Thursday , August 17 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Working Spirit Booster

Working Spirit Booster

Selain gaji. Apa yang membuat Anda bersemangat dalam bekerja? Ya… Selain gaji. Apa yang membuat Anda benar-benar bergairah terhadap pekerjaan?

Ketemu? Kalau belum, sebaiknya Anda berusaha lebih intens sampai menemukan jawabannya. Kenapa? Karena, bekerja dengan dorongan gaji itu hanya akan menempatkan kita di posisi ‘apa boleh buat’. Kalau nggak kerja, gimana? Butuh sih. Makanya kerja aja.

Maka seseneng-senengnya kita dalam bekerja, kelak akan kecewa juga. Khususnya ketika mendapati bahwa gaji yang kita kejar itu tidak lagi memenuhi ekspektasi. Saya bicara ekspektasi. Bukan kebutuhan. Ngarep, kata lainnya. Bukankah Anda pun memiliki ekspektasi untuk mendapatkan lebih banyak?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kelak. Bakal kecewa kalau cuman ngarepin gaji dari pekerjaan yang kita lakukan itu. Minimal, bakal mempertanyakan;”setelah semua yang aku lakukan selama ini…” dengan gaya lebay sambil nangis bombay.

Bahkan kalau pun semua kebutuhan hidup sudah tercukupi dari gaji. Tetep. Bakal tiba saatnya ‘keinginan’ tampil didepan. Sedangkan kenaikan gaji tahunan, tidak sanggup memberi perimbangan.

Apa lagi hidup di jaman ini. Jaman dimana tarip listrik ujuk-ujuk naik. Nggak pake permisi dulu kan? Nggak ada sopan santun lagi. Tiba-tiba tagihan nambah aja. Atau. Ketika beli pulsa. Token yang didapat lebih sedikit dari biasanya. Padahal membayar dengan harga yang sama.

Kalau sudah begitu, cepat atau lambat juga bakal berefek pada gairah kita, dalam menjalani pekerjaan. Kalau hanya gaji dan tunjangan semata yang kita jadikan pijakan. Jadi. Apa yang membuat Anda benar-benar bergairah terhadap pekerjaan? Don’t tell me that. Talk to yourself aja.

Benar. Bicaralah lebih banyak pada diri sendiri. Bukan bicara sendiri kayak orang sedeng ya. Melainkan seperti seorang perenung yang rajin melihat kedalam dirinya. Lalu menemukan ‘nilai’ dari setiap tindakan yang dilakukannya. We call it ‘self-talk’

Contoh kongkritnya begini. Dalam menjalani profesi sebagai trainer ini. Saya seneeeng banget melihat perusahaan-perusahaan itu terus berkembang. Dan saya, lebih senang lagi kalau karyawannya turut menikmati pertumbuhan dan perkembangan perusahaan itu.

Lantas apakah mereka serta merta kebagian kue kejayaan perusahaan? Secara tidak langsung iya. Amanlah kerjaannya, minimal. Tapi dampak secara langsung, tidak. Hanya karyawan-karyawan yang memiliki kinerja dan dedikasi yang tinggi yang langsung terdampak oleh kinerja perusahaan. Kenapa? Ya karena mereka itulah yang menjadi motor penggerak roda bisnis perusahaan kan.

Dari situ kemudian saya menemukan bahwa saya bisa berkontribusi pada pencapaian perusahaan melalui peningkatan kapasitas profesional para karyawannya. Sehingga perusahaannya makin berjaya. Dan karyawannya makin sejahtera.

That was my self-talk. Maka ketika menyadari bahwa saya MEMILIKI SESUATU yang bernilai bagi perusahaan dan para peserta pelatihan; saya menemukan ‘value’ dari pekerjaan ini. Sehingga setiap kali mendapatkan amanah untuk memfasilitasi suatu program pelatihan, saya selalu terdorong untuk mencurahkan semmuuua yang bisa saya kontribusikan. Dan jadinya, enjoooooy banget.

Saya tidak perlu bicara lebih banyak lagi tentang diri saya sendiri. Sebab ini bukan tentang saya. Melainkan tentang kita. Tentang bagaimana caranya kita bisa benar-benar seneeeng ketika menjalani hari-hari kerja kita. Yang ternyata my friend, tidak bisa kita dapatkan dari sekedar mengharapkan uwang dowang.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gairah kerja kita, tidak bisa ditopang oleh gaji dan berbagai tunjangan. Bakal leelah kita. Bakal jenuh, sekalipun dapatnya banyak. Apa lagi yang bayarannya cuman pas-pasan kan? Temukan ‘value’ atau ‘makna’ alias ‘nilai’ dari pekerjaan Anda. Maka Anda. Akan selalu bergembira. Setiap kali bekerja.

N.B: Jika ingin mengadakan training terkait topik ini, Anda bisa memberi referensi kepada menejmen tentang siapa trainer yang Anda inginkan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: slideshare

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.