Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Proses Transformasi Perusahaan

Proses Transformasi Perusahaan


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Banyak perusahaan yang gagal dalam melakukan proses transformasi. Programnya sudah bagus. Presentasi dan town hall meeting kerap dilakukan. Roadshow menejmen puncak sudah diselenggarakan. Namun, angin perubahan yang dicanangkan perusahaan itu perlahan-lahan menghembuskan nafasnya yang terakhir. Banyak perusahaan yang mengalami hal itu. Menurut pendapat Anda, mengapa bisa begitu?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Namun, salah satu faktor paling berpengaruh adalah karena proses perubahan di perusahaan sering hanya diserahkan sebagai pekerjaan tambahan orang-orang tertentu saja. Beberapa orang ditunjuk untuk menjalankannya. Dikasih gelar Agent of Change, lalu diharapkan bisa menyelesaikan segala rintangannya. Persoalannya adalah; orang-orang ini bahkan sering tidak memiliki otoritas yang memadai. Bahkan tidak mempunyai pengaruh sama sekali dihadapan para menejer.

Padahal, para menejer ini mempunyai peran yang sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan implementasi program-program perubahan itu. Mengapa? Karena, perubahan di perusahaan harus mendapatkan dukungan dari seluruh karyawan. Sedangkan karyawan didesain untuk bertindak sesuai dengan arah yang ditentukan atasan langsung mereka. Oleh karenanya, kalau Anda memimpin task force perubahan, atau Anda bagian dari team agent of change; maka Anda perlu membangun hubungan dan aliansi yang kuat dengan para menejer.

Disisi lain, Anda juga tidak akan selalu mudah untuk mendapatkan dukungan para menejer. Khususnya menejer yang sudah merasa lebih senior. Atau mereka yang tidak menganggap penting perubahan itu. Atau mereka yang cenderung menyukain status quo. Atau mereka yang sudah demen ngendon dalam zona nyaman. Ada nggak orang seperti itu yang harus Anda hadapi dalam menjalankan tugas? Biasanya sih ada. Tapi, itu sama sekali bukan salah mereka. Justru, perusahaan perlu membantu mereka supaya memiliki pandangan yang selaras dengan visi pimpinan puncak tentang perubahan itu.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Memang nggak mudah sih. Tapi, begitu cara pandang para middle manager itu berubah; Anda bukan sekedar akan mendapatkan dukungan dari mereka. Bahkan mereka ikut berperan secara aktif didalam proses perubahan itu. Minimal, pada unit kerja yang dipimpinnya. Jadi, perubahan di perusahaan dibangun melalui proses transformasi cara pandang, perilaku maupun praktek-praktek kepemimpinan itu sendiri. Sehingga setiap pemimpin pada tingkatan apapun bisa mengambil peran penting dalam mendukung proses tranformasi itu.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 16 Maret 2015
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Proses perubahan di perusahaan mustahil dilakukan tanpa dukungan para menejer di level menengah. Karena, sikap dan perilaku mereka menjadi contoh langsung bagi anak buahnya.

Saran: Jika perusahaan Anda mengharapkan atau sedang melakukan proses transformasi, maka para managernya perlu mendapatkan training “TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP” supaya mereka bisa mengambil peran dalam proses perubahan itu sesuai dengan posisi dan otoritasnya masing-masing. Jika Anda membutuhkan bantuan saya untuk memfasilitasi training itu, silakan hubungi saya di 0812-19899-737 atau Ms. Vivi 0812-1040-3327.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:www.toonpool.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.