Tuesday , September 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Masukan Dari Bawahan

Masukan Dari Bawahan

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Salah satu tanda jika kita sudah menjalankan tugas kepemimpinan dengan baik adalah; kita merasa puas dengan pencapaian team kerja kita. Jika segala sesuatunya berjalan dengan baik, tidak ada konflik, tak tampak gejolak, maka boleh dibilang; kita berhasil sebagai pemimpin. Namun, apakah kelompok kerja yang kita pimpin benar-benar baik-baik saja seperti yang kita kira? Mungkin ya. Sangat mungkin juga tidak. Mengapa? Karena tidak semua hal berjalan seperti kelihatannya.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Dulu sekali. Ketika masih bekerja sebagai profesional. Saya mengira segala sesuatunya berjalan baik-baik saja. Semua pekerjaan diselesaikan dengan baik. Target penjualan terlampaui. Urusan administratif tuntas. Dan, kelihatannya semua anggota di team kerja itu telah melakukan setiap penugasan dengan memuaskan. Sama sekali tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Suatu saat, atasan saya memanggil ke ruang kerjanya. Ah, itu soal biasa. Kalau tidak berdiskusi soal ‘what next’ atau ‘what if’, maka mungkin ada tugas tambahan yang akan saya dapatkan. Namun kali ini dugaan saya keliru. Ternyata beliau menyampaikan sebuah berita yang jauh lebih penting dari itu. Dan yang jelas, diluar dugaan. Tahukah Anda apakah gerangan berita itu?

“Dadang,” begitu beliau memulai percakapan. “Ada 3 anak buahmu yang datang menghadap saya.” Katanya.

“Oh, ya?” begitu kira-kira respon saya waktu itu.
Bagi kami, hal itu sebenarnya tidak terlalu istimewa karena kami sudah sepakat untuk membuka jalur komunikasi secara leluasa tanpa terhalangi sekat-sekat struktural.

“Ada hal penting apa yang perlu saya ketahui?” begitu saya bertanya.
“Begini…” lanjut beliau. Jelas sekali jika ada sesuatu yang luar biasa. “Mereka mengeluhkan tentang cara kamu berbicara kepada mereka…..”

Dhing!
Kalimat beliau seperti mengetuk batok kepala saya.
“Maksudnya?” Saya membutuhkan penjelasan supaya mengerti apa yang terjadi.

“Mereka menginginkan agar kamu berbicara tidak terlalu direct,” jawab beliau.
Memang. Saya termasuk orang yang bicara to the point. Langsung apa adanya. Dan selama ini, saya mengira begitulah cara paling efektif dalam berkomunikasi dengan team kerja saya. Buktinya, mereka bisa menyelesaikan semua penugasan dengan baik.

Hari itu, saya menyadari bahwa ternyata, proses komunikasi antara atasan dengan bawahan itu bukanlah semata-mata ditandai dengan sampainya instruksi. Dan hubungan antara bawahan dan atasan bukan sekedar terselesaikannya pekerjaan mereka dengan standar yang tinggi. Lebih dari itu, anak buah kita membutuhkan sesuatu yang tidak selalu bisa diukur dengan angka-angka.

Hari itu, saya bersyukur sekali. Karena diberi kesempatan untuk memahami apa yang diharapkan oleh orang-orang yang saya pimpin selain dari sekedar angka-angka. Bayangkan sendainya mereka diam saja, atau sekedar menggunjingkan saya di warung kopi. Saya tidak akan pernah tahu harapan tersembunyi itu. Dan saya tentu akan kehilangan kesempatan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Tanpa pengaduan itu, saya tidak mungkin bisa belajar meningkatkan diri agar bisa menjadi pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya.

Anda, pernahkah mendapatkan masukan yang tulus dari anak buah Anda sehingga punya kesempatan untuk melakukan perbaikan dalam cara Anda memimpin mereka? Jika ya, maka bersyukurlah. Karena Anda mempunyai anak buah yang bersedia menunjukkan jalan yang perlu Anda tempuh, untuk menjadi pemimpin yang lebih baik dikemudian hari.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 10 September 2012
Leadership and Personnel Development Trainer
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Catatan Kaki:
Faktanya, kita tidak bisa menjadi pemimpin yang lebih baik jika menutup diri terhadap masukan dan kritikan dari anak buah.

Sudah baca buku Natural Intelligence Leadership saya? Natural Intelligence (NatIn™) Beli Disini atau Di Toko Buku)

Jika Anda ingin mendapatkan kiriman Artikel Inspiratif dari DeKa secara GREATIST, gampang kok. Caranya, masukkan email Anda dalam kotak yang disediakan dibawah ini:

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.

IN-HOUSE TRAINING LEADERSHIP IN PRACTICE”. Program in-house training 2 hari untuk supervisor dan manager yang menitik beratkan pada pembahasan kasus AKTUAL kepemimpinan, CONTOH cara mengatasinya, serta PRAKTEK bagaimana melakukannya. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepemimpinan praktis bagi para leader mudanya. Agar mereka bisa menjalankan tugas kepemimpinannya sehari-hari dengan lebih baik daripada sebelumnya. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

IN-HOUSE TRAINING “ADAPTING TO CHANGE”: Diatas kertas, rencana perubahan itu selalu mudah untuk dibuat. Tapi dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa diajak untuk berubah. Sikap dan respon karyawan terhadap perubahan itu justru menjadi titik kritisnya. Sehingga membuka kesadaran karyawan untuk menerima perubahan menjadi sangat penting sekali. Kalau perusahaan Anda sedang menerapkan proses perubahan, maka para karyawan Anda perlu mendapatkan training ADAPTING TO CHANGE ini. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327 (COCOK UNTUK PERUSAHAAN YANG SEDANG MELAKUKAN PERUBAHAN)

IN-HOUSE TRAINING ”TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Tak ada karyawan yang direkrut secara asal-asalan. Apalagi di perusahaan yang system system seleksinya ketat sekali. Artinya, para keryawan itu mempunyai potensi diri yang tinggi. Namun, mengapan kebanyakan hanya bisa menjadi karyawan yang biasa-biasanya saja meskipun sebenarnya mereka punya potensi diri yang sedemikian tinggi tadi? Mungkin karena mereka belum bisa mengkonversi potensi tinggi itu menjadi tingkat profesionalisme yang juga tinggi. Jika Anda ingin membantu karyawan di perusahaan Anda untuk melakukannya, boleh dimualai dengan mengadakan training berdurasi 1 hari ini untuk mereka. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. . Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:esotericquotes.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.