Wednesday , January 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Kantor Yang Tidak Memuaskan

Kantor Yang Tidak Memuaskan


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Anda, puas nggak dengan apa yang perusahaan berikan? Alhamdulillah, jika disana Anda sudah mendapatkan kepuasan. Berarti, Anda bisa menjalani pekerjaan dengan hati senang. Tapi kalau Anda merasa perusahaan tidak memberikan imbalan atau reward yang memuaskan, maka Anda; tidak sendirian. Bahkan, survey yang dirilis lembaga menejmen global mengindikasan bahwa mayoritas karyawan tidak merasa puas dengan apa yang didapatkannya dari perusahaan. Jadi, kita tenang sajalah ya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Lihat saja, orang lain pada nyantai kan? Hey, kalau orang rame-rame pada tidak puas, tidak berarti kita boleh ikutan nyantai. Justru hal itu menunjukkan bahwa kita terbawa oleh pusaran arus kebanyakan orang. Kalau demikian sikap kita, maka kita hanya menjadi bagian dari kerumunan. Dan kerumunan, bukanlah jenis manusia yang memainkan peran signifikan. Karena, kerumunan cenderung menanti nasib sambil mengharapkan Tuhan menurunkan keajaiban.

Kalau nggak boleh tenang-tenang saja, berarti mesti stress? Nggak juga. Tidak tenang itu, tidak berarti stress kok. Lagian, kalau Anda mempelajari tentang stress management; Anda tentu tahu bahwa manusia justru membutuhkan stress hingga level tertentu supaya terdorong untuk bertindak secara all-out. Lihat saja orang-orang yang nyantai-nyantai doang. Mereka cenderung menggunakan sedikit dari energy yang dimilikinya kan? Sebaliknya, orang yang berada dalam tekanan cenderung lebih gesit.

Nggak usah ngomongin orang lain deh. Kita juga sama. Kalau kondisi kantor lagi adem ayem kita cenderung lengah sehingga lebih banyak procrastinating alias menunda-nunda pekerjaan. Begitu waktu sudah mepet, adrenalin mengalir ke sekujur tubuh kita dan kita langsung focus untuk menyelesaikan pekerjaan. Masih ingat ketika sedang dikejar-kejar deadline? Ingat waktu boss besar meminta tugas Anda dipercepat? Itu adalah saat-saat dimana fungsi tubuh Anda paling efisien, kan?

Bekerja di perusahaan yang tidak memberi kepuasan itu mesti mendorong Anda untuk menjadi professional yang lebih handal. Jika tidak, maka sampai kapanpun kehidupan kerja Anda ya bakal begitu-begitu saja. Percaya deh, nasib karir kita nggak berubah menjadi baik hanya dengan menunggu keberuntungan. Mending kalau keberuntungan itu datang. Kalau tidak? Keburu pensiun kaleeee…

Tuhan juga nggak bakal serta merta menurunkan keajaiban. Emang sih, Dia kuasa untuk melakukannya. Tapi Tuhan sendiri juga kan menentukan hukum alam. Dia, nggak mungkin melanggar hukum yang sudah ditentukannya sendiri. Misalnya, dalam Al-Qur’an Dia menyatakan bahwa; “Setiap orang mendapatkan hasil dari apa yang diusahakannya.” Masa orang yang usahanya sedikit Tuhan kasih banyak, sedangkan yang usahanya banyak dikasih sedikit. Kan nggak mungkin.

Saya tahulah, kalau Anda menyangkal pernyataan saya. Kenyataannya, ada orang-orang yang kerjanya sedikit hasilnya banyak. Misalnya, boss jarang kelihatan kerja. Gajinya gede. Fasilitasnya fantastis. Lah iyya, kita melihat orang itu sekarang. Tapi menihilkan perjuangan beratnya dulu sebelum sampai ke posisi itu. Dia bukannya kerja sedikit dikasih banyak. Tapi, dari kerja kerasanya belasan bahkan puluhan tahun lalu itu; hasilnya semakin mateng sekarang.

Ibarat kata, Anda baru menanam benihnya. Pohon yang dia tanam tinggal memanen buahnya. Kalau Anda berhasil merawat pohon yang Anda tanam sekarang itu, kelak Anda akan panen besar seperti dia. Dan ketika saat itu tiba, maka Anda akan paham bahwa itu adalah reward yang pantas Anda dapatkan dari kerja keras, dedikasi, dan kegigihan Anda dimasa lalu.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

So, dimana posisi Anda sekarang? Masih dibawah? Gajinya pasti rendahlah. Dan bisa dipastikan jika Anda tidak merasa puas dengan apa yang diberikan oleh perusahaan. Wajar, jika merasa demikian. Yang nggak wajar adalah, perasaan tidak puas itu berefek buruk pada sikap Anda, pada perilaku Anda, dan pada kinerja Anda. Masa depan Anda dipertaruhkan jika demikian. Anda mesti meniru orang-orang yang sekarang kerja dikit dibayar banyak itu; gimana mereka berjuang dulu. Mereka menikmati hasilnya sekarang, sebagai buah dari masa lalu. Anda, menanam kerja kerasnya sekarang. In sya Allah giliran mendapatkan kepuasannya kelak dimasa depan.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 18 Maret 2015
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Kepuasan itu bisa bersifat objektif. Tapi kebanyakan sih subyektif. Artinya, kita menilainya dari kaca mata kita sendiri. Tanpa mempertimbangkan sudut pandang lain yang memungkinkan kita memandang segala sesuatunya dengan lebih jernih.

Saran: Jika perusahaan Anda mempunyai karyawan-karyawan muda yang potensial untuk dikembangan menjadi tulang punggung perusahaan dimasa depan, maka sebaiknya mereka mendapatkan training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM” supaya mereka bisa mendayagunakan potensi dirinya lebih optimal lagi. Jika Anda membutuhkan bantuan saya untuk memfasilitasi training itu, silakan hubungi saya di 0812-19899-737 atau Ms. Vivi 0812-1040-3327.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:listsoplenty.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.