Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Bukan Resisten, Tapi Tidak Mengerti

Bukan Resisten, Tapi Tidak Mengerti


Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Salah satu hal yang sering membikin pusing atasan adalah resistensi dari bawahan kalau diajak untuk melakukan perubahan. Hampir disemua kelas Managemen Perubahan yang saya fasilitasi, hal seperti itu mengemuka.

Sepertinya terjadi dimana-mana. Tapi, justru karena hampir menjadi fenomena umum yang terjadi dihampir semua organisasi itulah yang membuat saya bertanya-tanya; apakah benar anak buah kita itu cenderung resisten terhadap perubahan?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Cukup lama saya mengamati. Dan kemudian menemukan jawabannya justru di kelas Adapting To Change. Jika kelas Change Management ditujukan untuk para manager dan leader, maka kelas Adapting to Change itu untuk para staff atau middle level.

Jika di kelas Change Management saya menemukan fenomena maraknya resistensi anak buah terhadap perubahan. Sebaliknya, dikelas Adapting to Change itu saya menemukan jawaban yang bisa dijadikan referensi bagi para manager dan leader itu bahwa….

Begini. Ternyata, resistensi anak buah kita; utamanya terjadi karena ketidakpahaman mereka terhadap esensi dari perubahan itu. Jadi sebenarnya, mereka itu bukan resisten loh. Tapi mereka tidak mengerti apa sih maunya eloh? Terus apa manfaatnya buat gue?

Kalau mereka paham apa dan bagaimana perubahan yang dilakukan dan – ini sangat krusial – apa manfaat dari perubahan itu bagi mereka. Maka mereka bakal koperatif. Mereka justru sangat mendukung proses perubahan itu.

Kenapa selama ini mereka cenderung resisten? Bukan karena mereka ingin membangkang. Sebab pada dasarnya kita semua ingin tenteram dan damai dalam menjalani pekerjaan. Hanya saja mereka tidak paham, sehingga jadinya tidak langsung mendukung rencana perubahan itu.

Pemahaman. Itu yang sering tidak mereka dapatkan. Makanya, proses komunikasi dalam perubahan itu penting. Jika kita gagal mengkomunikasikan perubahan itu. Atau hanya sepotong-sepotong saja mengkomunikasikannya. Maka, janganlah buru-buru menvonis mereka resisten. Sebaiknya, segera benahi cara kita mengkomunikasikannya.

Kalau sudah dikomunikasikan, hingga mereka paham dengan rencana perubahan itu dan mereka menemukan manfaat bagi diri mereka sendiri. Insya Allah, Anda bakal mendapatkan dukungan penuh dari anak buah. Sehingga kursi jabatan itu akan semakin nikmat rasanya.

Tapi. Ada tapinya nih. Kadang, memang ada juga yang ndablek. Ngelawan aja, meskipun Anda sudah mengkomunikasi-kannya dengan baik. Yang begini ini, biasanya orang yang terusik kepentingannya. Nah untuk yang begini, baru Anda boleh bilang resisten. Untuk mengatasinya, tentu caranya berbeda. Semoga dalam kesempatan lain kita bisa membahasnya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Untuk saat ini, tolong. Jangan terlalu mudah memvonis anak buah Anda resisten. Evaluasilah terlebih dahulu proses komunikasi perubahan itu. Pastikan anak buah Anda mendapatkan pemahaman yang tepat. Sebab, sebagian besar – mungkin juga semua – anak buah Anda itu bukan resisten pada perubahan. Hanya belum mengerti saja.

Tugas atasanlah untuk membantu mereka memahaminya. Sehingga mereka, akan menjadi supporter terkuat bagi Anda; dalam mengimplementasikan rencana perubahan itu. Karena Anda dengan anak buah Anda; prend.

Bulan April dan Mei ini kami berulang tahun. Kami berikan hadiah berupa promo inhouse training dengan harga khusus untuk perusahaan Anda. Jika mau memanfaatkan promo ini, hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
HR Development Consultant
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Gampang memvonis resisten kepada anak buah itu tidak membuat mereka lebih koperatif terhadap program perubahan yang kita canangkan. Memperbaiki pola komunikasi dengan merekalah yang dapat memberi dampak yang lebih baik.

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar:thespiritscience.net

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.