Thursday , October 1 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Benalu Dalam Team

Benalu Dalam Team


Bekerja dalam team itu bisa sangat menyenangkan. Khususnya bagi orang yang senang bersosialisasi. Bagaimana pun juga, bekerja bersama team lebih asyik daripada sendirian.

Tetapi. Bekerja dalam team juga bisa menjadi sumber sakit hati. Khususnya ketika ada anggota team lain yang menjadi benalu. Bukannya menjadi penambah daya. Malah menjadi beban buat anggota team lainnya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu bagaimana mengatasinya? Atasan dan bawahan harus kompak bersama-sama mengambil sikap. Kalau tidak, maka dia akan memanfaatkan ‘keberpihakkan’ salah satu pihak untuk melemahkan pihak lainnya.

Contoh. Kalau hanya sesama anggota team yang menuntutnya bekerja dengan baik, maka dia akan berkilah; “Atasan gue juga nggak usil seperti elo. Berarti kinerja gue baik-baik aja dong!”

Sebaliknya. Kalau hanya atasannya yang menuntut perbaikan kinerja maka sifat benalu – khususnya yang merasa lebih senior atau ogah mengakui legitimasi kepemimpinan atasannya bakal juga berkilah; “Kan kinerja team baik-baik saja. Berarti peran saya selama ini cukup dong…”

Namanya juga benalu. Fokusnya memang cari enak bagi diri sendiri. Oleh karena itu, penanganan orang bertipe benalu seperti ini perlu dilakukan dari 2 sisi. Pertama, dari sisi atasannya. Kedua dari sisi kolega sesama anggota teamnya.

Penanganan dari sisi atasan. Jangan memberi penugasan secara umum. Karena sebagai benalu, dia akan mengambil porsi pekerjaan yang paling ringan. Berikan penugasan spesifik tentang item-item yang harus dia selesaikan. Kita tahu bahwa bahkan dalam team pun, item pekerjaan diselesaikan secara individu.

Penugasan spesifik itu sebaiknya tidak hanya diberikan kepada si benalu. Melainkan juga kepada anggota team lain yang bekerja bersamanya. Lalu monitor hasil kerja mereka. Pampangkan secara transparan di ‘Performance Board’ alias ‘Papan Kinerja’ yang bisa dibaca semua orang.

Selain cukup efektif untuk transparansi kinerja individu, hal itu juga bisa menjadi dasar penilaian secara objektif. Bukan hanya buat si benalu. Juga buat anggota team yang lainnya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Penanganan dari sisi anggota team. Karena artikel ini untuk para leader. Maka penanganan dari sisi kolega anggota team Insya Alloh akan kita bahas dalam kolom P=Personalism. Supaya nanti bisa Anda gunakan juga untuk menambah wawasan anggota team Anda.

Sementara ini, silakan terapkan saran penanganan dari sisi atasan sebagaimana kita bahas diatas.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:galau cerdas

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.