Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Berpartisipasi Dalam Transformasi Korporasi

Berpartisipasi Dalam Transformasi Korporasi

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Sejarah industri mencatat beberapa peristiwa keberhasilan proses transformasi di berbagai perusahaan. Di Indonesia sendiri, kita mencatat GIA dan KAI sebagai BUMN yang dinilai sukses melakukan transformasi belum lama ini. Namun, tidak sedikit pula perusahaan yang gagal melakukannya. Lantas, faktor apa yang menentukannya?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Untuk memahaminya, kita perlu kembali mengingat bahwa ada 2 jenis transformasi korporasi. Pertama, Leader Driven Transformation. Yaitu proses transformasi yang dimotori oleh pimpinan perusahaan. Jadi sifatnya top-down. Gagasan dari pimpinan puncak, diinstruksikan kepada seluruh karyawan.

Untuk bisa begitu, maka sang leader harus mempunyai 2 kualitas. Satu, strong. Dan dua, legitimate. Harus kuat, dan harus punya mandat. Kuat, merujuk kepada kredibilitas, kapabilitas, dan daya kelola anak buah. Sedangkan legitimasi merujuk kepada mandat yang dipegang oleh sang pimpinan puncak dari pemilik perusahaan.

Transformasi jenis ini rawan berhenti ditengah jalan. Karena, proses itu bergantung pada satu-satunya figur. Sang pimpinan. Faktanya, ada yang konsisten hingga berhasil melakukan perubahan.

Namun, sebagian besar lainnya hanya sekedar gebrakan ‘newbie’, yang hangat-hangat telur ayam pada awalnya. Lantas, melempem tak lama kemudian. Lalu, budaya, perilaku dan cara kerja perusahaan kembali kepada pola lama.

Ada banyak pula kejadian perusahaan yang nyaris berhasil melakukan transformasi, gagal hanya karena sang pimpinan puncak mendapatkan tugas baru dari share holdernya. Meninggalkan perusahaan ditengah berlangsungnya proses transformasi beresiko timbulnya kegagalan.

Jenis kedua, People Driven Transformation. Yang ini, bersifat bottom-up. Orang-orang yang bekerja disana memiliki gagasan untuk melakukan transformasi, dan gagasan itu di buy-in oleh menejemen. Ini jenis transformasi yang spiritnya dibangun secara kolektif. Dan inilah, jenis transformasi yang tingkat partisipasi karyawannya sangat tinggi.

Nasib proses tranaformasi ini tidak seluruhnya ada di satu orang. Ibarat telur, tidak diletakkan dalam satu keranjang. Bahkan sekalipun pimpinan puncaknya pergi, prosesnya berjalan terus.

Memang, lebih mudah melakukan transformasi jenis pertama. Asal sang pimpinan punya kemauan, bisa diinstruksikan. Sedangkan jenis kedua, hanya bisa dilakukan jika terlebih fahulu membangun manusia-manusianya.

Makanya, jika perusahaan kedatangan pimpinan puncak yang baru. Biasanya suka ada gebrakan. Ada istilah; ganti boss, ganti kebijakan. Karena sifat dari pendatang baru kan memang mudah melihat berbagai hal yang membutuhkan perubahan.

Tetapi, sebenarnya transformasi tidak harus menunggu kedatangan boss baru. Anda, bisa melakukannya juga. Walaupun tidak di level korporasi. Cukup di level unit kerja yang Anda pimpin saja dulu. Mulainya, dari wilayah otoritas Anda. Kelak, transformasi di unit kecil itu bisa menjadi model bagi proses transformasi di tingkat korporasi.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Walau pun di level unit kerja Anda prosesnya berjalan secara leader driven – karena Anda yang menggerakkan anak buah – namun dengan dijadikannya team Anda sebagai model, akan membuka peluang terjadinya people driven transformation di kantor Anda. Dan boleh jadi, team Anda menjadi center of exellencenya.

Angka 17 itu bersejarah sekali kalau di bulan Agustus. Tanggal Indonesia Merdeka. Maka dari itu, di bulan Agustus 2016 ini kami adakan Promo Inhouse Training hanya Rp. 17-jt untuk durasi 1 hari. Manfaatkan promo ini untuk event training karyawan Anda. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari yang cocok untuk leader level supervisor dan manager. Kalau kantor Anda beromset kurang dari 400 Milyar/tahun, dapatkan special rate untuk training ini. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar:cartoonmovement.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.