Wednesday , January 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Supporting Your Boss

Supporting Your Boss

Let’s talk about Supporting Your Boss, a.k.a. SYB. Eh, kebalik ya. Harusnya atasan yang mendukung anak buah. Bukan sebaliknya. Kalau bicara tentang leadership role, memang atasan yang harus support anak buah. Tapi kalau bicara soal pengembangan karir, maka kitalah yang harus mensupport atasan.

Coba Anda perhatikan, orang-orang yang sukses dalam karirnya biasanya adalah supporter tangguh buat atasannya. Maka karir kita pun bisa cemerlang kalau bisa menjadi andalan atasan kan?

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu bentuk SYB itu seperti apa? Kinerja tinggi, jelas. Karena kinerja anak buah itu menentukan kinerja atasan kan. Maka tentu, kriteria pertama SYB itu is; to contribute to his or her performance. Kita sudah tahulah itu.

Tapi kinerja, bukanlah satu-satunya faktor keunggulan kita. Khususnya ketika kolega yang lainnya juga ‘sedang’ bagus pula. Boss kita, membutuhkan lebih dari angka-angka. Maka sampailah kita pada kriteria kedua SYB, yaitu; be pro active. Jadilah orang yang pro aktif atau memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu tanpa nunggu disuruh dulu.

Atasan kita itu punya banyak tugas yang harus diselesaikan. Sebagian besar tugas yang bersifat teknis sudah dibagi-bagikan kepada anak buahnya. Antara lain ya pekerjaan kita itu. Sedang tugas strategisnya biasanya nggak diserahin kepada anak buah. Nah. Disinilah peluang untuk berkembang lebih cepat dari kolega lain terletak.

Perhatikanlah bahwa kebanyakan karyawan sibuk dengan pekerjaan teknisnya saja. Sebagian besar dari mereka terjebak rutinitas. Sebagian lagi struggle dengan performance yang tidak sesuai target. Dan sebagian lainnya berlaga seolah terlalu sibuk sehingga tidak mungkin lagi mengerjakan hal lain selain jobdescnya.

Being pro active means, menyelesaikan pekerjaan teknis rutin dengan lebih cepat dan akurat. Lalu, waktu dan energi yang masih tersedia digunakan untuk… Perhatikan ini: Untuk datang kepada atasan lalu… Perhatikan ini: Lalu menawarkan diri untuk membantunya menyelesaikan tugas yang lebih besar. Lebih penting. Dan lebih strategis.

Iku jenenge pro active mas. Lha tapi kan gaji kita ndak otomatis naik. Yo opo iki kok musti ngerjain lebih banyak lagi?

Nah, itulah mangkanya tadi dibilang ‘… orang-orang yang sukses dalam karirnya biasanya adalah supporter tangguh buat atasannya.’ Jadi semakin banyak support yang bisa diberikannya, maka semakin banyak ilmu, pengalaman, dan peluang yang didapatkannya.

Kok bisa begitu? Ya bisa dong. Mau pake apa di jelasinnya? Pake perasaan? Boleh. Perhatikanlah. Orang yang mendapatkan kebaikan dari orang lain, cenderung ingin membalas kebaikan yang diterimanya kan? Kalau Anda selalu menawarkan bantuan untuk meringankan pekerjaan atasan, maka atasan Anda cenderung memperlakukan Anda lebih baik daripada anak buah lainnya yang males, cuek, dan hitung-hitungan.

Pake logika? Bisa juga. Ingat pepatan ‘Alah bisa, karena biasa’? Kalau kita biasa mengerjakan sesuatu. Maka kita akan menjadi mahir melakukannya. Betul kan? Jadi jika Anda terbiasa menangani tugas-tugas yang lebih besar dari tugas rutin Anda. Maka Anda, bakal dengan sendirinya lebih terampil dibandingkan dengan kolega Anda lainnya yang menghindari pekerjaan itu. Logis kan? Iya.

Lalu apa dampaknya pada perkembangan karir Anda? Baiklah. Mari kita teliti. Pekerjaan dan tugas pokok Anda bisa diselesaikan dengan baik. Plus, Anda menunjukkan kesediaan untuk membantu atasan menyelesaikan tugasnya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Plus lagi, Anda berkesempatan untuk ‘belajar’ menangani tugas yang lebih besar sehingga pengalaman Anda, kemampuan Anda, dan ‘kedekatan’ Anda dengan pengambil keputusan lebih baik daripada kolega Anda lainnya. Bukankah peluang karir Anda lebih baik dari orang lain? Iya. Then do it. Now.

N.B: Anda berhak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Anda loh. Maka Anda boleh mengusulkan kepada atasan, agar mengadakan training untuk Anda dan teman-teman Anda. Pilih trainer yang cocok menurut Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:theteamcoachingzone

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.