Monday , June 26 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / I Have A Plan For….

I Have A Plan For….

Punya anak buah yang bisa diandalkan itu adalah sesuatu banget. Setiap atasan mendambakan itu. Masalahnya, untuk mendapatkan anak buah yang bagus tidaklah semudah itu. Lebih tidak mudah lagi untuk mempertahankannya.

Sekarang saya akan membahas bagian yang paling tidak mudahnya. Kita tahu bahwa anak buah yang bagus itu: 1. Laku di pasar tenaga kerja, dan 2. Tidak betah berada pada satu posisi berlama-lama. Jadi, seperti menggenggam belut. Geol sana. Geol sini. Kalau tidak cukup kuat mencengkeramnya, akan lepaslah dirinya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bagaimana dong caranya supaya anak buah yang bagus itu bisa betah bekerja di team Anda? Mungkin banyak hal bisa dicoba. Tapi, kadang cara yang efektif untuk satu orang, tidak bisa diterapkan pada orang lainnya. Makanya sebagai atasan, kita dituntut untuk kreatif.

Sekalipun demikian, ada satu aspek mendasar yang wajib dimiliki oleh seorang atasan. Aspek ini, Insya Alloh bakal cocok untuk ‘semua’ anak buah potensial Anda. Kok pede banget? Karena. Sudah diuji coba. Dan dibuktikan. Weiss, kaya orang jualan aja. Tenang. Anda tidak harus membeli apa pun dari saya.

Saya temukan rumusan itu ketika menghadap atasan. Ceritanya begini. Sebagai profesional, saya termasuk yang tidak betah berlama-lama dalam satu posisi dan fungsi tertentu. Makanya, energi didalam diri senantiasa ‘mendesak’ untuk mencari, melakukan, mendapatkan hal baru. Walhasil. Saya ngadep boss.

Waktu itu. Sudah bulat keputusan dengan ‘pilihan karir’saya sendiri. Kami duduk berhadapan. Lalu saling bicara. Kemudian, saya keluar dari ruang kerja boss dengan keputusan yang bulat untuk… bekerja lagi bersamanya…. halah.

Eit. Ingat. Topik kita adalah tentang mempertahankan anak buah yang bagus. Sekarang. Menurut Anda. Apa yang dilakukan oleh pak Boss sehingga saya nggak jadi pergi? Think about it.

Berikut ini adalah kemungkinannya: Dikasih kenaikan gaji? Umum dilakukan. Tapi tidak efektif buat profesional yang kerjanya nggak semata-mata demi uang. Jadi bukan itu.

Dikasih kenaikan jabatan? Banyak dipraktekkan juga. Tapi nggak efektif buat orang yang tidak mabuk jabatan. Juga bukan itu.

Dijanjikan untuk dikasih bonus 2 kali lipat? Kebiasaan banyak atasan tuch. Tapi, profesional yang pinter tahu bahwa bonus itu ada kaitannya dengan ini dan itu. Bukan. Bukan begitu.

Apa lagi? Coba Anda terka. Apa yang dilakukan seorang atasan hebat biar anak buahnya mau bekerja lebih lama bersamanya?

Ini yang dilakukan oleh boss saya. Ketika saya datang dengan 100% keyakinan bahwa inilah saatnya untuk say good bye….

Dia bilang;”Dadang. I have a plan for you….”

Menurut pendapat Anda, saya akan bilang “I don’t care. I am quit!”? Tidak. Tidak seorang pun yang hendak pergi secara baik-baik bakal bersikap primitif begitu. Tapi. Keukeuh mah tetep.

“Ok. I understand that you have your own plan.” Katanya. “But you may consider to listen to my plan for you too…” lanjutnya. “Then you decide what best for you.”

Saya tidak akan melanjutkan ceritanya. Karena kita bukan sedang mendongeng. Kita sedang mencari cara untuk mempertahankan orang terbaik di team kita. Supaya siapapun dia. Apapun orientasinya. Bisa kita hadapi dengan cara yang bakal cocok buat mereka. Semacam teknik sapu jagat. Dan sekarang Anda sudah tahu tekniknya. Tinggal diterapkan saja.

Namun sebelum kita akhiri diskusi ini. Mari kita bahas intisarinya. As a leader, you have to PUNYA A PLAN FOR YOUR ANAK BUAH yang bagus. Bikin sebuah plan yang menarik hatinya. Sehingga dia tidak melihat opsi lain yang lebih baik selain stay bersama Anda.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pertanyaannya adalah; sudahkah Anda punya plan buat anak buah Anda? Hayo. Mulai sekarang. Biar Anda bisa mempertahankan orang-orang terbaik Anda.

N.B.: Leadership Skills dibangun melalui pengalaman, latihan, dan ilmu yang memadai. Maka jangan berhenti belajar. Lewat buku, diskusi, atau pelatihan. Bicarakan dengan pimpinan agar Anda dan para leader lainnya mendapatkan pelatihan yang memadai.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.