Wednesday , January 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Disukai Oleh Anak Buah

Disukai Oleh Anak Buah

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Anda pasti punya atasan. Jika atasan Anda itu selalu membuka diri untuk Anda, Anda tentu suka kan. Jika setiap kali Anda membutuhkannya, dia selalu ada untuk Anda. Tidak membuat jarak dengan Anda. Memandang Anda sebagai manusia yang layak dihargai sebagaimana manusia lainnya. Anda suka? Tentu saja.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Maka, kira-kira sifat-sifat seperti itulah yang harus dikembangkan untuk membuat anak buah suka kepada atasannya. Saya paham jika sebagian dari kita masih ada yang alergi dengan soal ‘like’ and ‘dislike’. Tapi dalam konteks ini, ‘being liked’ merupakan salah satu faktor penting dan menentukan efektivitas sebuah kepemimpinan. Begitulah faktanya.

Saya tidak mengatakan bahwa orang tidak akan berhasil memimpin jika tidak disukai anak buahnya. Karena memang, memimpin itu bukan untuk menyenangkan semua orang. Bakal ada saja yang tidak suka.Tapi. Kepemimpinan itu makin efektif, jika kita bisa menjadi pemimpin yang disukai oleh anak buah.

Lantas, bagaimana caranya supaya bisa menjadi pemimpin yang disukai oleh anak buahnya? Silakan lihat kembali dan renungkan paragraf pertama yang Anda baca dari tulisan ini. Bisa sesederhana itu sih sebenarnya. Berkaca kepada perasaan dan harapan diri sendiri sebagai anak buah. Lalu merefleksikannya kepada orang-orang yang Anda pimpin.

Intinya, menjadikan diri kita berguna buat mereka. Ada gunanya nggak sih keberadaan kita buat mereka? Jika adanya kita sebagai pemimpin itu tidak berdampak positif bagi mereka, maka lupakanlah ide untuk menjadi pemimpin yang disukai. Begitu saja kan?

Jadi jelas ya. Untuk disukai itu Anda bukan tidak boleh keras dan tegas. Bukan harus selalu bermuka manis dan lembek pada anak buah. Buruk bahkan pemimpin yang lembek itu. Bukan. Bukan begitu. Pemimpin itu, harus menjadi orang yang berguna buat anak buahnya.

Loh, bukankah justru anak buah yang harus berguna buat mendukung tugas kepemimpinan atasannya? O iya dong. Tapi kalimat itu belum sampai titik. Baru koma. Mesti ditambahin…”Sebaliknya, pemimpin juga harus berguna buat anak buahnya….” Dengan begitu, masing-masing saling memberi manfaat satu sama lain.

Itulah saat dimana ‘kemitraan’ terbangun. Antara atasan. Dan bawahan. Sehingga proses kerja itu berjalan bukan sekedar anak buah yang mensuppport atasan. Melainkan juga atasan memberi banyak manfaat kepada mereka.

Lantas, bagaimana efeknya terhadap efektivitas kepemimpinan? Weu… banyak banget. Salah satunya, kepatuhan bawahan kepada atasan. Nggak gampang loh membangun kepatuhan anak buah itu. Padahal punya anak buah yang patuh itu… ‘berjuta rasanya’.

Patuh yang saya maksudkan bukanlah seperti kerbau dicucuk hidung. Yang otak dan nuraninya tidak dipakai lagi. Melainkan kepatuhan ala manusia. Yang mendukung penuh kala sepakat. Dan terus memberikan solusi terbaik ketika berseberangan. Lalu berkomitmen untuk mengimplementasikan keputusan akhir yang diambil atasan.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Sikap seperti itu, hanya bisa dibangun melalui jalinan sambung rasa antara atasannya dengan anak buahnya. Dan itu, bisa dimiliki oleh para pemimpin yang disukai oleh anak buahnya. Mereka yang dibenci, nggak usah ngarep deh!

Angka 17 itu bersejarah sekali kalau di bulan Agustus. Tanggal Indonesia Merdeka. Maka dari itu, di bulan Agustus 2016 ini kami adakan Promo Inhouse Training hanya Rp. 17-jt untuk durasi 1 hari. Manfaatkan promo ini untuk event training karyawan Anda. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari yang cocok untuk leader level supervisor dan manager. Kalau kantor Anda beromset kurang dari 400 Milyar/tahun, dapatkan special rate untuk training ini. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar: www.politicalcartoons.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.