Tuesday , March 26 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Cara Memarahi Anak Buah

Cara Memarahi Anak Buah

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Sebenarnya bolehkah atasan memarahi anak buahnya? Sebaiknya ya tidaklah. Tetapi, ada kalanya perlu begitu. Dalam kondisi khusus saja. Bukan dalam keseharian kepemimpinan kita.

Sayangnya, kok ada ya atasan yang – kayaknya – penasaran banget kalau hari itu belum marahin anak buahnya. Semoga Anda tidak termasuk yang begitu. Sebab, bisa jadi itu menunjukkan adanya masalah kejiwaan loh.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Saya tidak akan membahas aspek kejiwaannya. Cukup dari sudut pandang ilmu kepemimpinan saja. Bahwa seseorang menjadi anak buah kita, hanya disebabkan karena secara hirarki dia berada dibawah kita.

Apakah secara martabat kita lebih tinggi dari dia? Yang jelas, kita mengenal konsepsi leader de jure dan leader de facto. Salah satu latar belakang lahirnya konsepsi itu adalah fakta bahwa ada orang yang tidak menduduki jabatan tinggi tapi sangat dihormati, dipatuhi dan diikuti oleh para karyawan.

Dia bukan atasan. Tapi orang-orang lebih suka datang kepadanya daripada kepada atasannya. Kenapa? Antara lain karena atasannya sendiri suka marah-marah yang nggak jelas gitu.

Bukan tidak boleh marah. Tapi pertama, mesti proporsional. Jangan setiap ketidakpuasan pada anak buah diekspresikan dalam bentuk marah. Toh anak buah kita juga nggak selalu puas terhadap kualitas kepemimpinan kita kan?

Kedua, lihat-lihat tempatlah kalau mau marahin anak buah. Jangan marahin anak buah didepan orang yang tidak perlu tahu soal itu. Didepan pelanggan misalnya. Nggak pantes banget.

Saya pernah menyaksikan atasan yang memarahi anak buahnya didepan para pelanggannya. Ketika saya mendapatkan pelayanan darinya, saya bertanya;”kenapa dia marah-marah Mas?”

Lucu juga jawabannya. Dia bilang;”Ah emang dia itu orangnya begitu pak. Kerjaannya marah-marah melulu….”

Bayangkan. Betapa hancurnya kresibilitas seorang atasan yang suka marah-marah tidak pada tempatnya. Dikiranya dia kuasa. Padahal dimata anak buahnya, sama sekali tidak punya wibawa.

Jadi. Gimana caranya marah sama anak buah? Cara pertama dan kedua sudah dibahas. Ketiga, dipikir dulu. Apa masalahnya bakal selesai dengan marah? Pikiiiir beberapa kali. Nanti udah nggak mood lagi buat marah.

BAH! INI AKU HARUS MARRAH! Kalau memang harus, ya marah saja. Tapi Keempat, marahlah pada perilaku kerjanya. Jangan merendahkan pribadinya. Contoh. Kalau marah karena laporan telat, fokuslah pada laporan yang telat itu. Jangan singgung soal pribadi orang itu.

Dengan begitu, kalau pun marah; kita tidak membuat harga diri anak buah jadi rendah. Dan, kita juga tidak merusak kredibilitas diri sendiri dihadapan mereka.

Banyak atasan yang nggak bisa marah. Lalu dia diremehkan anak buah. Banyak juga atasan yang diremehkan karena kerjanya cuman marah-marah.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ada pula atasan yang bisa marah. Tapi karena cara marahnya pas, efek dari marahnya jadi positif. Baik bagi kedisiplinan dan perkembangan anak buahnya. Maupun bagi kredibilitas dan kualitas kepemimpinannya. Anda, termasuk atasan yang seperti apa?

Karena berbagai keterbatasan maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
“Leadership In Practice” adalah program training 2 hari untuk supervisor dan manager. Di kelas ini, banyak sekali dilakukan praktek dan role play. Peserta didorong untuk mengajukan kasus-kasus kepemimpinan yang dihadapinya dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kasus-kasus aktual itu kemudian dibahas, dicarikan solusinya dan dipraktekkan melalui role play bersama trainernya. Dengan demikian, isi training ini RELEVAN dengan kondisi aktual yang dihadapi peserta. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:worldartsme.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.