Sunday , September 20 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Membangun Team Berkinerja Tinggi

Membangun Team Berkinerja Tinggi


Team yang berkinerja tinggi merupakan dambaan semua perusahaan. Setiap atasan, dituntut mampu membawa teamnya untuk menghasilkan kinerja tinggi. Tapi. Itu tidak mudah.

Boleh dibilang, hanya sedikit pemimpin yang berhasil. Selebihnya, hanya menjadi pemimpin biasa-biasa saja. Yang terbelenggu tugas-tugas rutin dan keadministrasian.

Bahkan tak jarang yang meragukan bahwa benar kita bisa membangun team yang berkinerja tinggi. Diajak kerja bener aja susah. Bagaimana pula mengajak anak buah menghasilkan kinerja diatas rata-rata?

Saya akan ceritakan kepada Anda sebuah contoh nyata. Bahwa gagasan membangun team yang berkinerja tinggi itu bukan utopia.

Beberapa hari lalu, saya menikmati dinner dengan seorang GM di sebuah PLTU. Setelah sebelumnya saya memfasilitasi training selama 4 hari untuk para karyawannya. Disela-sela makan, laporan, dan obrolan itu; kami kemudian bercerita tentang kehidupan profesional masing-masing.

Beliau antara lain bercerita tentang keberhasilannya dalam memperpendek masa overhaull. Tidak tanggung-tangung. Dari 50 hari kerja. Menjadi 27 hari. Buat saya. Itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat mengagumkan.

Secara konsepsi, mudah. Anda yang mempelajari business process improvement methodologies pasti paham apa yang saya maksudkan. Gampang kok. Dalam ranah konsepsi. Tapi. Dalam tataran implementasi, kita suka kedodoran.

“Bagaimana Bapak melakukannya?” Demikian saya bertanya. Diskusi seperti ini sangat menarik hati saya. Karena dinner menjadi lebih dari sekedar rasa lezat di lidah dan kenyang di perut. Melainkan momen memanen ilmu yang melimpah ruah.

“Setiap hari. Saya pulang paling belakangan. Dan datang ke kantor paling pagi,” demikian katanya. Ah, tidak istimewa. Anda juga kalau bekerja seperti itu ya? Kalau belum, hmmh…

“Lalu saya siapkan arahan dan sasaran kerja anak buah saya untuk hari itu…” lanjutnya. Nah. Anda begitu juga tidak? Untuk hal yang satu ini, tidak banyak leader yang melakukannya.

“Kemudian saya monitor pelaksanaannya.” Katanya. “Saya awasi ketat sekali,” lanjutnya. Kontrol atau pengawasan merupakan salah satu fungsi fundamental dalam kepemimpinan. Tapi kita tahu bahwa, banyak yang tidak melakukannya…

“Saya lakukan itu terus menerus setiap hari,” tambahnya. Kita memang sudah melakukan pekerjaan dan tugas sebagai pimpinan dengan baik. Tapi. Sering tidak konsisten.

“Sampai suatu hari,” tambahnya. Anak buah saya bilang ‘Lho, kok sudah selesai ya’. Padahal baru 27 hari. Padahal, biasanya kami selesaikan dalam waktu 50 hari.”

Sejak saat itu, pencapaian mereka menjadi standar baru bagi perusahaan.

Perhatikan bagaimana seorang true leader menjadikan teamnya unit kerja berkinerja tinggi.

Setelah saya cermati, ketemulah 5 kualitas langka berikut ini:

Pertama, disiplin diri. Bukan anak buah yang paling duluan harus didisiplinkan. Kita dulu sebagai atasannya. Disiplin kita bagus. Anak buah kita mengikutinya.

Kedua. Membuat peta arahan yang jelas buat anak buahnya. Pekerja, pada umumnya hanya menjalankan apa yang ditugaskan kepada mereka. Nggak mikir komprehensif. Pokoknya kerjakan saja. Selesai. Kitalah yang mesti membangun konstruksi besarnya. Anak buah kita mengerjakan bagiannya.

Ketiga. Memonitor proses dan dampaknya dari waktu ke waktu. Atasan kan bukan petugas di garis start dan garis finish. Kita ini, bertugas di sepanjang lintasannya. Jadi kita paham bagaimana prosesnya. Apa yang terjadi didalamnya. Bagaimana mengatasi permasalahannya. Langkah demi langkah. Hingga mencapa garis akhir.

Keempat. Konsisten. Berapa banyak sih proyek yang berhenti di tengah jalan? Nggak usah nunjuk hidung pemerintah. Di kantor Anda saja. Kinerja tinggi dihasilkan dari konsistensi yang dimulai pemimpinnya.

Kelima. Mengapresiasi anak buah. Orang tak bakal bekerja dengan baik jika tidak merasakan apresiasi atasan. Team yang berkinerja tinggi dibangun oleh orang-orang yang merasa dihargai.

Sebagai seorang leader sudahkah Anda miliki ke-5 kualitas langka itu?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:RRGwrites – WordPress

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.