Wednesday , December 11 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Belajar Bisnis / Pekerja Yang Ingin Berbisnis

Pekerja Yang Ingin Berbisnis

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Bisa dikatakan hampir semua orang ingin punya bisnis sendiri. Tepatnya ingin memiliki sumber penghasilan yang bisa diandalkan untuk bekal kelak ketika sudah tidak bisa lagi bekerja. Setidaknya, begitulah temuan saya selama ini setiap kali berbincang dengan teman-teman dari kalangan profesional.

Tekad sih sudah bulat. Kalau nanti punya tabungan, mau dijadikan modal usaha. Tapi, setelah tabungan itu terkumpul; tiba-tiba saja nyali ciut. Takut dengan resiko ini dan itu. Soal yang begini ini, gue banget deh!

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Antara takut dan berani itu saling bertempur. Tapi karena kurang ilmu, memilih diam saja. Nanti aja deh. Lagian, gaji sudah mencukupi. Naik pangkat lagi, nambah income lagi. Makin berat untuk memulai bisnis. Yang ini, gue banget juga.

Kemudian, ‘tekad’ berubah menjadi ‘nekad’. Bismillah, mulai saja. Dan, dalam 6 bulan; semua tabungan ludes tanpa bekas. Nangis bombay deh. Yang begini juga gue banget!

Nabung lagi. Terkumpul lagi. Usaha lagi. Kecemplung lagi. Modal yang sudah susah payah dikumpulkan itu sama sekali tidak bersisa. Ini, gue banget juga!

Katanya, kalau mau jadi pebisnis mesti pantang menyerah. Ditambah dengan percaya diri super tinggi; maka kenekatan itu mendorong untuk resign dari pekerjaan. Lalu memulai usaha mandiri. Dan ternyata, bisnis itu nggak semudah catatan diatas kertas. Yang ini gue banget lagi.

Hey, ‘nggak mudah’ kan nggak berarti gagal lagi. Justru kita perlu mulai dari kesadaran bahwa bisnis yang sehat itu awalnya memang tidak mudah itu. Justru dari ketidakmudahan yang pernah dialami itu kita bisa belajar. Kita jadi paham, oh iyya ya, ternyata kalau bisnis ini tidak sembarangan saja. Cara ini kurang bagus. Cara itu bikin bangkrut. Cara yang satunya lagi membuat pelanggan kesal. Sekarang kita jadi tahu banyak hal.

Pemahaman dari berbagai kesulitan bisnis itu justru tinggi nilainya. Sangat bermanfaat buat kita yang sungguh-sungguh ingin berbisnis. Agar tidak mudah terbuai oleh jargon-jargon bombastis tentang bisnis. Supaya tak gampang percaya pada bualan soal cara cepat kaya. Emang tidak boleh cepat kaya? Boleh banget. Tapi hati-hati saja karena tidak semua orang yang mengatakannya pernah mengalami sendiri. Kebanyakan hanya bicara soal teori. Nah yang teori itulah biasanya yang menyebabkan pebisnis pemula seperti kita gampang tergoda. Hingga terbutakan mata kita dari realitas dunia bisnis yang sebenarnya.

Setelah merasakan perih itu, saya meyakini bahwa jika kita ingin mulai berbisnis, maka mulailah dari langkah kecil dulu. Selain tidak butuh modal besar, kita juga bisa melatih diri secara bertahap.

Yang namanya belajar, tidak cocok dengan subyek yang langsung besar. Biarkan saja segalanya membesar secara alamiah. Itu jauh lebih baik daripada membiarkan diri sendiri tenggelam dalam angan-angan besar yang kita belum mampu menyelaminya.

Novel Remaja ”DING and HER GOKIL PAPA! ” Sudah terbit. Cocok Untuk Remaja di Rumah Anda. Bisa Anda beli disini.

Memang, bisnis apapun selalu ada resikonya. Tapi jika kita mulai dari yang kecil, ya resikonya kan kecil juga. Betul, hasilnya juga kecil. Tapi, nilai belajarnya besar.

Makanya, jika Anda seorang profesional; mulai sekarang deh menyisihkan pendapatan buat modal. Lalu belajar berbisnis kecil-kecilan. Jika kita tekuni, Insya Allah perlahan-lahan akan semakin membesar. Sehingga kelak bisa dijadikan sumber nafkah yang memadai.

Kalau bisnisnya nanti sudah berjalan dengan baik, terserah Anda mau terus berkarya sebagai profesional. Atau banting stir menjadi pebisnis full timer. Kedua pilihan itu baik saja kok. Karena menjadi pekerja, sama mulianya dengan menjadi pemilik usaha.

Kalau langsung berhenti bekerja untuk memulai bisnis gimana? Saya tidak merekomendasikannya. Kenapa? Insya Allah kita bahas pada kesempatan berikutnya ya.

NB: Akhir tahun kantor Anda suka mengadakan annual business meeting ya? Berani mengusulkan untuk mengundang DEKA berbicara di forum itu? Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 24 Juli 2013
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
Penulis Novel “DING and HER GOKIL PAPA!”
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan Kaki:
Ketakutan kita seringnya ditimbulkan karena kita belum mengalaminya sendiri. Apa yang kita takutkan itu memang ada. Tapi, ada solusinya juga untuk mengatasinya kan? Jadi, takut sebelum memulai itu kurang beralasan.

Ingin mendapatkan kiriman artikel “BB (=Belajar Bisnis)” secara rutin langsung dari Dadang Kadarusman? Kunjungi dan bergabung di http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:toonpool.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.