggi. Namun, mengapan kebanyakan hanya bisa menjadi karyawan yang biasa-biasanya saja meskipun sebenarnya mereka punya potensi diri yang sedemikian tinggi tadi? Mungkin karena mereka belum bisa mengkonversi potensi tinggi itu menjadi tingkat profesionalisme yang juga tinggi. Jika Anda ingin membantu karyawan di perusahaan Anda untuk melakukannya, boleh dimualai dengan mengadakan training berdurasi 1 hari ini untuk mereka. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. . Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

IN-HOUSE TRAINING “ADAPTING TO CHANGE”: Diatas kertas, rencana perubahan itu selalu mudah untuk dibuat. Tapi dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa diajak untuk berubah. Sikap dan respon karyawan terhadap perubahan itu justru menjadi titik kritisnya. Sehingga membuka kesadaran karyawan untuk menerima perubahan menjadi sangat penting sekali. Kalau perusahaan Anda sedang menerapkan proses perubahan, maka para karyawan Anda perlu mendapatkan training ADAPTING TO CHANGE ini. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327 (COCOK UNTUK PERUSAHAAN YANG SEDANG MELAKUKAN PERUBAHAN)

IN-HOUSE TRAINING LEADERSHIP IN PRACTICE”. Program in-house training 2 hari untuk supervisor dan manager yang menitik beratkan pada pembahasan kasus AKTUAL kepemimpinan, CONTOH cara mengatasinya, serta PRAKTEK bagaimana melakukannya. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepemimpinan praktis bagi para leader mudanya. Agar mereka bisa menjalankan tugas kepemimpinannya sehari-hari dengan lebih baik daripada sebelumnya. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:webeye.opth.uiowa.edu

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*