Monday , June 26 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Go Yoga!

Go Yoga!


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Anda, tentu sudah mengenal kata ‘yoga’. Bahkan, mungkin Anda atau teman Anda bernama Yoga. Sekalipun nama Anda bukan Yoga; namun mungkin Anda seorang praktisi yoga. Tahun 2008 adalah pertama kalinya saya mengenal dan mempraktekkan yoga. Sejak perkenalan itu, saya menemukan begitu banyak hal dalam yoga yang sangat komplementer dengan ilmu Natural Intelligence (NatIn™) yang saya dalami. Dan sejak saat itu, saya upayakan terus melakukan yoga. Jika Anda seorang yogi atau yogini, tentu dapat merasakan seperti apa manfaat yoga. Namun bagi yang belum, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat sebelum memutuskan apakah tertarik untuk mencobanya atau tidak. Mari mulai dengan kalimat ini;”Saya mendapatkan banyak manfaat dari yoga”. Apakah Anda siap mendapatkan manfaatnya juga?

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Salah satu manfaat yoga yang saya rasakan adalah; saya lebih bisa mengelola emosi. Maksud saya, bukan dari keadaan marah menjadi tidak marah, melainkan perasaan hati yang lebih rilex setelah melakukan yoga. Dalam keadaan nyaman dan hati yang rilex, bagaimana biasanya kita bersikap? Tentu kita lebih tenang, lebih mudah tersenyum, lebih terbuka, lebih optimis, lebih positif menghadapi lingkungan. Maka sangat wajar, jika setelah melakukan yoga kondisi emosi kita secara umum menjadi lebih baik. Itulah sebabnya juga kenapa saya menjadikan yoga sebagai salah satu sesi penting dalam program pelatihan “Natural Intelligence (NatIn™) Based Stress Management and Prevention” yang saya fasilitasi. Karena, saya merasakan benar bahwa yoga; bisa membantu kita mengelola stress.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang yoga, izinkan saya untuk terlebih dahulu berbagi cerita tentang beragam respon yang cukup sering saya dapatkan dalam diskusi soal yoga. Khususnya dari sahabat-sahabat saya yang muslim. Misalnya, pertanyaan ini;”Bagus mana antara yoga dengan zikir?”

Asyik banget kan pertanyaannya?
Begini. Saya meyakini penuh terhadap panduan dalam melakukan dzikir tingkat tinggi dalam kitab suci. Yaitu dzikir yang dilakukan oleh seseorang pada tingkatan tertinggi dalam puncak nilai dirinya sebagai manusia yang disebut sebagai ‘ulil albab’. Dalam Natural Intelligence (NatIn™), Ulil Albab adalah satu-satunya jalan menuju kepada kesempurnaan manusia. Tidak akan sempurna seorang manusia sebelum dia menapaki jalan-jalan ulil albab. Sedangkan dalam kitab suci, ulil albab itu adalah orang yang melakukan dzikir melalui 3 pose berikut ini: (1) Ketika sedang berdiri, (2) waktu sedang duduk, dan (3) disaat sedang berbaring.

Sungguh, saya pribadi menjadi jauh lebih memahami makna ayat itu setelah mempelajari yoga dan Natural Intelligence (NatIn™). How? Begini. Dalam yoga saya menemukan ayat tersebut dieksplorasi melalui berbagai pose detail dan terstruktur. Saat berdiri, duduk, maupun berbaring. Saat melakukan pose-pose yoga itu dengan baik, kita tidak lagi sanggup memikirkan hal lain. Dan memang, kita tidak lagi membutuhkan itu. Kita, asyik saja mendengarkan tubuh kita berbicara. Hati kita. Pikiran kita. Setiap sendi. Setiap ruas tulang. Paru-paru. Mata. Semuanya. Berbicara dengan bahasanya sendiri. Dan anehnya, kita mengerti. Pada saat itulah kita berucap syukur, merasakan betapa agungnya tubuh kita ini diciptakan, lalu kita berdzikir dalam setiap tarikan dan helaan nafas. Dan pada saat seperti itu, dzikir seolah tengah bermesraan dengan seluruh sel didalam tubuh kita. Bukan hanya lidah yang mengucapkan sementara pikiran menerawang kemana-mana. Setidaknya untuk diri saya sendiri, saya menemukan bahwa dalam yoga; ada kedalaman dzikir.

Satu pertanyaan penting lainnya dari sahabat-sahabat saya. Begini bunyinya;”Sholat, tentu lebih baik dari yoga dong Kang Dadang?”

Benar sekali.
Bagi seorang muslim, sholat sudah lebih dari memadai. Jika. Ini ada jikanya lho. Yaitu; jika setiap gerakan solat dilakukan dengan tuma’ninah a.k.a tenang dalam pose atau postur yang sempurna. Jika sholat itu dilakukan tergesa-gesa, maka keutamaannya menjadi tidak bisa kita dapatkan. Mengapa? Karena tuma’ninah adalah salah satu rukun dalam sholat. Maka jika sholat dilakukan tidak dengan tuma’ninah, kita kehilangan maknanya.

Sekalipun demikian, saya perlu memberikan penjelasan tambahan. Supaya tidak jadi salah paham. Yoga dan sholat itu tidak bisa dibandingkan. Apakah Sholat lebih baik daripada yoga, ataukah sebaliknya. Pertanyaan itu seperti membandingkan apel dengan pisang alias tidak ‘aple to aple’. Sholat itu mempunyai maqamnya tersendiri. Sedangkan yoga, mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri lainnya.

Jadi, saran saya kepada sahabat yang bertanya itu adalah; jika Anda seorang muslim, lakukanlah sholat dengan tuma’ninah, sekaligus dipahami makna dari setiap kata yang diucapkan dalam sholat itu. Ajaklah pula seluruh bagian dari tubuh kita untuk merasakan setiap gerakannya, berhentinya, berpindahnya ke gerakan lain. Supaya kita, bisa merasakan seperti apa sih nikmatnya sholat. Dan khusus untuk sholat subuhnya para lelaki, saran saya; lakukan berjamaah di masjid. Maka Anda akan menemukan rasa yang jauuuh berbeda sekali. Yang sudah melakukannya, tahu betul apa yang saya maksudkan. Yang belum, silakan dibuktikan. Setelah itu, lengkapi latihan body – mind – soul Anda dengan yoga. Insya Allah, komplementer banget deh. Bagaimana jika Anda memilih untuk menyempurnakan sholat saja dan tidak mencoba yoga? Keren! Menyempurnakan sholat, sudah lebih dari cukup buat Anda. Lanjutkan saja.

Mungkin teman-teman lain juga punya pertanyaan yang tidak kalah uniknya. Namun saya yakin bahwa; apapun agama Anda, pasti ada prosesi khusus dalam menjalankan tugas spiritualnya. Sedangkan yoga itu bukan agama, melainkan aktivitas komplementer seperti halnya pencak silat, senam kesegaran jasmani, maupun aktivitas bermanfaat lainnya. Jadi, meskipun saya tidak memahami prosesi khusus religius Anda, saya yakin tidak akan menjadi masalah. Karena kita, tidak sedang membicarakan soal agama.

Jadi, sudah siap untuk mengenal yoga lebih jauh lagi? Insya Allah, kita akan lanjutkan pembahasannya dalam episode mendatang ya. Untuk sementara ini, silakan lakukan latihan maupun prosesi lainnya yang Anda yakini bisa memberikan dampak positif terhadap keselarasan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 4 Desember 2012
Leadership and Personnel Development Trainer
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Catatan Kaki:

Membuka pikiran itu mudah. Membuka hati untuk hal yang berbeda dengan keyakinan kita, itulah yang lebih sulit untuk dilakukan.

Ingin mendapatkan kiriman artikel “Y (=Yoga)” secara rutin langsung dari Dadang Kadarusman? Kunjungi dan bergabung di http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.

Pesan sponsor: Berikan training leadership kepada para leader di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership yang bisa di tailor-made. Kualitas? Dibandingkan dengan trainer luar negeri juga berani. Harga? Hmmh…. Gue banget! Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

IN-HOUSE TRAINING LEADERSHIP IN PRACTICE”. Program in-house training 2 hari untuk supervisor dan manager yang menitik beratkan pada pembahasan kasus AKTUAL kepemimpinan, CONTOH cara mengatasinya, serta PRAKTEK bagaimana melakukannya. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepemimpinan praktis bagi para leader mudanya. Agar mereka bisa menjalankan tugas kepemimpinannya sehari-hari dengan lebih baik daripada sebelumnya. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

IN-HOUSE TRAINING “ADAPTING TO CHANGE”: Diatas kertas, rencana perubahan itu selalu mudah untuk dibuat. Tapi dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa diajak untuk berubah. Sikap dan respon karyawan terhadap perubahan itu justru menjadi titik kritisnya. Sehingga membuka kesadaran karyawan untuk menerima perubahan menjadi sangat penting sekali. Kalau perusahaan Anda sedang menerapkan proses perubahan, maka para karyawan Anda perlu mendapatkan training ADAPTING TO CHANGE ini. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327 (COCOK UNTUK PERUSAHAAN YANG SEDANG MELAKUKAN PERUBAHAN)

IN-HOUSE TRAINING ”TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Tak ada karyawan yang direkrut secara asal-asalan. Apalagi di perusahaan yang system system seleksinya ketat sekali. Artinya, para keryawan itu mempunyai potensi diri yang tinggi. Namun, mengapan kebanyakan hanya bisa menjadi karyawan yang biasa-biasanya saja meskipun sebenarnya mereka punya potensi diri yang sedemikian tinggi tadi? Mungkin karena mereka belum bisa mengkonversi potensi tinggi itu menjadi tingkat profesionalisme yang juga tinggi. Jika Anda ingin membantu karyawan di perusahaan Anda untuk melakukannya, boleh dimualai dengan mengadakan training berdurasi 1 hari ini untuk mereka. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. . Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

CARA BELI BUKU DADANG

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:oldetownshantihome.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*