Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Kegagalan Orang-Orang Pintar

Kegagalan Orang-Orang Pintar


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Ada satu insight yang layak menjadi bahan renungan kita. Datang dari Carol Dweck, seorang professor psikologi di Stanford University.

Dari risetnya beliau menemukan bahwa, orang-orang yang sukses dengan mudah sewaktu sekolahnya pada umumnya terjebak dalam kondisi ‘fixed mindset’.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Dengan sukses ‘gampangan’ itu, mereka merasa sudah memiliki ‘tiket’ untuk berhasil. Efeknya, banyak. Misalnya, mudah frustrasi ketika menemukan bahwa kenyataan hidup tidak selalu semudah yang mereka bayangkan.

Gampang kecewa jika digaji tidak setinggi yang diharapkan. Dan kalau melihat orang lain dipromosikan, merasa bahwa dirinya lebih berhak mendapatkan promosi itu.

Mereka merasa lebih superior dibandingkan dengan orang lain. Karena, catatan akademisnya luar biasa. Padahal, IPK seseorang tidak mencerminkan kemampuannya dalam menghadapi tantangan kehidupan atau pekerjaan.

Lucunya, dengan merasa lebih baik dan lebih berhak daripada orang lain itu mereka justru tidak berani mengambil resiko. Takut mencoba hal baru pula, karena kalau gagal dianggap akan merendahkan citra dirinya sebagai manusia yang ‘sempurna’.

Coba deh ingat-ingat kembali orang-orang yang paling pintar waktu Anda sekolah dulu. Apakah sekarang mereka menjadi orang yang paling sukses? Paling pintar = paling sukses?

Faktanya, kebanyakan orang sukses bukan orang yang dulunya paling pintar disekolah. Dan kebanyakan orang yang dulu paling pintar, tidak menjadi orang yang paling sukses.

Kenapa ya? Konsekuensi dari fixed minset tadi. Mereka merasa dirinya sudah pintar, plus tidak berani mengambil resiko, dan enggan mencoba hal-hal baru. Takut pula melakukan kesalahan. Khawatir kalau citra ‘pintarnya’ ternoda oleh kegagalan. Maka mereka tidak berkembang.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Sedangkan orang lain bersikap dan bertindak sebaliknya. Mereka terus mengembangjan diri. Sehingga mereka, bisa lebih berhasil dalam karir dan hidupnya. Meski waktu sekolah dulu, nilainya biasa-biasa saja. Mereka itulah orang-orang yang punya Growth Mindset. Apa sih Growth Mindset itu?

Jika Anda ingin tahu bagaimana situasi dikelas training saya, silakan lihat contoh videonya disini: http://www.dadangkadarusman.com/video-deka/

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKADARUS – Dadang Kadarusman
www.famousdekadarus.com & www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Mindset itu sepenuhnya dapat dikontrol oleh diri kita sendiri. Tapi, kita sering membiarkan nilai-nilai dari luar mengendalikan cara berpikir kita. Sehingga, kita tidak menjadi ‘tuan’ yang sebenarnya bagi diri sendiri.

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Gambar:

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.