Tuesday , September 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Amplop Yang Ada Isinya

Amplop Yang Ada Isinya


Memberi dan menerima amplop merupakan budaya yang menyenangkan. Tengok misalnya pada saat lebaran, atau kondangan. Suasana jadi makin seru, kalau ada amplop yang dipindahtangankan. Tapi. Apa sih yang Anda sukai dari sebuah amplop? Isinya. Pasti. Anda tidak akan mau menerima amplop kosongan kan?

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika nilai sebuah amplop ditentukan oleh isinya. Maka nilai seorang manusia juga demikian. Dalam konteks profesionalitas, isi itu bisa berupa pengetahuan maupun kemampuan kerja. Amplop mungkin memang penting. Tapi isinya, jaaauh lebih penting. Penampilan mungkin memang penting. Tapi pengetahuan dan kemampuan kerja, jauh lebih penting lagi.

Ijazah adalah amplop. Seseorang boleh membangga-banggakan ijazah dari perguruan tinggi top. Tapi kalau nggak bisa diandalkan dalam pekerjaan, ya nggak ada gunanya ijazah itu.

Jabatan juga amplop. Seseorang kan bisa saja menduduki jabatan yang tinggi. Bangga kalau tukeran kartu nama. Tapi kalau orang itu nggak ada isinya, oleh anak buahnya pun dia diremehkan. Nggak dianggap bahkan.

Menurut pendapat Anda, mengapa banyak atasan yang tidak mampu memimpin anak buahnya? Antara lain karena amplopnya yang berwujud jabatan itu tidak diimbangi dengan ‘isi’ berupa hard skills dan soft skills yang menjadikannya layak menduduki jabatan itu.

Makanya. Sebelum kebelet kepengen banget naik jabatan, kita mesti terlebih dahulu mengumpulkan ‘isinya’. Jangan kebalik. Dapat jabatannya dulu tapi kompetensi belum dimiliki. Harusnya, miliki dulu kompetensinya. Baru duduki kursinya.

Loh, seorang pemimpin juga kan harus berkembang Dang. Nggak mesti nunggu sempurna dulu? Boleh dong naik jabatan dulu. Terus meningkatkan lagi kompetensinya.

Yang ngomongin soal kesempurnaan siapa? Memiliki kompetensi yang memadai itu tidak berarti harus sempurna. Tapi standar minimalnya harus sudah terpenuhi.

Konkritnya gimana? Itu orang-orang muda yang belum punya anak buah. Jangan nunggu jadi atasan dulu baru belajar memimpin orang. Latihlah sekarang. Misalnya, banyak-banyak terlibat dalam beragam interdepartmental activities. Nanti kita makin kaya pengalaman berurusan dengan orang.

Ada kalanya Anda bilang; “Ambil saja amplopnya. Buat saya isinya saja!” Ini makin menguatkan bahwa tidak peduli ijazah kita dari mana, jabatan kita apa. Kalau isi profesional kita bagus; maka kita bakal kepake terus.

Ada kalanya pula Anda bilang;”Nggak usah pake amploplah. Kan sama saudara dan teman dekat ini…” Ini gambaran bahwa dalam suasana non formal, bahkan penampilan itu hampir tidak berarti. Jabatan, titel, ijazah, tampang. Nyaris tak penting. Contohnya dalam pekerjaan yang tidak harus ketemu external customer. Bisnis start up, rata-rata begitu.

Tapi Anda nggak bakal berani ngasih isinya doang tanpa amplop di kondangan orang penting kan? Pasti Anda pakai amplop. Apa lagi kalau isinya sedikit. Uppss…

Artinya, ada situasi-situasi tertentu yang amplop itu mau tidak mau harus ada. Misalnya pada pekerjaan yang menuntut interaksi langsung dengan external customer. Terampil tapi dekil, misalnya. Agak mengganjal dihati customer. Cekatan dan terawat dia punya penampilan. Wooo… keren.

Jabatan juga sama. Amplop. Tapi. Penting. Enak pula ya kan. Makanya. Ketika kita bicara soal ini, bukan berarti boleh mengabaikan amplopnya. Kejar dua-duanya. Tapi isinya harus dipastikan. Ada. Sampai memenuhi standard minimal yang dibutuhkan.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dengan demikian. Kita bisa mendapatkan penerimaan dari orang lain. Welcome mereka kepada kita. Bukan karena label, simbol, atau penampakan. Melainkan respek yang lahir dari sebuah pengakuan bahwa kita; layak menerima kepercayaan yang perusahaan berikan. Eta teh namina ‘Amplop Yang Ada Isinya’. Simple kan?

N.B: Anda berhak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Anda loh. Maka Anda boleh mengusulkan kepada atasan, agar mengadakan training untuk Anda dan teman-teman Anda. Pilih trainer yang cocok menurut Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:kaskus

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.