Monday , January 27 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Menejerial Skill

Menejerial Skill

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Performa kerja Anda bagus? Syukurlah. Tapi, perlu dipahami bahwa kinerja bagus sebagai individu tidak menjadi jaminan berkembangnya karir kita dalam posisi menejerial. Khususnya, ketika diserahi tugas memimpin sejumlah orang. Kenapa?

Karena, memimpin diri sendiri supaya bisa berkinerja tinggi itu berbeda jauh dari memimpin orang lain. Banyak malah, orang yang bagus kinerjanya sebagai seorang individual contributor. Tapi begitu memimpin unit kerja; keteteran.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Jadi, jangan berpuas diri dengan prestasi yang Anda raih sendirian. Sebab di level menejerial, bukan kerja soliter yang dibutuhkan. Melainkan kerja rame-rame yang melibatkan banyak orang. Sehingga untuk menjadi menejer, keterampipan mengelola orang itu mutlak diperlukan.

Kemarin, misalnya. Program Pelatihan Leadership yang saya fasilitasi untuk sebuah perusahaan dibuka oleh Direktur Ekspatriat. Beliau bercerita, tentang betapa pentingnya kemampuan memimpin orang lain. Jika Anda ingin punya karir yang bagus.

Itulah sebabnya, beliau berpesan supaya peserta semuanya memanfaatkan momentum event itu untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya. Dia bilang, ada banyak orang yang kerjanya bagus. Tapi karena tidak bisa memimpin orang lain, karirnya tidak berkembang.

Waktu bertugas di Eropa, ada seorang menejer. Orangnya bagus luar biasa. Semua orang tahu reputasinya. Tapi menurutnya, orang itu punya kelemahan yang sangat fatal. Yaitu, dalam hal leadership. Padahal, dia diserahi tugas memimpin banyak orang.

Ketika pekerjaan anak buah yang tidak beres masih bisa ‘ditambal’ oleh kemampuan individualnya, keadaan masih bisa dikendalikan. Tapi ketika tanggungjawabnya semakin banyak, tidak mungkin lagi bisa nambal sana nambal sini. Karena, leaders itu kan membangun kinerjanya melalui orang lain, bukan dengan cara ngerjain segalanya sendirian.

Saya, melihat banyak orang yang menerapkan pola kepemimpinan demikian. Sehingga semakin tinggi jabatannya, semakin riweuh urusannya. Karena, semakin banyak kekurangan anak buah yang ditombokin.

Padahal, kita tahu bahwa semakin hari kompetisi semakin sengit. Dan perusahaan pun semakin menuntut. Sehingga kita, nggak mungkin bisa memimpin suatu unit kerja tanpa ditunjang oleh kemampuan kepemimpinan yang memadai.

Bagaimana nasib menejer di Eropa itu selanjutnya? Beliau bilang, suatu pagi menejer itu dipanggil. Sesampainya di ruang kerjanya, nggak ada basa basi lagi. Dibilangnya;”Ok, this is your last day with the company. We have provided you with taxi bla bla bla…”

Di Indonesia, memang jarang yang sesaklek begitu kalau memberhentikan orang. Tapi efeknya tidak kalah serius juga. Memangnya kalau nggak dihargai oleh anak buah itu enak? Nggak dianggap orang kalau karena orangnya sendiri nggak baik, ya tidak soal. Tapi kalau diremehkan karena kitanya yang tidak kompeten sebagai atasan? Apa enaknya itu jabatan kan?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Jadi, gimana dong Dang?! Latih terus kemampuan kepemimpinan Anda. Banyak baca. Banyak nanya. Banyak mengamati anak buahnya. Banyak bereksperimen dengan mereka. Supaya makin paham Anda dengan mereka. Dan makin paham mereka dengan Anda.

Sehingga, kelak bisa terbangun hubungan mutualistik. Dimana Anda dan mereka merasa bisa saling memberi manfaat. Dan saling menunjang perkembangan karir masing-masing. Good luck.

Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
HR Development Consultant
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari yang cocok untuk leader level supervisor dan manager. Kalau kantor Anda beromset kurang dari 400 Milyar/tahun, dapatkan special rate untuk training ini. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar:slideshare.net

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.