Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Era Perang Hoax

Era Perang Hoax

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Dalam sejarah manusia, pernah ada perang besar tanpa senjata. Namanya perang dingin. Itu dulu. Sekarang, ada jenis perang lain. Perang hoax namanya. Nggak berdarah-darah. Tapi kerusakkan yang ditimbulkannya lebih parah. Akibat bertebarannya dusta dan fitnah.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Sebagian orang memvonis korban hoax itu sebagai manusia tidak cerdas. Bahkan ada pula yang memberi label ‘tidak punya otak’. Dari hoax, orang saling merendahkan. Dan boleh jadi, mengarah kepada keributan.

Saya sendiri tidak tahu, sejak kapan hoax menjadi alat ukur kecerdasan seseorang. Dengan alat ukur ‘terbaru’ itu, saya pun mungkin masuk kategori tidak cerdas. Yang jelas, fenomena yang kita lihat menunjukkan masifnya kerusakan yang ditimbulkan perang hoax.

Di panggung politik, hoax menjadi metode favorit untuk menaikan rating jagoan lewat berbagai klaim kosong dan pencitraan, sekaligus cara efektif mendiskreditkan lawan. Well, hoax mewarnai hampir semua aspek kehidupan. Nyaris nggak ada wilayah tanpa hoax.

Kalau menelaah kitab-kitab berisi nasihat Rasulullah, ternyata memang ada isyarat zaman yang sudah beliau wanti-wantikan. Banyak tanda zaman yang beliau peringatkan, kini menjadi kenyataan. Salah satunya ya perang hoax ini, walau tidak secara eksplisit disebut demikian.

Misalnya, sabda Nabi SAW ini: “Segeralah kalian melakukan amal saleh, sebab akan terjadi fitnah besar bagaikan gelap malam yang sangat gulita….”

Saya, tidak mengidentikkan hoax dengan fitnah. Tapi bahwa hoax merupakan bagian dari fitnah, tidak bisa dibantah. Misalnya, seseorang membuat hoax tentang perbuatan tercela Anda. Karena merasa tidak seperti itu, maka Anda akan bilang; “Itu fitnah!”

Sekarang, fitnah sudah bertebaran dimana-mana. Tapi fitnah hoax, agak beda dari jenis fitnah lainnya. Yang satu ini, efeknya ‘samar’. Nyaris tak terasa. Tapi justru karena tak terasa itulah efek merusaknya bisa lebih parah.

Seperti kodok yang akan segera melompat kabur ketika dicelupkan ke air panas. Tapi kalau direbus dalam air dingin yang dipanaskan perlahan-lahan, dia akan terlena. Hingga berakhir menjadi soup swike.

Sekalipun demikian, hoax hanyalah mata rantai dari serangkaian fitnah akhir zaman. Dengan kata lain, fitnah lain akan terus berdatangan. Dan boleh jadi, yang datang dikemudian hari bobotnya lebih dahsyat lagi.

Soal ini, tidak asing bagi kaum muslimin. Karena Rasulullah SAW bersabda: “Akan datang berbagai fitnah yang sebagiannya lebih ringan dari yang lain (maksudnya fitnah itu ada tingkatannya)…

… Setelah itu datang fitnah lain. Orang-orang mukmin berkata, ‘barangkali fitnah inilah yang akan membinasakan aku’…

… Setelah hilang fitnah tersebut, timbul pula fitnah yang lain. Dan orang mukmin berkata, ‘barangkali fitnah inilah yang akan membinasakan aku’…” demikian sabda Nabi.

Rasulullah menasihati kita agar selalu bersiap menghadapi fitnah demi fitnah yang datang silih berganti. Mengepung kita dari berbagai arah. Lantas, apa yang mesti kita lakukan?

Pertama, sesuai nasihat Nabi: Bersegeralah kalian melakukan amal soleh. Ini yang paling utama dan paling pertama. Maknanya, semakin mendekatkan diri kepada Alloh. Patuhi perintahnya. Jauhi larangannya. Insya Alloh, kita bakal selamat dari fitnah.

Kedua, menjaga diri dan keluarga terdekat kita. Ini bukan egois. Tapi, memang kewajiban kita. Dan sungguh, ini tidaklah mudah. Kisah Nabi Luth dan Nuh menjadi ibroh bagi kita bahwa membawa istri dan anak menuju kepada kebaikan itu sangat berat.

Ketiga, teruslah beramar ma’ruf nahi mungkar. Maknanya, mengajak orang lain untuk sama-sama melakukan kebaikan. Dan mencegah perbuatan buruk. Belum tentu berhasil memang. Tapi, begitulah peran kita sebagai khalifatullah.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Tentunya kita ingin hidup tenteram dan damai. Tetapi, semakin marak dan merajalelanya fitnah hoax ini menunjukkan bahwa isyarat Nabi tentang semakin dekatnya akhir zaman itu benar. Dan boleh jadi, saatnya sudah sangat dekat. Wallohu a’lam….

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
WTS – Writer, Trainer, and Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

GAMBAR: toonpool.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.