Sunday , September 20 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Bekerja Itu Mulia

Bekerja Itu Mulia

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Walaupun kadang ada tidak enaknya. Tetapi bagaimana pun juga, memiliki pekerjaan itu tetap lebih baik. Tanyakan kepada orang yang tidak memilikinya jika Anda belum yakin. Dan, tahukah juga Anda bahwa – selain pendapatan dan manfaat lainnya – bekerja itu mulia dihadapan Alloh ta’ala?

Dalam pengajian tadi malam guru mengaji saya menceritakan betapa Tuhan memandang orang yang bekerja sungguh-sungguh itu mulia. Dalam suatu kesempatan, Rasulullah bertemu dengan seorang sahabat. “Apa yang engkau lakukan untuk menafkahi keluargamu?” Demikian beliau bertanya.

“Saya mencari kayu bakar ya Rasulullah,” jawabnya. Rasulullah lalu memegang tangannya yang kasar dan penuh bekas goresan itu. Kemudian beliau mencium tangan itu. Beliau menegaskan, betapa tangan-tangan yang digunakan untuk bekerja keras itu sungguh tinggi nilainya.

Sekarang kita tidak harus bekerja mencari kayu bakar, memecahkan batu, atau pekerjaan keras lainnya yang membuat tangan kita kapalan. Maka mestinya kita lebih nyaman dalam menjalani pekerjaan ini. Apa lagi AC selalu menyejukkan ruang kerja kita. Kursi empuk menopang bobot tubuh kita. Mestinya, tak ada keluhan yang menghampiri kita.

Sebagian besar dari kita, bahkan bekerja lebih enak dari pada ayah dan ibu kita. Yang orang tuanya petani, misalnya. Tentu sadar bahwa dia, tidak usah lagi berlumur lumpur seperti yang dialami para leluhur. Tak perlu dijemur, dibawar terik matahari. Maka secara keseluruhan, kehidupan kerja kita lebih baik dari generasi sebelum kita.

Lantas, apakah pekerjaan kita lebih mulia dari mereka? Kita. Tidak sedang berlomba, mana pekerjaan paling mulia. Karena setiap usaha kita mencari nafkah buat keluarga, adalah mulia. Apapun bentuk dan jenisnya. Kemuliaan yang Tuhan tebarkan, cukup untuk semua orang. Tentu, syarat dan ketentuan berlaku. Penuhi saja ketentuan itu.

Misalnya. Halalkah jenis pekerjaan kita? Bagaimana bisa mulia nilainya dihadapan Alloh kalau bertolak belakang dengan tuntunanNya kan? Lalu, apakah pekerjaan kita menimbulkan kebaikan bagi orang lain atau membawa petaka? Ingatlah selalu bahwa Tuhan, tidak menghendaki kita berbuat kerusakan.

Saya yakin. Kalau kita bekerja di sektor-sektor ‘normal’, maka pekerjaan kita bakal diridoi Alloh. Jadi, tinggal kita dalami saja pekerjaan ini. Kurangi keluh kesah karena kerja dimanapun, pasti ada sisi tidak enaknya. Lalu, tunaikanlah amanah yang diletakkan di pundak kita. Sehingga upah yang kita terima itu sah. Sesuai dengan akad yang kita sepakati dengan perusahaan atau sang pemberi kerja.

Dengan begitu, insya Alloh. Melalui pekerjaan ini, kita akan mulia dihadapan keluarga. Tetangga. Dan kolega. Dan. Yang lebih penting lagi, mulia dihadapan Tuhan yang maha menyaksikan. Selamat berkarya teman-teman. Selamat meraih nafkah. Dan kemuliaan.

Promo September: Hanya Rp. 25jt trainer fee untuk in-house training durasi 2 hari dengan peserta maks +/- 35 orang/batch. Hanya untuk 2 (DUA) Perusahaan saja. Daftar sampai tgl 15 September. Segera hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar:commonsenseleadership.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.