Friday , March 29 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Karir Terhalang Orang Lain

Karir Terhalang Orang Lain


Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Dikantor, kadang ada orang yang karirnya terhambat oleh orang lain. Sang penghambat itu bisa atasan. Bisa birokrasi. Bisa juga karena ‘gerbong’ organisasi tidak bergerak. Jika karir Anda terjebak dalam situasi seperti itu, apa yang harus Anda lakukan?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Salah satu cara yang ampuh adalah; mengecilkan ego kita. Lho, kok mengecilkan ego kita?! Bukankah pihak lain yang menghalangi kita? Kenapa malah kita yang harus mengecilkan ego?!

Hari ini, terjadi kemacetan yang luar biasa di Cibubur. Penyebabnya adalah sebuah truk super besar yang mengangkut tiang beton ‘nyangkut’ dipertigaan jalan kecil. Akibatnya arus lalu lintas tersumbat. Bahkan salah satu arah dari pertigaan itu sama sekali tidak bisa dilalui. Efeknya terhadap kekacauan jalan, bisa Anda bayangkan. Parrah tenan.

Ratusan. Mungkin ribuan mobil yang terhambat oleh truk itu. Tapi, sekalipun kebanyakan pengendara lainnya terjebak macet; ada beberapa orang yang bisa menerobos jalur padat itu hingga tiba ditempat tujuan sesuai harapan. Bagaimana bisa begitu?

Ribuan. Bahkan jutaan orang terhambat karirnya oleh berbagai macam manifestasi ‘truk’ yang mogok dikantor. Tapi, walaupun kebanyakam orang lainnya mandek; ada beberapa orang yang karirnya bisa terus melaju. Bagaimana bisa begitu?

Tetangga saya. Punya mobil bagus. Tapi saya saksikan sendiri bahwa pagi ini, beliau meninggalkan mobilnya di rumah. Lalu berangkat ke kantor dengan motor. Dan saya, menyaksikan orang-orang sukses pada umumnya meninggalkan egonya di rumah. Lalu berangkat ke kantor dengan sikap mental yang luar biasa gesitnya.

Ego itu seperti mobil. Yang membutuhkan ruang besar. Banyak bahan bakar. Dan dahaga pujian penyebab hidung membesar. Bagus pada saat jalanan lancar. Namun terhambat, ketika lajur yang bisa dilaluinya tersumbat.

Mungkin memang orang lain yang menyebabkan kemacetan dalam karir itu. Tapi ego kitalah yang memperparah efeknya. Contoh. Ego almamater. Ego senioritas. Ego ‘gue kagak takut!’. Ego merasa diri paling hebat. Paling pengalaman. Paling serba tahu. Dan semua jenis ego itu, menghambat karir dikantor.

Ingatlah. Sang ‘truk’ penghalang itu juga punya ego besar. Jika Anda lawan dia dengan ego besar Anda, maka Andalah yang akan babak belur. Dan Anda pun tidak bisa melewatinya. Sama seperti mobil-mobil yang memaksa menerobos jalur tersumbat itu. Nggak bisa. Karena kalah kuat dengan truk itu.

Ingatlah bahwa dikantor Anda, mungkin ada truk besar yang menghalangi lajunya perkembangan karir kita. Dan ego kita, mungkin tidak cukup gesit untuk menelusup melalui celah-celah sempit yang masih tersedia. Sehingga meski celah peluang itu ada, kita tidak bisa menerobosnya.

“Tapi bukankah lebih baik kalau truk penghalang itu yang disingkirkan?” Betul. Sayangnya, kita tidak selalu punya kemampuan untuk itu. Truk itu terlalu besar untuk disingkirkan. Jadi, pinter-pinternya kita saja menyesuaikan diri dengan situasi. Itu yang disebut sebagai agility.

“Tapi. Ini kan hari hujan. Punya mobil. Kenapa pakai motor?” Nah, pernyataan ini memperlihatkan ego yang masih tinggi. Sekaligus keengganan untuk menyesuaikan diri dengan situasi. Pertanda bahwa kita masih rigid. Belum punya agility.

Hujan itu adalah tantangan. Namun bisa diatasi dengan berbagai cara. Jangan harap kehidupan kerja kita bakal lempeng-lempeng saja. Adem ayem tanpa kesulitan. Gak bakal. Namun ketahuilah bahwa; semua kesulitan itu pasti ada jalan keluarnya. Hanya saja, jalan keluar itu mungkin tidak cukup lebar untuk menampung ego besar kita.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Jika dikantor Anda, ada truk besar yang ‘nyangkut’ hingga menghalangi perjalanan karir Anda. Dan hanya ada jalur lewat yang cuma bisa dilintasi jika dan hanya jika Anda bersedia meninggalkan ego besar Anda dirumah. Bersediakah Anda melakukannya?

Kami melayani pelatihan berdurasi 2-4 jam yang cocok untuk dijadikan sisipan dalam acara RAKER di Perusahaan Anda. Hubungi DeKa di 0812-19899-737. Atau agen training terdekat kami di www.dadangkadarusman.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Penulis, Trainer, Pembicara Publik.
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Orang yang menghalangi perjalanan karirmu itu bakal ada saja. Tapi, begitu engkau berhasil melewatinya; jalur menuju karir gemilangmu akan menjadi lapang. Lengang. Sehingga engkau bisa berjalan melenggang.

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Gambar:deviantart.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.