Tuesday , December 11 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Bisnis and Finance / Berhati-hati Dalam Berhutang

Berhati-hati Dalam Berhutang

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Dalam setiap upacara pemakaman, wakil keluarga selalu mengatakan;”Jika masih ada urusan utang-piutang dengan almarhum, mohon menghubungi kerluarga untuk menyelesaikannya…”

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Kenapa soal hutang itu sedemikian pentingnya? Karena dalam iman kita, hutang yang tidak dibayar dibawa mati keakhirat nanti.

Lalu, apakah kita tidak boleh berhutang? Gak ada yang larang. Tapi mesti disesuaikan dengan kemampuan untuk melunasinya. Dan mesti pantes aja dengan kondisi dan kebutuhannya. Kalau nggak sanggup bayar, sudahlah; gunakan apa yang ada saja. Kalau nggak penting-penting banget; ngapain berhutang.

Para analis keuangan mengindikasikan bahwa hutang manusia modern tidak berhubungan dengan kebutuhan mendasar. Melainkan dengan keglamoran gaya hidup. Ada yang lucu. Bayaran sekolah anaknya nunggak, tapi emak dan bapaknya ngredit gadget belasan juta. Padahal, gadget biasa juga banyak. Itu contohnya.

Jenis hutang lain yang agak primitif namun masih sering dilakukan dizaman modern adalah meminjam uang pada teman. Itu terjadi kalau cash advance di kartu kredit sudah kena limit. Untuk situasi kritis, boleh-boleh saja. Namun, tidak untuk kondisi selain itu.

Pertimbangkan juga deh orang yang bakal didatangi. Meski terlihat ‘mapan’, tidak berarti dia punya uang lebih yang bisa dipinjamkan loh. Mungkin dia juga sama seperti kita. Bedanya, dia tidak menceritakan masalah keuangannya kepada siapapun selain kepada Allah saja.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Dizaman ini, kita berlomba untuk berhutang. Padahal, Rasulullah SAW mengajarkan sebaliknya. Beliau menganjurkan untuk berusaha dan berdoa agar terbebas dari hutang. Kalau pun terpaksa harus berhutang, semoga Allah memberi kita kekuatan untuk melunasinya; sebelum dijemput oleh kematian. Aamiin.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 10 April 2015
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Berhutang itu tidak dilarang. Yang diralarang itu ngemplang. Baik saat mau ngutang. Garang saat yang mau nagih datang. Kalau sikapnya sepeti itu mah, sebaiknya jangan pernah ngutang.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “BF (=Business & Finance)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:patriotsbillboard.org

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.