Saturday , October 21 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Karyawan Yang Dipertahankan

Karyawan Yang Dipertahankan

Dalam kamus korporasi, ada istilah ‘Transformasi’ untuk menggambarkan perubahan signifikan di perusahaan. Kalau suatu saat nanti terjadi transformasi di perusahaan Anda; apa yang terjadi pada Anda?

Suka atau tidak, perusahaan tempat kita bekerja pasti dihadapkan pada keharusan untuk melakukan perubahan. Jika perubahan itu signifikan, hampir bisa dipastikan terjadi pergeseran fungsi dan peran karyawan. Kalau tuntutan perubahan itu sudah sangat mendesak, maka menejmen tidak harus menunggu karyawannya siap dulu untuk itu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Demi nyawa perusahaan, mereka harus segera mengambil keputusan. Jika ingin dibawa dalam bahtera perubahan itu, maka karyawan mesti mempersiapkan dirinya sendiri. Jika tidak, maka perusahaan bisa dengan mudahnya mengutip lirik lagu Air Supply “… there’s nothing left but to say good bye…”

Anda boleh marah pada keputusan perusahaan. Tapi. Ketahuilah bahwa itu bukan salah perusahaan. They need to survive dalam dunia yang penuh disrupsi ini. Kita, harus se-agile mereka untuk mengimbangi gerakannya. Tidak mungkin bisa menari bersama mereka kalau kita rigid kan?

Yang sering tidak diketahui oleh karyawan adalah; nasib karyawan ‘selalu’ menjadi pertimbangan utama menejmen. Pertanyaan “Bagaimana dengan karyawan kita?” ‘pasti’ terlontar di rapat BOD. Selalu begitu.

Artinya, perusahaan sudah menunaikan porsinya. Sekarang porsi karyawan sendiri, sudah dijalankan oleh yang bersangkutan apa belum? Apa porsi karyawan? Sederhana, sebenarnya. Cukup menjawab pertanyaan ini saja;”Gue bisa apa yang bakal membuat transformasi perusahaan itu sukses besar?”

Secara fragmatisnya begini; menejmen sayang sama karyawan. Tapi nyawa perusahaan lebih penting daripada nasib karyawan. Maka kalau karyawan tidak kompatibel dengan ‘the new spirit of the company’, mereka bakal mencari karyawan lain untuk mengganti mereka yang tak cocok lagi.

Jadi jika karyawan pengen kerja terus di perusahaan, maka tidak ada pilihan lain selain to make sure that you are fit with their needs. Apa yang harus fit bin kompatible itu? Dua aspek utama ini: satu SIKAP. Dan dua, SKILL. Umur pengaruh jugakah? Kadang-kadang saja. Lagian, umur mah nggak bisa diapa-apain.

For your info, buat perusahaan juga lebih mudah dan lebih murah untuk terus mempekerjakan karyawan yang sudah ada dari pada mengganti dengan yang lain. Gak usah bayar pesangon. Gak merusak moral. Gak beli kucing dalam karung. Dan banyak lagi alasan lainnya.

Jadi perusahaan truly want to employ you terus. Sama seperti halnya karyawan yang pengen terus kerja disitu. Sudah nyambung sebenarnya. Yang tidak nyambung adalah kedua poin diatas. Ada gap antara kebutuhan perusahaan dalam spirit transformasinya dengan attitude and skill karyawannya.

Sekarang kita sudah tahu gap-nya. So, what are you going to do? Nunggu perusahaan melakukan transformasi. Wrong answer. Kita mesti menjadi bagian dari proses transformasi yang ‘bakal’ dilakukan perusahaan.

Carane piye? Sebelum perusahaan melakukan transformasi, kita mesti memperlihatkan sikap mental yang menyukai transformasi. Dan menunjukkan kemampuan baru diluar job description standard.

Perilaku yang mendukungnya antara lain; selalu mengikuti berita-berita yang terjadi di industri, membiasakan share ideas dengan atasan atau kolega, come up dengan gagasan-gagasan baru untuk mengembangkan peluang bisnis dan daya saing perusahaan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tahukah Anda bagaimana perusahaan memandang karyawan yang punya sikap dan perilaku seperti itu? Mereka melihatnya sebagai ‘pilar’ perubahan. Jadi. Bahkan sebelum melakukan perubahan pun perusahaan sudah tahu, siapa yang HARUS terus dipekerjakan. Sehingga ketika tiba saatnya melakukan perubahan. Anda. Bakal mati-matian dipertahankan. Oleh perusahaan.

N.B: Jika kantor Anda ingin mengadakan training terkait topik ini, Anda bisa memberi referensi kepada menejmen tentang siapa pembicara yang Anda inginkan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:yourmotivationgurur

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.