Wednesday , August 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Anak Buah Yang Bandel

Anak Buah Yang Bandel

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Salah satu duri dalam kepemimpinan adalah anak buah yang tidak bisa diatur. Ada yang karena merasa lebih senior. Atau mengira bahwa atasannya tidak lebih kompeten dari dirinya. Atau mungkin juga ada penyebab lainnya.

Khusus bagi atasan baru, baik yang dipromosi atau yang di rekrut dari perusahaan lain; anak buah bisa saja ‘ngetest’. Kira-kira atasannya ini bisa nggak handle ‘kesulitan’ yang disodorkannya. Cuma ngetes aja. Kalau nggak lulus, dia bakal ngeribetin terus. Tapi kalau lulus, akhirnya dia bakal respek juga.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Dalam banyak situasi, sikap anak buah yang sulit diatur itu muncul karena lemahnya ikatan emosi dengan atasan. Kalau secara emosi mereka tidak terkoneksi, maka sulit untuk bisa saling memahami. Bahkan atasan ‘biasa-biasa’ saja juga bisa jadi luar biasa kalau berhasil membangun hubungan emosi yang bagus dengan anak buahnya.

Jadi, salah satu faktor penting dalam mengatasi anak buah yang susah diatur itu ya membangun hubungan yang lebih baik. Kenyataannya, orang yang ndablek pun nurut kepada orang-orang tertentu. Kenapa? Biasanya karena mereka mempunyai hubungan yang baik satu sama lain.

Bagaimana kalau dengan semua orang lainnya pun dia sulit diatur? Biasanya, itu karena selama ini dia merasa tidak diberi tempat. Misalnya, kalau semua orang memandang sebelah mata kepadanya maka dia juga akan merasa terpojok. Bisa dipahami jika sikapnya demikian. Orang pertama yang memberinya apresiasi bakal memenangkan hatinya.

Sekalipun demikian, ada saja anak buah yang tetep sulit. Meski segala daya upaya sudah dilakukan. Untuk yang seperti ini, maka fokus kita adalah; kinerja. Jika memang sikap dan perilakunya tidak bisa diperbaiki maka, soal kinerja itu tidak boleh kompromi. Namun sebagai atasan, kita tetep mesti mengingatkan bahwa sikapnya itu tentu ada konsekuensinya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Dengan begitu, minimal kerjaan yang harus ditanganinya selesai. Sambil tetap menjadi pengingat terdepan dalam perbaikan sikap dan perilaku yang mesti dia lakukan. Siapa tahu seiring dengan berjalannya waktu, dia bisa berubah menjadi lebih baik. Sehingga dia bisa menjadi seperti anak buah lainnya. Yang kinerjanya baik. Sikap dan perilaku kerjanya juga baik. Bagi kebaikan dirinya juga kan? Juga bagi kebaikan unit yang kita pimpin tentunya.

“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari yang cocok untuk leader level supervisor dan manager. Kalau kantor Anda beromset kurang dari 400 Milyar/tahun, dapatkan special rate untuk training ini. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
HR Development Consultant
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mengadakan training. Saya berikan subsidi berupa SPECIAL RATE untuk program 1 atau 2 hari kalau kantor Anda mau mengadakan training di bulan Ramadhan ini. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar: pinterest.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.