Sunday , September 20 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Menyadarkan Orang Ngeyelan

Menyadarkan Orang Ngeyelan


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Tidak selalu mudah untuk mengingatkan orang ya. Jika kita tak ada hubungan dengan orang itu, ya tak masalah. Cuek aja. Tapi jika orang itu kolega, atasan, atau anak buah yang perilakunya mempengaruhi kinerja kita; membiarkannya bukan pilihan.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Lalu, jika punya kolega, anak buah, bahkan atasan yang jago ngeyel dan tukang cari alasan setiap kali diingatkan; apakah masih ada peluang untuk mendorongnya melakukan perbaikan?

Tentu. Jika kita melakukannya dengan dukungan fakta-fakta otentik dan obyektif. Lebih baik lagi jika Anda dokumentasikan. Bukan untuk mencari-cari kesahan. Tapi untuk membantunya mengingat, apa yang telah terjadi. Sehingga dia tahu persis apa yang mesti diperbaikin.

Ada 5 kelompok yang mengikuti sesi simulasi di kelas training siang tadi. Empat team menunjukkan performa yang ‘wajar’. Minimal, bisa diterima dalam standar umum. Bahkan ada yang hasilnya istimewa.

Tapi. Ada 1 team yang performanya sangat buruuuk sekali. Buruk dalam ukuran standar apapun. Padahal, kelompok itu beranggotakan 7 orang yang secara individu memiliki kompetensi tinggi. Mereka percaya diri. Dan mereka dominan dalam sesi diskusi di kelas itu.

Lantas, mengapa ketika diberi tugas hasil yang mereka dapatkan sangat buruk? Namanya orang hebat, tentu hebat pula mencari alasan. Sayangnya, tak satu pun alasan yang bisa diterima oleh panel fasilitator. Dan seperti pada umumnya orang percaya diri; mereka ngeyel dengan berbagai execuses.

Lalu saya memberi tugas on the spot, yang hanya bisa diselesaikan dengan satu syarat yang tidak saya beritahukan kepada mereka. Didepan kelas yang disaksikan oleh semua orang; mereka gagal lagi dengan penugasan itu.

Kali ini, kegagalan itu tidak ada hubungannya dengan team lain. Dan semua orang menjadi saksi kelemahan utama yang mereka tidak lagi bisa menyangkalnya. Pada saat itulah akhirnya mereka mengakui kelemahan itu.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Untuk menyadarkan orang, kadang kita harus menunjukkan bukti tak terbantahkan tentang kekurangannya. Sehingga dengan bukti itu, orang tersadarkan bahwa dia punya aspek-aspek tertentu yang harus diperbaiki. Demi dirinya sendiri. Dan orang lain yang terpengaruh oleh perilakunya.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 26 Mei 2015
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Orang yang suka ngeyel belum tentu bisa menerima data factual yang kita punya. Tapi, itu keadaan akan lebih buruk lagi jika kita hanya berargumen dengan sekedar mengandalkan norma dan logika.

Kalau kantor Anda mengadakan Business Review Meeting dengan para manager dan pimpinan puncak, sebaiknya luangkan waktu 2-4 jam untuk melakukan pembahasan tentang kepemimpinan. Undang nara sumber yang kompeten dari luar untuk bicara di forum itu. Supaya para leader dikantor Anda tidak hanya dikejar angka-angka belaka. Tapi selalu disegarkan jiwanya dengan insight-insight baru untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinannya. Silakan cari nara sumber yang menurut pendapat Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan saya, silakan hubungi 0812-19899-737 atau Ms. Vivi 0812-1040-3327.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:goal.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.