Wednesday , July 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Loyalitas Original Dan Kawe-kawean

Loyalitas Original Dan Kawe-kawean


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Saya, termasuk orang yang menganjurkan agar setiap pribadi memiliki loyalitas. Kepada perusahaan. Kepada pasangan. Kepada atasan. Kepada teman. Kepada pelanggan. Kepada siapa saja yang mempunyai hubungan jangka panjang. Kepada siapa saja yang kita; memiliki interaksi secara intens. Tanpa loyalitas, bagaimana jadinya hubungan kita kan? Tetapi, loyalitas yang saya maksudkan bukanlah loyalitas yang tanpa batas. Loyalitas yang saya maksudkan adalah, loyalitas dalam batas dan konteks yang pantas. Sehingga, loyalitas itu tidak sama artinya dengan mengungkung diri dalam situasi yang tidak selayaknya kita dapatkan.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Hal ini berlaku untuk semua hubungan yang kita bangun bersama orang lain. Dalam kaitannya dengan pekerjaan, maupun percintaan. Misalnya, pasangan yang terus menerus disakiti, dicederai, dan dikhianati. Bukan loyalitas namanya jika terus bersamanya. Melainkan ketakutan atas kemungkinan-kemungkinan lain yang sebenarnya bisa ditempuhnya. Kita bukan loyal pada pasangan jika kesediaan untuk terus bersamanya dalam segala ketidaksenonohannya itu didasarkan pada ketakutan; “kalau nggak sama dia, gue sama siapa lagi?” Itu bukan loyalitas. Melainkan penjara tak kasat mata yang mengurung jiwa dan mental kita.

Dikantor. Banyak orang yang sudah menunjukkan dedikasi sedemikian tinggi. Namun disia-siakan atasan. Diperlakukan tidak sepatutnya oleh pengambil keputusan. Diperdaya oleh perusahaan. Bukan loyal namanya terus tinggal disitu. Melainkan ikut bersekongkol dengan orang lain dalam menindas diri sendiri. Hya, persekongkolan itu namanya. Kita bersekongkol untuk menyiksa diri sendiri. Bayangkan saja. Kita tahu bahwa disitu kita sama sekali tidak diperlakukan layak. Tapi kita diam saja disitu – entah karena takut pindah ke perusahaan lain, entah karena tidak percaya diri, entah karena nggak tahu bagaimana keluar dari situasi itu – berarti kita membiarkan ketidakpatutan itu menimpa diri kita.

Jika loyalitas macam itu yang kita anut, maka kita sudah keliru memahami makna loyalitas itu sendiri. Dan kita, sudah menodai keluhuran nilai sebuah loyalitas. Say no, my friend; untuk menerapkan loyalitas yang salah kaprah seperti itu. Mulai sekarang. Mengapa? Karena loyalitas bukanlah pengorbanan dan pengabdian satu arah. Melainkan hubungan mutualistik yang menenteramkan, menyenangkan hati, dan menimbulkan rasa ikhlas serta kebahagiaan didalam hati. Dengan loyalitas yang betul itu kita mendapatkan kualitas hidup terbaik yang bisa kita bangun bersama sang mitra. Apakah mitra itu pasangan hidup kita. Atasan kita. Perusahaan kita. Atau klien kita. Semuanya.

Anda merasa loyal? Bagus. Karena loyalitas menunjukkan nilai pribadi kita. Tetapi apakah Anda merasa ‘tertekan’ dengan loyalitas itu? Jika demikian, maka itu bukan loyalitas namanya. Mungkin Anda sedang terkurung oleh penjara mental berupa ketakutan-ketakutan andai Anda kehilangan hubungan dengan pihak terkait. Anda takut mengganti situasi. Anda takut berpisah. Anda takut bermacam-macam lainnya. Dan Anda membingkai semua ketakutan itu dengan ‘nama’ loyalitas. Itu bukan loyalitas. Kalau pun iyya, grade loyalitas yang Anda pakai itu KW-3. Atau mungkin KW-100 koma 5.

Loyalitas yang original itu tercermin dari perasaan dan keadaan Anda selama menjalaninya. Jika Anda hepi. Nikmat. Tulus. Tenang. Tenteram. Plooong. Bisa tidur nyenyak. Terbebas dari bisik hati yang mempertanyakan. Anda dihargai. Dihormati. Ditempatkan pada posisi yang layak sebagai seorang manusia. Diperlakukan dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang anak buah. Sebagai seorang karyawan. Sebagai seorang pasangan hidup. Begitu, baru namanya loyalitas. Jika tidak, maka; be brave my friend. To start your new beginning. May be new boss, new mate, new opportunities.

“Iyya sih, teorinya emang bisa semudah itu Dang. Prakteknya kan nggak sesimple itu.” Jika masih ada keraguan seperti itu dalam hati Anda, maka ketahuilah bahwa; kerumitan itu seringnya hanya terjadi pada pikiran kita sendiri. Berbagai macam rasa takut itu tadi penyebab utamanya. Sehingga belum mencobanya pun kita sudah mengkhawatirkan ini dan itu. Bagaimana mungkin kita tahu kalau kemungkinan-kemungkinan baru itu akan lebih buruk dampaknya, padahal kita belum pernah mencobanya sama sekali kan? Be brave, my friend. Be brave.

Tapi. Saya paham bahwa kita tidak boleh melakukannya tanpa persiapan. Mulai sekarang my friend, siapkan diri untuk menyambut berbagai kemungkinan dalam hidup. Mari membuka mata dan telinga lahir batin kita. Dan temukan. Betapa dunia kita menawarkan berbagai macam kemungkinan. Semuanya ada plusnya sekaligus minusnya tentu saja. Namun semua kemungkinan itu disodorkan kehadapan kita, agar kita bisa menjadi pribadi yang merdeka seutuhnya. Yaitu pribadi yang memiliki loyalitas tanpa terkungkung oleh keadaan yang tidak sepantas. Yang menimpa dan menempatkan diri kita dalam ketidakberdayaan.

Contoh aktualnya bagaimana? Begini. Di kantor misalnya. Pertama, Anda wajib punya loyalitas yang tertinggi. Namun kedua, Anda mesti memiliki keunggulan pribadi. Kemampuan yang jarang dimiliki oleh kolega kantor Anda yang lainnya. Supaya Anda, dinilai sebagai asset berharga disana. Lalu ketiga, Anda lengkapi dengan kemampuan untuk melihat peluang dan pilihan-pilihan hidup yang terbentang luas diseisi dunia Anda. Jangan mengurung diri di kubikal kecil itu. Bukalah jendela dunia. Supaya Anda bisa melihat betapa luasnya kesempatan terhampar disana.

Perhatikan ketiga situasi yang saya uraiakan diatas. Ketiganya itu mesti komplit Anda miliki. Jangan hilang salah satunya sekalipun. Anda harus memiliki loyalitas, keunggulan pribadi, dan pilihan hidup lainnya. Jika salah satunya hilang, maka kehidupan kita akan terancam. Misalnya. Anda loyal dan terampil. Tapi tidak bisa melihat pilihan hidup lainnya. Maka Anda mungkin akan menjadi orang terampil yang loyal, namun terperdaya oleh perlakukan apa saja yang menimpa Anda. Anda akan menjadi orang yang tertindas disana. Tidak bagus.

Jika Anda loyal, dan bisa melihat banyak pilihan hidup; namun tidak punya cukup keterampilan dan keahlian. Maka Anda hanya akan menjadi orang yang ‘ngarep dot com’. Anda berharap orang mau pake Anda terus, padahal mereka tidak melihat apa yang bisa mereka harapkan dari Anda. Sehingga cepat atau lambat, Anda bakal ditendang keluar dari arena. Siape elo? Nggak ada gunanya juga elo disini! Anda akan menjadi orang yang tidak terpakai disana. Tidak bagus.

Jika Anda terampil, dan melihat banyak pilihan hidup. Tapi tidak loyal? Wah, repot deh membangun hubungan dengan orang yang tidak punya komitmen seperti Anda. Meskipun pihak lain membutuhkan kemampuan tinggi Anda, tetapi mereka tidak akan tahan melihat kegemaran Anda untuk melompat dari peluang yang satu ke peluang yang lain. Terlampau beresiko buat renacana jangka panjang mitra Anda. Anda akan menjadi play boy atau kutu loncat disetiap persinggahan yang Anda hampiri. Tidak bagus.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Jadi bagaimana dong yang bagus itu? Anda punya ketiga kriteria itu; loyal, terampil, dan punya pilihan dalam hidup. Dengan demikian, maka Anda bisa berkontribusi optimal kepada mitra Anda, sambil tetap menjadi diri Anda sendiri secara utuh, tanpa harus terkurung oleh beragam ketakutan dan berbagai kekhawatiran. Inilah saatnya dimana kita bisa merdeka sebagai pribadi, dan berkomitment sebagai seorang mitra. Bukankah kualitas pribadi seperti ini yang menunjukkan manusia seutuhnya itu? In sya Allah. Kita bakal bisa meraih dan mewujudkannya.

Kantor Anda akan mengadakan training ya? Berani mengusulkan untuk mengundang DEKA menjadi trainernya? Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 17 February 2014
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
Penulis Novel “DING and HER GOKIL PAPA!”
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan Kaki:
Loyalitas itu bukan berarti mengorbankan diri sendiri demi mempertahankan hubungan dengan orang lain. Loyalitas itu perjuangan dua arah yang mesti dijaga dan dibangun oleh semua pihak yang berkepentingan. Jika perjuangan itu tidak imbang, maka loyalitasnya tidak original. Loyalitas KW yang mutunya layak dipertanyakan.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Dare to invite Dadang to speak for your company? Call him at 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:dreambodyvideoseries.wordpress.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.