Monday , September 21 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Bertanya Kepada Top Management

Bertanya Kepada Top Management


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Saya yakin sebagian dari Anda sudah terbiasa berinteraksi dengan top management. Bertemu, berdialog, dan berdiskusi dengan top management sering sekali. Namun, bagi sebagian besar karyawan, hal itu merupakan kejadian yang sangat langka. Bahkan, boleh jadi hanya terjadi setahun sekali. Itupun sebatas dalam forum besar konfrensi tahunan yang diadakan perusahaan. Malahan, ada begitu banyak karyawan yang sudah bekerja belasan tahun namun tidak pernah mendapatkan momen itu. Bisa dibayangkan, betapa berharganya momen itu. Momen yang sangat langka sekali. Dalam forum itu, biasanya top management membuka kesempatan untuk tanya jawab. Tetapi, apa yang terjadi? Kebanyakan orang pada takut untuk sekedar mengacungkan tangan. Padahal, momen itu bisa menjadi kesempatan untuk mengubah sejarah karir mereka. Benarkah? Saya, sudah mempunyai banyak bukti soal itu. Sudahkah Anda mempunyai bukti yang sama?

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Training “Core Values Induction” yang saya fasilitasi untuk salah satu Holding Company yang menjadi klien kami sudah memasuki batch ke-2. Dalam setiap batch itu, Top Management perusahaan selalu hadir untuk memberikan ceramahnya. Itu sudah menjadi standar agenda dalam training ini. Maka dalam setiap batch penyelenggaraan training itu, selalu hadir boss besar yang sangat dihormati tersebut sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan. Tentu tidak semua peserta mengajukan pertanyaan. Pertama, karena waktunya sangat terbatas sekali. Orang penting, tidak punya banyak waktu untuk disia-siakan. Beda dengan kebanyakan orang. Mereka menyia-nyiakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Makanya, mereka tidak pernah dan tidak akan menjadi orang penting.

Kedua, karena memang tidak semua karyawan mau, berani, dan mampu memanfaatkan kesempatan berharga itu. Untuk mengacungkan tangan. Untuk menyebutkan namanya. Untuk menjelaskan apa perannya dalam perusahaan. Untuk memberitahukan dimana dia ditugaskan. Dan tentunya, untuk menyampaikan aspirasi kepada pemimpinnya. Padahal, boleh jadi; itulah satu-satunya kesempatan yang mereka dapatkan disepanjang karirnya; untuk bisa dikenal oleh boss besarnya.

Mengapa dikenal oleh top management itu penting?
Karena top management adalah sang penguasa di perusahaan itu. Dan sebagai penguasa, mereka bisa melakukan apa saja. Termasuk mengatakan; “Siapa atasan kamu? Bilang ya sama atasan kamu, kalau kamu cocok bekerja di bidang itu. Bilang kalau saya yang mengatakan hal itu…….”

Believe it or not, itulah kira-kira yang dikatakan oleh top management dalam training yang saya fasilitasi tersebut. Dan itulah pula yang sering dikatakan oleh top management lainnya yang ketika beliau-beliau itu memberikan speechnya, saya turut hadir disana. Oleh karenanya, sahabatku para karyawan dan professional yang menginginkan kesuksesan karirnya. Jika Anda punya kesempatan atau momen yang langka seperti itu bersama top management, jangan sekali-kali menyia-nyiakannya. Gunakan kesempatan itu untuk membuat top management Anda mengenal Anda. Ingatlah. Ada ribuan karyawan di perusahaan Anda sehingga tidak mungkin bos besar Anda mengenalnya satu persatu. Maka membuat diri Anda dikenal oleh mereka; merupakan sesuatu yang sangat bernilai.

Caranya bagaimana?
Sederhana saja kok. Kalau Anda mengetahui boss besar akan hadir dalam pertemuan akbar tahunan di perusahaan Anda, maka ajukanlah pertanyaan kepada beliau. Cukup satu pertanyaan saja. Namun, pastikan jika pertanyaan Anda itu berbobot tinggi. Jadi, sebelum pertemuan itu terjadi; Anda harus sudah menyiapkan pertanyaannya sejak di rumah. Kalau perlu, berlatih bagaimana cara menanyakannya agar tidak grogi.

Maaf Kang Dadang, Anda hanya jago berteori. Sedangkan teori tidak sama dengan prakteknya. Jadi, artikel ini tidak ada nilainya. Hanya omong kosong yang dihasilkan dari sebuah kesombongan seorang trainer yang sok tahu. Omdo. Alias omong doang!

Saya berharap Anda tidak pernah mengucapkan kalimat itu. Bahkan untuk sekedar memikirkannya. Tahu kenapa? Karena ketika saya berprofesi sebagai seorang salesman di sebuah perusahaan multinasional. Dari ratusan salesman yang bekerja disana. Dan lebih dari 30 tahun keberadaan PMA itu di Indonesia. Sayalah satu-satunya orang dari posisi yang sering dianggap remeh, yang bisa masuk kedalam ruang kerja Presiden Direktur kami yang orang bule. Untuk berdikusi 4 mata dengan beliau. Boss-boss yang levelnya beberapa tingkat diatas saya saja belum pernah masuk ke ruang kerja Presiden Direktur. Saya? Bahkan dibuatkan minum oleh tangan beliau sendiri. Insya Allah, saya tidak membualkan hal ini.

Alhamdulillah, hal itu juga menjadi penentu perkembangan karir saya selanjutnya. Dan sahabatku. Salah satu alasan mengapa saya memilih untuk mengakhiri karir professional saya adalah; supaya saya bisa leluasa untuk berkontribusi kepada sebanyak mungkin karyawan. Agar mereka bisa membangun karirnya dengan baik. Bukan melalui teori ataupun jargon-jargon motivasi. Melainkan melalui apa yang pernah saya alami sendiri. Saya, tidak menghendaki Anda percaya kepada kata-kata saya. Namun saya berharap sekali, jika Anda berkenan. Untuk. Membuktikannya. Sendiri.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 11 Desember 2012
Leadership and Personnel Development Trainer
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan Kaki:
Bobot pertanyaan yang diajukan oleh seseorang, sering sangat menentukan masa depan orang itu. Maka, belajarlah untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot.

Ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin langsung dari Dadang Kadarusman? Kunjungi dan bergabung di http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.

Pesan sponsor: Berikan training leadership kepada para leader di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership yang bisa di tailor-made. Kualitas? Dibandingkan dengan trainer luar negeri juga berani. Harga? Hmmh…. Gue banget! Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

IN-HOUSE TRAINING LEADERSHIP IN PRACTICE”. Program in-house training 2 hari untuk supervisor dan manager yang menitik beratkan pada pembahasan kasus AKTUAL kepemimpinan, CONTOH cara mengatasinya, serta PRAKTEK bagaimana melakukannya. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang ingin memberikan pelatihan kepemimpinan praktis bagi para leader mudanya. Agar mereka bisa menjalankan tugas kepemimpinannya sehari-hari dengan lebih baik daripada sebelumnya. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

IN-HOUSE TRAINING “ADAPTING TO CHANGE”: Diatas kertas, rencana perubahan itu selalu mudah untuk dibuat. Tapi dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa diajak untuk berubah. Sikap dan respon karyawan terhadap perubahan itu justru menjadi titik kritisnya. Sehingga membuka kesadaran karyawan untuk menerima perubahan menjadi sangat penting sekali. Kalau perusahaan Anda sedang menerapkan proses perubahan, maka para karyawan Anda perlu mendapatkan training ADAPTING TO CHANGE ini. Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327 (COCOK UNTUK PERUSAHAAN YANG SEDANG MELAKUKAN PERUBAHAN)

IN-HOUSE TRAINING ”TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Tak ada karyawan yang direkrut secara asal-asalan. Apalagi di perusahaan yang system system seleksinya ketat sekali. Artinya, para keryawan itu mempunyai potensi diri yang tinggi. Namun, mengapan kebanyakan hanya bisa menjadi karyawan yang biasa-biasanya saja meskipun sebenarnya mereka punya potensi diri yang sedemikian tinggi tadi? Mungkin karena mereka belum bisa mengkonversi potensi tinggi itu menjadi tingkat profesionalisme yang juga tinggi. Jika Anda ingin membantu karyawan di perusahaan Anda untuk melakukannya, boleh dimualai dengan mengadakan training berdurasi 1 hari ini untuk mereka. Dipandu langsung oleh Dadang Kadarusman. . Untuk reservasi, hubungi 0812 19899 737 atau 0812 1040 3327

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:pfrpo.ca

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*