Monday , September 21 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Belajar Menasihati Diri Sendiri

Belajar Menasihati Diri Sendiri

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.
Mungkin diantara Anda ada yang terbiasa berdiri di depan kelas. Atau, barangkali kelak, akan menjadi seorang pembicara juga. Salah satu aspek paling sulit untuk kita lakukan sebagai seorang pembicara adalah; mengarahkan nasihat-nasihat kita itu kepada diri kita sendiri. Lebih sulit lagi jika sebelum menjadi pembicara publik, kita jarang menasihati diri sendiri. Padahal, setelah menjadi pembicara publik, kita sering diposisikan sebagai seorang ‘guru’. Dan kepada guru, jarang ada yang berani menasihati.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Oleh karena itu sahabatku, jika engkau bercita-cita suatu saat kelak hendak menjadi pembicara publik; mulai sekarang perlu belajar menasihati diri sendiri. Agar bisa melakukan apa yang kita katakan kepada orang lain. Soalnya, jika tidak kita biasakan; maka kita hanya akan menjadi orang yang jago bicara, pandai menasihati orang lain, tapi perilaku kita sendiri jauh dari apa yang kita katakan. Saya? Merasakan betapa tidak mudahnya menasihati diri sendiri. Mungkin akan lebih mudah melakukannya jika jauh-jauh hari saya sudah membiasakan diri menasihati diri. Lebih baik lagi jika, melakukannya terlebih dahulu; barulah mengajak orang lain untuk mengikuti dan mempraktekannya bersama kita.

Dalam soal ini, Tuhan pun mengingatkan: “Sungguh besar kemarahan Tuhan kepada orang yang mengatakan sesuatu yang tidak dilakukannya.” Seperti difirmankanNya dalam surah 61 (As-Shof) ayat 2-3. Disatu sisi, kita diperintahkan untuk saling menasihati dalam kebaikan. Dan, disisi lain kita diingatkan Tuhan agar melakukan apa yang kita nasihatkan kepada orang lain. Mungkin, dengan cara itu kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bersama orang lain. Jadi, kita punya peluang untuk membangun masyarakat atau komunitas yang lebih baik lagi secara kolektif. Bukankah itu yang tengah dibutuhkan bangsa kita ditengah kesemerawutan, keributan, perpecahan, serta nihilnya keteladanan dari para pemimpinnya? Hayu, kita mulai dengan langkah kecil kita deh. Belajar, menasihati diri sendiri. Belajar, menjadi pahlawan bagi diri sendiri.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 10 November 2012
Leadership and Personnel Development Trainer
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Catatan Kaki:
Mulut kita ini lebih dekat kepada telinga kita sendiri. Jadi, nasihat-nasihatnya mesti terlebih hadulu terdengar, terpahami, dan teresapi oleh diri dan sanubari kita sendiri.

Ingin mendapatkan kiriman “L (= Leaderism)” secara rutin langsung dari Dadang Kadarusman? Kunjungi dan bergabung di http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.

Pesan sponsor: Berikan training leadership kepada para leader di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737. Saya punya banyak topik Leadership yang bisa di tailor-made. Kualitas? Dibandingkan dengan trainer luar negeri juga berani. Harga? Hmmh…. Gue banget!

IN-HOUSE TRAINING LEADERSHIP IN PRACTICE”. Program in-house training 2 hari untuk supervisor dan manager yang menitik beratkan pada pembahasan kasus AKTUAL kepemimpinan, CONTOH cara mengatasinya, serta PRAKTEK bagaimana melakukannya. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepemimpinan praktis bagi para leader mudanya. Agar mereka bisa menjalankan tugas kepemimpinannya sehari-hari dengan lebih baik daripada sebelumnya. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

IN-HOUSE TRAINING “ADAPTING TO CHANGE”: Diatas kertas, rencana perubahan itu selalu mudah untuk dibuat. Tapi dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa diajak untuk berubah. Sikap dan respon karyawan terhadap perubahan itu justru menjadi titik kritisnya. Sehingga membuka kesadaran karyawan untuk menerima perubahan menjadi sangat penting sekali. Kalau perusahaan Anda sedang menerapkan proses perubahan, maka para karyawan Anda perlu mendapatkan training ADAPTING TO CHANGE ini. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327 (COCOK UNTUK PERUSAHAAN YANG SEDANG MELAKUKAN PERUBAHAN)

IN-HOUSE TRAINING ”TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Tak ada karyawan yang direkrut secara asal-asalan. Apalagi di perusahaan yang system system seleksinya ketat sekali. Artinya, para keryawan itu mempunyai potensi diri yang tinggi. Namun, mengapan kebanyakan hanya bisa menjadi karyawan yang biasa-biasanya saja meskipun sebenarnya mereka punya potensi diri yang sedemikian tinggi tadi? Mungkin karena mereka belum bisa mengkonversi potensi tinggi itu menjadi tingkat profesionalisme yang juga tinggi. Jika Anda ingin membantu karyawan di perusahaan Anda untuk melakukannya, boleh dimualai dengan mengadakan training berdurasi 1 hari ini untuk mereka. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. . Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

CARA BELI BUKU DADANG

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:lovelyhabibah.blogspot.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*