Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Seberapa Siapkah Kita Dengan MEA?

Seberapa Siapkah Kita Dengan MEA?


Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Hari sabtu pekan lalu saya memfasilitasi training leadership untuk para Kepala Seksi disebuah perusahaan manufacturing di kawasan MM2100 Cikarang. Fokus programnya adalah untuk menyiapkan mereka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tidak banyak perusahaan yang memikirkan MEA. Dan menyiapkan para leadernya untuk menghadapi kesepakatan yang sudah diberlakukan secara efektif pada tanggal 1 Januari 2016 itu. Padahal, efeknya bisa langsung berkaitan dengan masa depan bahkan nasib bisnis mereka.

Memangnya seberapa besar efek dari MEA pada industri di Indonesia? Hmmmh… bisa sangat serius. Mengapa? Karena salah satu pilar penting dalam penerapan MEA adalah; menjadikan “ASEAN as a single market and production base” bisa menjadi peluang sekaligus ancaman bagi industri Indonesia.

Kapan pilar itu bisa menjadi peluang? Ketika perusahaan kita secara sadar dan terencana merancang strategi dan membangun kapasitas sumberdaya manusianya untuk mengambil manfaat dari penerapan MEA.

Lalu, kapan pilar itu menjadi ancaman? Ketika perusahaan-perusahaan kita lengah. Terjebak dalam rutinitasnya seperti sebelum berlakunya kesepakatan ini. Tidak memikirkan dampak MEA bagi kelangsungan hidup perusahaannya.

Pertanyaannya adalah; di Indonesia, lebih banyak perusahaan yang sudah mengambil langkah nyata menghadapi MEA itu? Ataukah masih sibuk dengan rutinitas bisnis as usualnya?

Buat Anda. Gampang saja menjawabnya. Cukup di cek. Apakah perusahaan tempat Anda bekerja sekarang punya perhatian serius terhadap MEA atau tidak? Kalau ya. Sejauh mana usaha menejemen untuk merancang strategi dan membangun kapasitas SDM disana? Silakan dijawab dengan sejujurnya.

Bagi saya. Sangat mengkhawatirkan. Satu, karena saya tidak mendengar gencar dan intensifnya pemerintah kita dalam memandu industri dalam negeri untuk bertarung di era MEA. Ada sih. Tapi suaranya, sayup-sayup sampai. Hingga nyaris tak ter…..ngar.

Kedua. Sangat sedikit perusahaan yang – dalam pengamatan saya – memiliki program pengembangan yang nyata bagi para karyawannya untuk minimal ‘aware’ dengan dinamika pasar pasca implementasi MEA dan apa yang mesti mereka siapkan untuk menghadapinya.

Klien saya itu, mungkin hanya 1 dari sangat sedikit perusahaan yang menaruh perhatian serius pada MEA. Padahal, kita sudah cukup sering mendengar bagaimana produk-produk dari luar menyerbu negara kita.

Di kelas training kemarin, saya tidak menceramahi peserta. Alih-alih saya mengajak mereka untuk memainkan sebuah simulasi bagaimana MEA berlangsung. Dan melihat, konsekuensinya bagi bangsa dan industri di Indonesia.

Saya hanya menyediakan data. Selanjutnya peserta sendiri yang bertindak sesuai dengan perannya masing-masing. Masya Alloh. Fenomena yang dihasilkan dari simulasi itu layak menjadi bahan renungan. Dari sinilah kemudian muncul awareness. Kesadaran.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dan dari kesadaran itu, semoga bermekaran gagasan, kegigihan, kesiapan, dan kesungguhan untuk menyiapkan diri sendiri. Orang-orang yang dipimpinnya. Dan perusahaan tempat kerjanya. Serta dalam konteks yang lebih besar: Indonesia tercinta. Agar bisa berjaya. Di era MEA.

Tapi. Bagaimana pun juga. Ini adalah proyek kolektif. Bukan kerja sporadis individu atau kelompok. Kita mesti kompak. Untuk sama-sama membangun kesadaran. Dan kesiapan ini. Mari kita mainkan peran masing-masing. Anda berkenan?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:linkedin

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.