Tuesday , September 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Tak Cukup Sekedar Terampil

Tak Cukup Sekedar Terampil

Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah video tentang seseorang yang memainkan piano. Indah sekali permainannya. Sampai orang pada berkerumun menyaksikannya. Namun. Ada satu hal yang membuat saya tertegun. Pemain piano hebat itu adalah seorang gelandangan.

Saya tidak mengasihani orang itu. Mungkin dia tidak butuh belas kasihan. Beberapa sen sumbangan dari orang yang melintas di trotoar itu pun sudah membuatnya senang kelihatannya. Saya. Justru mengasihani diri saya sendiri.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jangan-jangan. Saya seperti orang itu. Sudah dianugerahi Ilahi dengan talenta yang tinggi. Tapi tidak mampu mendayagunakannya sehingga talenta itu hanya menjadi hiasan yang tidak banyak menolong hidup saya. Dengan semua pencapaian saya hari ini, benarkah sudah saya dayagunakan potensi diri dan kesempatan yang saya miliki?

Demikian saya bertanya pada diri sendiri. Dan rasanya. Sepi. Kalau hanya merenunkannya seorang diri. Maka sekarang saya mengajukan pertanyaan yang sama kepada Anda. Dengan potensi diri dan kesempatan yang Anda miliki; bukankah pencapaian Anda harusnya sudah jauh melampaui apa yang Anda raih hari ini?

Saya sungguh tidak tahu jawabannya. Mungkin tak seorang pun tahu itu. Bukan karena terlalu sulit untuk menjelaskannya dengan kata-kata. Melainkan karena realitas itu bukanlah jargon. Sehingga frase ‘Anda pasti bisa!’, tidak lagi cocok untuk dijadikan kunci jawaban.

Kurang optimalnya raihan pencapain kita hari ini, boleh jadi merupakan buah dari terlalu banyaknya kita menelan kata-kata mutiara. Padahal, realitas lahir lebih banyak dari tindakan. Bukan perkataan.

Pemain piano hebat itu misalnya. Betapa banyak komentar orang ditujukan kepadanya. ‘AMAZING’. ‘WONDERFUL’. Atau ‘Why don’t he play for an orchestra…?’

Saya tersadar bahwa. Kata-kata itu tidak akan mampu mengubah keadaan sang pianis. Seperti halnya juga kata-kata tidak bisa mengubah kehidupan kita. Bukan berarti kata-kata tidak penting. Tapi kata-katanya, secukupnya saja. Selebihnya, berkaryanya.

Faktanya, kata-kata yang terlalu banyaklah yang membuat kita terkungkung berjuta alasan. Kata-katalah yang membuat kita berdebat. Dan kata-katalah yang membikin kita berhenti dari apa yang kita kerjakan.

Dulu kita mengira bahwa jika kita menjadi ahli pada bidang kita. Maka kita akan sukses dengan sendirinya. Setelah menyimak video tentang pianis itu, semakin nyata bahwa padangan lama kita tidak seutuhnya benar.

Bahkan di kantor kita. Banyaaak sekali kolega yang serba bisa. Banyak pula teman yang berpengalaman. Terampil. Cekatan. Nyaris tiada tandingan. Namun karir mereka tidak berkembang. Emh. Maaf. Maksud saya, namun karir kita tidak berkembang.

Jadi ternyata. Setelah memiliki keterampilan yang tinggi. Ada hal lain yang kita butuhkan. Lalu saya bertanya lagi, apa yang kita butuhkan lagi itu? Mungkin jawabanya bukan hanya satu. Namun yang jelas, ada satu pesan yang ditunjukkan oleh pianis hebat itu. CARA KITA MENJALANI HIDUP.

Ya. Cara pianis itu menjalani hidupnya ikut menentukan pencapaian hidup yang diraihnya. Cara hidup bagian mana yang harus diperbaikinya? Saya tidak tahu. Karena saya tidak paham bagaimana selama ini dia menjalani hidup.

Lalu cara hidup bagian mana yang harus Anda perbaiki supaya bisa meraih pencapain yang lebih tinggi? Saya juga tidak tahu karena tidak ada orang yang lebih paham tentang Anda selain diri Anda sendiri.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Saya. Hanya bisa melihat. Ada banyak cara hidup saya yang masih harus diperbaiki. Dan kalau kita sama-sama mengoreksi diri. Mungkin prosesnya bisa lebih asyik daripada melakukannya seorang diri. You do it there. I do mine here. So let’s start it. Now.

N.B: Anda berhak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Anda loh. Maka Anda boleh mengusulkan kepada atasan, agar mengadakan training untuk Anda dan teman-teman Anda. Pilih trainer yang cocok menurut Anda..

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:cliparts.co

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.