Tuesday , June 25 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Karyawan Favorit

Karyawan Favorit

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Menjadi karyawan favorit itu asyik. Anda tahu rasanya kan? Kita jadi seperti memiliki banyak keistimewaan. Tapi sebentar; “Apakah Anda sudah menjadi karyawan favorit?”

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Ada 3 tukang sayur keliling yang sering hilir mudik dijalan depan tempat tinggal kami. Dari ke-3 tukang sayur itu salah satunya menjadi favorit ibu-ibu untuk belanja.

Walhasil, dagangannya laris duluan. Meskipun orang itu datang belakangan? Iyya. Meskipun ke-2 tukang sayur lainnya sudah lebih dulu bersenandung ‘Yuuuur sayyur.’

Dikantor kita pun kira-kira nggak jauh beda. Banyak orang bekerja ditempat kita. Tapi satu orang diantaranya ‘lebih’ difavoritkan untuk berbagai hal. Termasuk soal promosi atau kelezatan profesional lainnya. Kenapa bisa begitu? Pilih kasih ya? Ntar dulu.

Saya bertanya kepada istri; kenapa lebih sering beli sayur diorang itu dibanding kedua tukang sayur lainnya?

‘Sayurnya bagus-bagus soalnya,’ katanya. Dikantor, orang menjadi favorit karena hasil kerjanya bagus. Mengesankan dan memuaskan sang pemberi kerja. Yang kerjanya nggak bagus, jangan ngareplah. Kelaut aja.

Jawaban istri saya itu terasa klisenya. Sayurnya sama saja menurut saya. Malah kadang dari sekantong cabe merah ada yang layu satu atau dua. Itu mengindikasikan bahwa selama kekurangan kita masih bisa ditoleransi; kita tidak usah galau karena tidak sempurna.

Tapi, tidak berarti kekurangan itu bisa diterima begitu saja. Pasti ada alasan lain, kenapa ibu-ibu itu tetap lebih suka belanja kepadanya. Saya tanya lagi istri. Katanya; “Enak orangnya. Kalau pesen bahan apa aja mau dicariin…”

Aha, ternyata benar. Ada nilai lebih lain yang dimilikinya. Tukang sayur lain, kalau dia bawa barang ya barang itu aja yang dilayani apa adanya. Pesanan diluar itu, sering ogah-ogahan buat nyariinnya.

Dikantor, perhatikan deh. Kebanyakan orang meniru tukang sayur yang dua itu. Hanya mau jualan barang yang ada digerobaknya. Dikantor, mereka hanya mau ngerjain urusan yang ada di-jobdesc-nya doang. ‘Dipesan’ item kerjaan lain, suka ogah-ogahan.

“Apa lagi bunda?” Saya bertanya lagi.
“Tahu ah, pokoknya udah. Dia aja.” Istri saya tidak selalu paham apa yang sedang saya renungkan. Yang jelas, dia hanya mau membeli sayur dari yang lain kalau tukang sayur favoritnya nggak jualan.

Suatu saat, istri saya sedang pergi senam. Tukang sayur itu datang dengan membawa tentengan. “Bu, pesanannya sudah datang Bu…” Teriaknya.

“Ya Mas, ada apa?” Saya keluar dengan gaya bapak-bapak yang sok gengsi kalau mesti beli sayuran. Itu kan urusan perempuan.

“Oh, ini pak pesananya ibu. Ayam kampung hidup, sudah saya potong dan bersihin…” Katanya.

“Hmmh. Berapa?” Tanya saya.
“Nanti aja Pak.” Katanya.
“Nggak. Bayar sekarang aja.” Demikian maksud saya.
“Sudah biasa kok Pak…” Katanya seraya buru-buru pamit.

Ternyata, dikalangan ibu-ibu ada kebiasaan ‘ambilnya sekarang, bayarnya nanti’. Bukan karena nggak punya uang. Tapi ibu-ibu suka tanggung kalau sedang ditoilet atau lagi ngerjain hal lain. Tukang sayur yang nggak ndesak bayarnya, punya nilai lebih buat para super women itu rupanya.

Dikantor, pengambil keputusan itu paling sebel sama orang yang nuntut bayaran duluan. Karyawan yang bawel soal imbalan, biasanya paling malesin. Makanya mereka jarang jadi favorit.

Beda dengan orang yang berprinsip: ‘Kerjakan saja dengan sepenuh hati. Soal bayaran, urusan nanti.’ Woooh, paling seneng kita kerja dengan orang kayak gini.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Balik lagi ke pertanyaan awal; Sudahkah Anda menjadi karyawan favorit? Kalau belum, lebih seringlah merenungkan sikap dan perilaku kerja Anda dikantor. Boleh jadi, kelak Anda bisa menjadi tukang sayur, eh karyawan favorit dikantor Anda.

NB: Ingin mengundang DeKa bicara dikantor Anda? Manfaatkan 50% OFF trainer fee selama bulan Ramadhan untuk semua topik trainingnya. Berlaku di Jabotabek. Terbatas hanya 10 perusahaan saja. Pendaftaran ke 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com paling lambat 18 Juni. Segera daftar.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 4 Juni 2015
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Kalau melihat orang lain yang menjadi favorit, biasanya banyak mata memandang dengan tatapan miring. Padahal, siapapun bisa menjadi karyawan favorit. Asal bersedia untuk bekerja dengan sebaik-baiknya, memahami kebutuhan lingkungannya, dan; menempatkan sikap melayani, didepan kegemaran menuntut imbalan.

Dalam setiap meeting besar dengan karyawan, biasakan menyisihkan sebagian waktu untuk memberi mereka inspirasi dan aspirasi agar menjadi professional handal. Mintalah salah satu karyawan senior dikantor Anda untuk sharing kisah suksesnya. Begitu pun cukup kok. Tapi kalau Anda ingin lebih, undang saja narasumber dari luar. Pilih orang yang kompeten dan sesuai dengan budget Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan saya, silakan hubungi 0812-19899-737 atau Ms. Vivi di 0812-1040-3327.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.