Thursday , August 17 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Konsisten Di Aspek Ini

Konsisten Di Aspek Ini

Karir yang bagus antara lain ditandai dengan adanya pertumbuhan. Gaji sih pasti tumbuh. Minimal, sekali dalam setahun kan. Itu berlaku pada semua orang. Yang berlaku hanya pada sedikit orang adalah pertumbuhan karirnya. Maka orang yang karirnya tumbuh, pasti memiliki perbedaan dengan karyawan lain pada umumnya.

Ada dua aspek utama dalam mengukur kualitas profesional seseorang. Pertama, KOMPETENSI. Dan kedua, KOMITMEN. Kompetensi itu kemampuan atau keterampilan kerja. Sedangkan komitmen merujuk pada aspek itikad atau kemauan orang itu dalam menjalani pekerjaannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Menurut pendapat Anda, aspek mana yang paling dulu menentukan perkembangan karir seseorang? Kompetensi, atau Komitmen?

Jika Anda mengira bahwa kompetensi merupakan aspek pertama yang mendukung perkembangan karir seseorang, maka Anda benar. Sebab, kita semua tahu bahwa orang harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda benar.

Tapi. Ada tapinya nih. Tapi…, hal itu hanya berlaku kalau Anda mau pindah ke perusahaan lain. Lihat bagaimana perusahaan-perusahaan mengincar para profesional ‘yang sudah jadi’.

Pada mereka yang meniti karir dari bawah, kemudian menapaki jenjang yang lebih tinggi; polanya tidak demikian. Ternyata, perusahaan tidak menerapkan prinsip seperti itu untuk karyawan internalnya.

Bagi menejemen, KOMITMEN justru merupakan faktor yang paling duluan menjadi pertimbangan dalam mengembangkan karir karyawan internalnya. Bukankah banyak sekali karyawan yang kompeten tetapi menejmen tidak melihatnya layak untuk dipromosikan?

Faktanya, karyawan yang dianggap ‘masih hijau’ justru sering mendapat kesempatan melampaui karyawan yang sudah duluan bekerja disitu. Kenapa bisa begitu? Karena titian karir kita lebih dulu dibangun oleh komitmen. Bukan kompetensi.

Kan kompetensi dibangun seiring dengan bertambahnya tanggungjawab dan kewenangan. Makanya bahkan para direktur pun masih harus terus belajar kan?

Kalau Anda dipromosi sebagai supervisor misalnya. Bukan karena kompetensi Anda sudah memadai jadi supervisor loh. Tapi lebih karena Anda sudah menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mendedikasikan diri pada pekerjaan dan proses pengembangan diri berkelanjutan. Makanya Anda ditunjuk jadi supervisor.

Kompetensinya, pelan-pelan ditingkatkan. Melalui training. Coaching. Atau penugasan lainnya yang memungkinkan Anda untuk belajar dan meraup pengalaman lebih banyak lagi. Menejemen di perusahaan tahu soal ini.

Bukan berarti kompetensi nggak penting loh ya. Tetep penting. Tapi yang namanya kompetensi, tumbuhnya terus menerus. Jadi setinggi apapun pencapaian karir Anda, pasti ada aspek kompetensi yang bisa dipelajari. Maka patokan sederhananya buat saat ini adalah; pastikan kompetensi Anda memadai untuk menyelesaikan penugasan dan tanggungjawab pada posisi Anda sekarang.

Sedangkan untuk menarik perhatian menejemen agar memberi Anda kesempatan dan tanggungjawab yang lebih besar; Anda harus menunjukkan komitmen pada pekerjaan itu.

Perlu dipahami juga bahwa beda dengan kompetensi yang semakin lama bisa semakin bertambah. Komitmen itu cenderung menurun loh. Lihat saja di kantor Anda. Makin lama masa kerjanya, orang makin semangat atau sebaliknya?

Makanya. Menejemen biasanya demen banget sama profesional yang secara konsisten menunjukkan komitmen tinggi. Karena dari komitmen yang tinggi itulah perkembangan kualitas seseorang dimulai. Buktinya, nggak ada karyawan loyo yang dipromosi kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

So. Show your high level of commitment my friend. Consistently. Maka selain Anda jadi makin gembira ketika menjalani pekerjaan itu. Anda juga makin diperhatikan oleh para pengambil keputusan.

N.B: Jika kantor Anda ingin mengadakan training terkait topik ini, Anda bisa memberi referensi kepada menejmen tentang siapa pembicara yang Anda inginkan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:linkedin

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.