Friday , March 29 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Kepo Urusan Rumah Tangga Orang Lain

Kepo Urusan Rumah Tangga Orang Lain


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Pekan lalu saya menolak permintaan untuk bicara di sebuah forum. Tahu kenapa? Karena, topik yang diminta tidak sesuai dengan bidang keahlian saya. Tahukah Anda apa topiknya? “Membangun Rumah Tangga Bla Bla Bla…”.

Anda sudah berkeluarga? Kalau sudah, tentu tahu lika likunya kan? Dan tahukah Anda, akan jadi apa rumah tangga Anda kelak? Saya tidak tahu. Makanya, saya tidak mau bicara di forum soal itu. Meskipun saya dibayar untuk itu. Bahkan orang yang sekedar minta pendapat tentang persoalan rumah tangganya pun tidak saya layani.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Biarkan ahlinya saja yang bicara soal itu. Kita yang awam ini, tidak perlu ikut berkicau soal hal-hal yang kita sendiri aja belum tentu sudah bagus. Dalam konteks rumah tangga kita, sekarang mungkin baik-baik saja. Dimasa depan? Kite kagak tahu ape-ape. Wallaahu a’lam.

Ngetrend sekali memang kekepoan manusia terhadap urusan rumah tangga orang lain ini. Saya bahkan pernah mendengar seorang pesohor berceramah tentang urusan rumah tangga orang lain. Dibeberkannya kejelekan istri orang lain dihadapan para pendengarnya. Bahkan namanya pun disebutkannya secara gamblang. Tanpa tedeng aling-aling.

Mungkin dia menilai istrinya sendiri sudah sempurna. Sehingga menyebarkan aib istri orang lain menjadi kenikmatan tersendiri baginya. Seolah dia tahu persis kejadian yang sesungguhnya. Padahal, tahukah Anda; siapakah istri yang digibahkan pesohor itu? Masya Allah. Istri seorang Nabi. Perempuan yang tidak pernah dia temui.

Disela ceramahnya, kerap terdengar gelak tawa hadirin. Terlebih ketika ‘kelucuan’ aib orang lain diparodikan. Mungkin karena hadirinnya juga sama keponya. Atau memang gemar mendengar gossip tentang urusan rumah tangga orang lain. Atau, mungkin karena terbuai oleh retorika kepakaran komunikasinya.

Teman saya yang penggemar sang penceramah berpendapat;”Beliau sedang meluruskan sejarah, Dang!” Hebat. Seolah dia adalah saksi kehidupan perempuan yang sudah wafat sejak lebih dari seribu tahun lalu itu. Hingga paham sampai pada hal paling pribadi dalam kehidupan rumah tangganya.

Diluar negeri, ada kejadian mirip. Pesohor juga. Kepo banget dengan urusan rumah tangga orang lain. Bedanya, beliau masih terhormat. Karena hanya bicara soal bagaimana membangun rumah tangga yang harmonis. Namun tidak membumbui pesona kepakaran komunikasinya dengan membeberkan kejelekan istri orang lain, seperti pesohor yang pertama tadi.

Ribuan orang mau datang untuk mendengar ceramahnya. Mereka mengidolakannya. Namun kemudian diberitakan bahwa perkawinannya sendiri kandas. Kepo masa lalunya jadi kosong melompong. Untungnya, beliau tidak menanggung beban dosa menggibah istri orang lain. Itu di luar negeri. Kalau disini? Saya tidak tahu pasti.

Kepada diri sendiri, saya menasihatkan. Untuk menyibukkan diri dengan urusan mambaguskan keluarga sendiri. Menyolehkan istri sendiri. Menjaga aib rumah tangga sendiri. Daripada kepo terhadap urusan rumah tangga orang lain.

Dan kepada istri, saya menasihatkan. Lebih baik memastikan diri untuk menjadi istri yang sholeh, daripada kepo dengan kesolehan istri orang lain. Dan kalau mendengar pesohor yang gemar kepo hingga menjelek-jelekkan istri orang lain; tinggalkan dia. Toh dia pun belum tentu bisa mendidik istrinya sendiri.

Apakah nasihat ini juga cocok buat Anda dan pasangan hidup Anda? Jika iya. Mari sama-sama kita “Kuuu anfusikum waahliikum naarooo…”. Demikian Allah memerintahkan kita ketika membuat prioritas dalam segala urusan akhlak.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Semoga Allah menjadikan kita orang yang sibuuuk memperbaiki diri dan keluarga sendiri. Dan semoga Allah menjagakan kebaikan rumah tangga kita. Sehingga kita menjadi pasangan yang bahagia. Didunia. Dan diakhirat kelak. Aamiin…

Jadi, jangan undang saya bicara soal rumah tangga ya. Topik Leadership dan Pengembangan Karir saja deh. Jika Anda perlu contoh proposal training saya untuk diperkenalkan kepada menejmen; Silakan kirim email JAPRI ke dkadarusman@yahoo.com dengan subjek “PROPOSAL TRAINING DEKA”.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
www.dadangkadarusman.com
WA : 0812-19899-737 PIN BB : 56A4611D

Catatan kaki:
Bukan tidak boleh untuk memikirkan orang lain. Namun, tidak ada artinya mengurusi perilaku orang lain; kalau urusan memperbaiki akhlak diri dan keluarga sendiri saja malah terabaikan.

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Gambar:www.brucesallan.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.