Wednesday , December 11 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Perusahaan Yang Berubah Melulu

Perusahaan Yang Berubah Melulu

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Bekerja di perusahaan yang sedang melakukan perubahan itu melelahkan. Apalagi kalau berubahnya terus-terusan. Baru saja nyaman dengan sesuatu yang baru, misalnya. Mesti menyesuaikan diri dengan hal baru lainnya lagi. Nyaman lagi, eh berubah lagi.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Memang. Berubah itu bikin kita gerah. Karena perubahan memaksa kita untuk keluar dari kebiasaan-kebiasaan selama ini. Dan namanya kebiasaan, tentu memberikan perasaan nyaman. Sedangkan perubahan, menuntut kita melakukan penyesuaian. Yang belum tentu sejalan dengan kenyamanan yang sudah kita dapatkan. Makanya, kita sering enggan.

Tetapi, saya melihat bahwa justru perusahaan-perusahaan yang terus melakukan perubahan itulah yang memberikan banyak peluang. Baik kepada organisasi itu sendiri. Maupun kepada para karyawan.

Di perusahaan yang statis, malah jarang ada kesempatan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Makanya, orang yang punya potensi tinggi pun sering terhambat oleh birokrasi dan kemandekan organisasi.

Saya. Menyarankan agar Anda keluar dari perusahaan yang tidak melakukan perubahan. Kenapa? Sebab. Walaupun Anda merasa nyaman karena tidak harus melakukan penyesuaian apapun. Namun karir Anda disana. Tidak akan mengalami perbaikan. Bakal statis saja Anda disana. Sama seperti statisnya perusahaan Anda.

Perusahaan yang tidak melakukan perubahan itu juga tidak sejalan dengan dinamika pasar. Sehingga rawan ketinggalan jaman. Dan rawan ditinggalkan para pelanggan. Bahkan rawan mengalami kebangkrutan.

Lihatlah, industri apa yang tidak berubah sekarang? Semua berubah. Sehingga perusahaan yang rigid, cepat atau lambat akan tersingkir dari arena persaingan. Atau nggak nyambung lagi dengan kebutuhan dan tuntutan pelanggan.

Banyak contoh raksasa industri yang dulu berjaya tapi sekarang sudah tidak lagi ada di pasar. Mereka musnah. Bukan karena ukurannya kecil. Justru karena sudah sangat besar sehingga mengira bahwa pasar akan secara otomatis berpihak kepadanya. Padahal, pasar akan secara alami condong kepada organisasi yang menyesuaikan diri dengan dinamika pasar itu sendiri. Dan itu artinya, melakukan perubahan tanpa henti.

Oleh karenanya, perusahaan yang ‘berubah melulu’ itu justru mengindikasikan adanya kemauan menejmen untuk mengimbangi dinamika yang ada. Baik berupa tuntutan pasar. Perubahan lanskap kompetisi. Maupun pergeseran pola pikir dan kondisi lingkungan. So. Stay. There.

Yang menjadi persoalan adalah, kesadaran ini sering baru ada di level menejmen. Belum disadari sepenuhnya oleh para karyawan. Makanya, ketika menejmen mencanangkan tindakan perubahan; karyawan malah resisten.

Implementasi rencana dan strategi perubahan itu kemudian terhambat oleh sikap negatif karyawan. Sehingga, selain tidak efektif; prosesnya menjadi semakin lama. Dan semakin menyakitkan. Karena menyakitkan itu, maka reaksi negatif dari karyawan menjadi semakin besar. Implementasinya berantakan. Dan akhirnya, berhenti ditengah jalan.

Hal itu tidak akan terjadi jika kita sebagai karyawan, berdiri disisi yang sama dengan menejmen. Dan menyokong rencana perubahan mereka. Sehingga kita, menjadi mitra tangguh mereka. Bukan lawan tarik tambang seperti diacara 17an. Dengan cara itu, sinergi bisa terbangun. Dan sekarang, Anda menjadi bagian ‘koalisi menejemen’.

“Tapi kan perubahan sering membawa korban, Dadaaang!” Mungkin. Tapi. Anda harus paham, siapa yang biasanya menjadi korban. Kalau bukan orang yang kompetensinya tidak sejalan dengan arah perubahan, biasanya mereka adalah para penentang perubahan itu.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Tapi jika Anda terus membangun kompetensi yang sejalan dengan arah perubahan di perusahaan. Dan Anda kooperatif dengan perubahan itu. Maka Anda bukan dibuang. Justru makin disayang. Dan karir Anda, semakin cemerlang.

Bersediakah Anda untuk meneruskan file PDF Profil Program Pelatihan saya kepada HRD atau pimpinan di perusahaan Anda? Mungkin sejalan dengan program pengembangan SDM disana. Jika bersedia, silakan kabari saya japri di dkadarusman@yahoo.com . Terimakasih sebelumnya ya.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Penulis, Trainer, Pembicara Publik.
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Perusahaan yang tidak melakukan perubahan itu bukannya stabil. Tapi statis. Stabilitas perusahaan justru akan tetap terjaga kalau terus menerus melakukan perubahan. Sehingga perusahaan selalu berada di posisi terdepan. Dari situlah kemudian berbagai peluang bagi karyawan bermunculan. Maka dukunglah. Jika perusahaan melakukan perubahan.

Kami melayani pelatihan berdurasi 2-4 jam yang cocok untuk dijadikan sisipan dalam acara RAKER di Perusahaan Anda. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com Atau agen training terdekat kami.

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737

Gambar:blog.readytomanage.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.