Wednesday , January 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Mencegah Anak Buah Pindah

Mencegah Anak Buah Pindah


Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Punya anak buah yang bagus itu merupakan dambaan setiap atasan. Makanya, banyak atasan yang mengincar staf-staf bagus di departemen lain atau perusahaan lain untuk bergabung dengan teamnya. Boleh jadi, anak buah Anda yang bagus sekarang sedang diincar oleh boss lain. Apa yang Anda lakukan agar dia tidak hengkang?

Menaikkan gaji jelas bukan opsi yang bisa Anda lakukan. Terutama jika Anda bukan pengambil keputusan tertinggi disana. Kabar baiknya adalah; gaji bukanlah faktor utama hengkangnya seseorang. Jika perusahaan sudah menggaji dengan layak, biasanya orang tidak hengkang demi gaji atau iming-iming finansial lainnya.

Ada banyak faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap hengkangnya orang-orang bagus. Namun SATU faktor paling penting adalah; sikap dan perilaku atasan langsungnya. Tidak sedikit loh, orang bagus yang pindah padahal gajinya nggak berubah. Dan fasilitas ditempat baru juga nggak lebih baik dari yang sebelumnya. Tahu kenapa? Atasannya.

Jika punya atasan yang asyik, maka Anda akan loyal kepadanya. Jika atasan Anda memperhatikan masa depan karir Anda, maka Anda akan suka rela bekerja disampingnya. Jika bisa belajar banyak hal dari atasan Anda, maka Anda akan selalu berkomunikasi dengannya. Termasuk soal ditawari posisi lain.

Maka begitu juga yang akan dilakukan oleh anak buah Anda, ketika mereka menilai Anda sebagai atasan yang asyik, yang peduli, yang perhatian, yang bersedia memperjuangkan masa depan karirnya. Mereka, akan loyal pada Anda. Bahkan kalau Anda yang pindah pun mereka bertanya;“Pak saya ikut pindah dong…”

Cara memimpin ternyata, yang menjadi penentu kerekatan atau keretakan hubungan antara atasan dan bawahan itu. Pola kepemimpinan yang bagus akan merekatkannya. Sedangkan keretakan hubungan, hampir bisa dipastikan ada kaitannya dengan pola kepemimpinan yang buruk.

Tidak ada orang yang tidak suka uang. Jadi kalau ditawari gaji lebih tinggi, normalnya bakal mau. Tetapi, tidak semua hal bisa digantikan dengan uang. Suasana kerja yang menyenangkan sebagai buah dari hubungan atasan dan bawahan yang bagus itu misalnya.

Oleh karenanya, walaupun boss lain menawari gaji lebih tinggi. Anak buah Anda bakal memilih untuk tetap bersama Anda. Jika sebagai atasannya, Anda bisa dia andalkan. Untuk menjadi pemimpin yang menyayomi. Peduli. Dan layak dikagumi. Dia akan memilih untuk tetap bersama Anda. Walaupun sering digoda untuk pindah tempat kerja.

Inhouse Training “Leadership in Practice”, hanya Rp. 25jt durasi 2 hari berlaku selama September 2016. Cocok untuk level supervisor dan menejer dikantor Anda. Hanya untuk 2 (DUA) Perusahaan saja. Daftar sampai tgl 15 September. Segera hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari untuk supervisor dan manager. Di kelas ini, banyak sekali dilakukan praktek dan role play. Peserta didorong untuk mengajukan kasus-kasus kepemimpinan yang dihadapinya dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kasus-kasus aktual itu kemudian dibahas, dicarikan solusinya dan dipraktekkan melalui role play bersama trainernya. Dengan demikian, isi training ini RELEVAN dengan kondisi aktual yang dihadapi peserta. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Gambar:linkedin.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.