Saturday , September 23 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Customer Service / Budaya Melayani Di Perusahaan Anda

Budaya Melayani Di Perusahaan Anda


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Perusahaan tempat Anda bekerja bisnisnya bagus nggak? Jika masih bisa mempekerjakan dan menggaji Anda, maka Anda boleh tenang saja ya. Lantas, bagaimana Anda bisa yakin perusahaan itu bagus atau tidak? Ukuran pertamanya tentu dalam hal kondisi keuangan. Meskipun tidak bisa mengintip datanya, tapi kita bisa memperkirakannya. Dari mana? Dari nilai penjualannya. Perusahaan yang kinerja penjualannya baik, tentu punya harapan baik. Dan perusahaan yang kinerja penjualannya buruk, sudah bisa dipastikan sedang berada dalam masalah besar.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Kenapa penjualan itu jadi ukuran? Karena penjualan berkorelasi dengan pendapatan. Ada penjualan, ada pembayaran. Dan pembayaran berarti sumber keuangan. Lantas, siapa yang melakukan pembayaran itu? Tentunya pelanggan dong. Nah sekarang, coba bayangkan; apa yang terjadi jika perusahaan Anda kehilangan pelanggan? Dia akan kehilangan pendapatan, bukan?

Sampai disini, kita tentu bisa paham. Tetapi, pahamkah Anda bahwa tidak ada jaminan jika pelanggan itu akan tetap bertahan? Boleh jadi, mereka berpindah ke perusahaan lain bukan? Anda mesti kalang kabut mencari pelanggan lain. Sekalipun Anda berhasil mendapatkan pelanggan baru, kehilangan pelanggan lama tetap merupakan sebuah kerugian. Lagi pula, nilai transaksi dari pelanggan baru belum tentu bisa menutupi kehilangan dari pelanggan sebelumnya. Makanya, kita semua mesti mati-matian menjaga pelanggan.

“Tapi kan saya tidak berhubungan langsung dengan pelanggan?!” mungkin Anda berpikiran demikian. Memang, kebanyakan orang berpikir begitu. Padahal, apapun peran Anda di kantor berkaitan dengan pelanggan. Sekalipun Anda tidak bertemu langsung dengan mereka. Mengapa demikian? Karena pelanggan tidak melihat pelayanan yang mereka terima itu sebagai pekerjaan individu. Mereka cenderung melihatnya sebagai gambaran perusahaan secara keseluruhan.

Misalnya, seseorang masuk ke restoran yang makanannya enak. Tapi pada piring yang disediakan ada noda sehingga selera makannya hilang. Maka, lezatnya makanan tidak ada artinya lagi karena bagi pelanggan itu, restoran tersebut adalah tempat yang jorok. Hanya karena 1 orang yang kurang telaten dalam melayani pelanggan, bisa menjadikan citra perusahaan buruk seluruhnya.

Contoh lain misalnya, ada pelanggan yang datang berkunjung ke perusahaan Anda. Lalu mereka bertemu dengan orang yang judes disana. Maka persepsi mereka tentang kantor Anda akan buruk. Andai mereka masuk ke toilet. Bayangkan kalau toilet kantor Anda tidak terawatt. Yaiksss… mungkin dia tidak tertarik lagi berurusan dengan kantor Anda.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Oleh karenanya, melayani pelanggan merupakan kerja bersama-sama semua elemen di perusahaan. Maka mental melayani mesti menjadi budaya organisasi. Supaya, setiap orang bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Apakah Anda sudah mempunyai mental melayani? Kalau sudah, keren.

Acara Business Review Meeting di kantor Anda adalah waktu yang tepat untuk mengadakan training profesionalisme kerja. Hubungi saya di dkadarusman@yahoo.com atau telepon 0812 19899 737 untuk merancang topik yang sesuai dengan event Anda.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
www.dadangkadarusman.com – 14 Agustus 2014
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Catatan Kaki:
Tidak bertemu langsung dengan pelanggan tidak berarti tidak melayani mereka. Semua yang kita kerjakan pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Maka mengerjakan tugas dan tanggungjawab sebaik-baiknya merupakan salah satu cara bagi kita untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.

Ingin mendapatkan kiriman “C (=Customerism)” secara rutin langsung dari Dadang Kadarusman? Kunjungi dan bergabung di http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:materlife.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.