Tuesday , September 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Memilih Dinamika Karir

Memilih Dinamika Karir

Setiap jenis pekerjaan itu memiliki karakter masing-masing. Ada yang sifatnya monoton. Ada juga yang dinamis. Bekerja di pabrik dengan SOP yang ketat, beda sekali dengan pekerjaan lapangan tertentu, misalnya. Tapi ternyata, bukan sifat pekerjaannya saja loh yang beda. Dinamika perkembangan karir pun berbeda.

Ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang memungkinkan karir kita ‘bergerak’ secara dinamis. Ada juga yang cenderung begituuuu aja terus. Coba perhatikan teman-teman kuliahan kita. Ada yang karirnya pesat. Dan ada juga yang kayak sifut. Perasaan dari dulu disitu aja. Bergeser pun cuman sedikit.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Sekarang. Coba perhatikan. Jenis pekerjaan Anda. Memungkinkan untuk pengembangan karir secara dimanis nggak? Gampang saja cirinya. Orang-orang yang bekerja di bidang itu punya kesempatan untuk belajar ini dan itu.

Ingat loh, ‘belajar’ ini itu. Bukan ‘naik ke level’ itu dan ini. Kenapa? Karena perkembangan karir kita bukan hanya diukur hari jenjang jabatan. Melainkan bertambahnya kapasitas profesional kita.

Lihatnya, juga bukan hanya orang di kantor kita. Tapi orang di kantor lain pada bidang yang sama dengan kita. Kalau orang di bidang itu banyak yang karirnya pada berkembang. Maka, kita nggak boleh ketinggalan. Kan gitu. Pikirkan. Gimaaana caranya supaya kita bisa ikut berkembang.

Iya. Tapi gimana caranya? Salah satu teknik ampuhnya adalah; belajar pada atasan Anda. Bantu dia mengerjakan tugas-tugasnya. Support habis dia. Apapun yang dia butuhkan dalam pekerjaannya, support.

“Hah? Nggak salah tuch? Cape banget kalee… !” Memang cape. Tapi worthed banget. Membantu atasan itu sama dengan belajar menjadi atasan. Membantu atasan berarti ‘memupuk pengalaman’. Membantu atasan berarti menaikkan kualitas profesional kita hingga di level atasan. Kalau di kantor ada peluang, siapa yang bakal dikasih kepercayaan? Tenggelamkan! Eh. Lakukan.

Lalu, bagaimana jika bidang profesi Anda ternyata bukan dari jenis ‘fast moving’. Monoton. Lamban. Membosankan. ‘Semua’ orang di bidang itu di ‘semua’ perusahaan pada begitu. Gimana?

Coba perhatikan kata ‘semua’ yang saya pakai tanda kutip itu. Kelihatannya saja kalimat itu benar. Padahal, tidak mutlak kebenarannya. Lihatlah. Se-statis-statisnya profesi itu, pasti melahirkan orang-orang karirnya melejit. Benar kan? Iya.

Pertanyaannya sama sebenarnya. Gimana caranya supaya bisa keluar dari ‘kerumunan’ untuk kemudian menjadi profesional yang unggul di bidang itu. Kalau saya perhatikan. Orang yang karirnya berkembang bahkan di jenis profesi paling monoton sekalipun adalah orang yang, ‘aktif’.

Maksudnya aktif? Nggak pasif. Maksudnya nggak pasif? Nggak cuman ngejalanin rutinitas harian doang. Reach out. Buka wawasan. Asah pemikiran. Kemukakan berbagai gagasan. Kasih nilai lebih kepada perusahaan. Yang seperti itu tuch, yang karirnya moncer.

Jadi kesimpulannya. Walau pun pekerjaan itu punya karakter berbeda-beda. Tapi. Peluang untuk sukses dalam karir mah relatif sama saja. Kerja di bidang yang dinamis pun kalau kalah saing sama orang lain, nggak bakal kebagian berhasilnya. Kerja di bidang yang statis pun kalau bisa menjadi pribadi yang unggul mah tetep bagus saja.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

So. Ternyata ini bukan soal pilihan jenis pekerjaan. Melainkan soal pilihan bagaimana kita menjalani pekerjaan itu. Kita yang memilih untuk menjadi seperti kebanyakan pekerja lainnya yang cukup puas dengan melayani sesuai job description. Ataukah memilih menjadi profesional yang berdedikasi tinggi melalui pelayanan berkualitas ekstra ordinari. Anda, memilih peran yang mana?

N.B: Anda berhak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Anda loh. Maka Anda boleh mengusulkan kepada atasan, agar mengadakan training untuk Anda dan teman-teman Anda. Pilih trainer yang cocok menurut Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:IQ Matrix Blog

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.