Monday , June 26 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Apa Keahlian Anda?

Apa Keahlian Anda?

Serius. Apa keahlian Anda? Nggak usah mikir lama lah untuk menjawabnya. Sebutkan saja. Kalau masih harus mikir lama berarti Anda tidak benar-benar yakin dengan jawaban yang hendak Anda berikan. Benar demikian?

Agak tragis kita ini memang. Sudah bekerja bertahun-tahun bahkan belasan hingga puluhan tahun. Tapi tidak memiliki keahlian yang apapun. Sory bung, ‘pengalaman’ sama sekali tidak menjadi jaminan memiliki keahlian.

Banyak orang yang telah melakukan atau menjalani berbagai pekerjaan. Tapi tidak jadi ahli. Banyak pula orang yang sudah pindah kesana dan kemari. Tapi tidak kunjung menjadi profesional tingkat tinggi.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apa sih profesional tingkat tinggi itu? Bukan yang jabatannya tinggi, melainkan orang yang kompetensinya sangat bisa diandalkan oleh perusahaan. Ada saja kan atasan yang kemampuannya mengundang gunjingan bawahan? Jabatan mah biasa aja. Tapi kompetensinya, bikin orang terperangah. Gitu loh profesional tingkat tinggi.

Kalau ngomongin keahlian itu bukan semata-mata buat nyenengin perusahaan. Keahlian merupakan piranti yang bakal bisa ‘menjaga’ diri kita. Menjaga diri dari apa? Dari kehilangan pekerjaan. Kalau perusahaan menghadapi situasi sulit sekalipun, mereka bakal mati-matian mempertahankan para karyawan mumpuni.

Bagaimana kalau perusahaan sudah nggak sanggup sama sekali? Kalau kehilangan pekerjaan juga cuma jeda sebentar saja. Karena perusahaan lain juga butuh. Kalau kita benar-benar ahli. Bakal dapet lagi. Asal. Ente beneran punya keahlian.

Gimana kalau semua perusahaan pada gak punya lowongan yang cocok dengan keahlian kita? Semua perusahaan? Hmmmh, rada drama queen deh. Tapi. Anggap saja begitu situasinya. Bisakah keahlian kita menjaga diri kita? Bisa. Gimana caranya? You start your own business based on your expertise.

Ada pegawai di toko roti. Toko rotinya cukup terkenal. Outletnya lumayan banyak. Eh, nggak ada hujan dan angin tiba-tiba ‘diakuisi’, katanya. Toko-tokonya pada tutup. Karyawannya? Bisa ditebaklah. Gone. Done. Finitto.

Tapi ada nih yang udah kerja sambil belajar cara bikin roti, gimana jualannya, berapa harganya. Menolak menyerah pada keadaan. Dibikinnyalah roti rumahan. Dijual dan dititipin di warung-warung. Alhamdulillah. Ada sumber nafkah lagi. Keahliannya menjaga dirinya.

Anak-anak muda ini beda lagi. Mereka kerja di restoran. Menolak untuk hanya sekedar jadi pelayan walaupun emang pelayan. Mereka mencermati bagaimana cara bikin nasi goreng dan capcay. Lalu bagaimana nasib mereka selanjutnya? Mereka dipromosi menjadi juru masak. Keren kan?

Semua jadi juru masak restoran? Ya enggak sih. Sebagian nggak bisa dipertahankan ketika perusahaan harus mengambil keputusan yang sulit. Bisnis kadang memang begitu kan. Ada saat pahit kadang.

Lalu kemana anak-anak muda itu perginya? Ke rumah bedeng yang disewa bareng-bareng. Lalu, dilantai dingin beralas tikar itu mereka melakukan konfrensi tikar bundar. Dan menghasilkan sebuah resolusi;buka gerobak nasi goreng dan capcay. Cita rasanya belum selevel resto itu, tapi aliran nafkahnya…sanggup menggantikan yang luput darinya.

Masih banyaklah contoh lainnya. Intinya sih keahlian mah nggak bakalan menolak kalau disuruh sang empunya untuk bangun dari tidur. Dikala tuannya membutuhkan, dia siap tempur. Masalahnya, kita yang lalai. Selama bekerja itu cuman sebatas menjalankan kewajiban aja. Maka ngerjainnya juga pas-pasan. Kalau begitu mah, mana bisa jadi keahlian kan?

Makanya teman. Mulai sekarang. Kerja itu kudu lebih bener lagi. Niatnya. Caranya. Dedikasinya. Kesungguhannya. Profesionalismenya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kerja di bidang apapun oke. Tapi pastikan bahwa kita menjadi ahli dibidang itu. Minimal, orang tahu kalau kitalah jagonya. Dan Anda, bisa melakukannya dalam posisi apapun. Karena keahlian itu, tidak berhubungan dengan jabatan.

N.B: Jika kantor Anda akan mengadakan training terkait topik ini, maka Anda bisa memberi saran atau referensi kepada menejmen tentang siapa pembicara yang Anda inginkan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:MassPay

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.