Monday , June 26 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Artikel Pilihan / Kejatuhan Sebuah Perusahaan

Kejatuhan Sebuah Perusahaan

Reputasi perusahaan sama pentingnya dengan kualitas produk. Bahkan produk bagus sekalipun sangat sulit diterima pasar, jika dijual oleh perusahaan yang memiliki reputasi buruk. Maka CEO dan para pimpinan perusahaan berkewajiban untuk memastikan terjaganya reputasi itu.

Salah satu langkah penting dalam membangun reputasi perusahaan adalah dengan dipegang teguhnya business conduct atau etika bisnis. Dan ini, harus dilakukan oleh semua elemen perusahaan. Mulai dari CEO hingga office boy sekalipun. Tidak akan terjaga reputasi perusahaan kalau ada satu saja karyawan yang melanggar etika bisnis.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tesco Homeplus. Adalah perusahan retailer modern yang berhasil melakukan disrupsi bisnis ritel melalui kombinasi selling, marketing, dan teknologi informasi. Pada tahun 2011 mereka memulainya di Korea.

Jika biasanya orang pergi ke super market, Tesco membuat pengalaman belanja itu benar-benar berubah total. Para perempuan pekerja yang sibuk tidak punya banyak waktu untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Waktu mereka, habis untuk urusan kantor, rumah dan stasiun kereta api.

Maka Tesco memasang display berisi gambar barang-barang kebutuhan harian. Pasta gigi. Sabun. Kecap. Daging. Sayuran. Tapi ini bukan sembarang display yang biasa digunakan para pengiklan. Ini adalah display dimana setiap foto produk dilengkapi dengan barcode.

Untuk berbelanja, orang hanya perlu scan barcode itu dengan gadget yang terhubung dengan aplikasi Tesco. Lalu pulang ke rumah. Setibanya di rumah, barang yang dipesan pun sudah sampai di depan pintu. Strategi ini berhasil membawa Tesco menduduki posisi tertinggi di bisnis ritel Korea.

Kemampuannya menghempaskan peritel konvensional seolah menegaskan bahwa Tesco hanya butuh beberapa langkah lagi saja untuk menguasai bisnis ritel dunia. Sukses besarnya di Korea dibawanya pula ke London. Tiba-tiba saja stasiun kereta api di London dihiasi display seperti di Korea. Kejayaan Tesco pun terpampang didepan mata.

Namun tahun 2014, tiba-tiba saja otoritas Korea melakukan investigasi terhadap Tesco. Dan tahun 2015, jawara ritel modern itu tutup. Toko-tokonya yang tersebar berubah menjadi gudang kosong terabaikan. Bisnisnya runtuh hanya dalam kejapan mata saja.

Apa yang terjadi dengan Tesco? Apakah penggunaan teknologi telah menyebabkan kejayaan sekaligus kejatuhannya? Kejayaannya iya. Kejatuhannya tidak. Tesco, jatuh bukan karena kecanggihan sistem aplikasi yang menunjang model bisnisnya. Tesco jatuh, karena adanya indikasi memperjual belikan data pelanggan kepada pihak lain. Sebuah pelanggaran etika bisnis yang sangat serius.

Kejadian ini merupakan sebuah contoh buruknya komitmen perusahaan kepada pelanggan. Dan kehancuran bisnisnya itu merupakan bukti nyata bahwa etika bisnis, berada diatas kecanggihan teknologi maupun nilai yamg tertera pada laporan keuangan.

Masih banyak contoh lain perusahaan kuat yang menjadi lemah karena tidak dipegang teguhnya etika bisnis. Keruntuhan karena kalah dalam persaingan misalnya, akan butuh waktu lama. Bahkan masih bisa terjadi rebound. Makanya, perusahaan yang oleng masih punya harapan buat bangkit lagi. Tapi kejatuhan perusahaan karena pelanggaran etika bisnis, bisa terjadi dalam sekejap saja. Gue, eloh; end!

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka membangun komitmen seluruh komponen perusahaan merupakan tugas yang tidak bisa ditunda. Tanpa kompromi. Tidak pake toleransi. Dan tidak cukup dengan sekedar mencantumkan nilai luhur bernama ‘Integrity’. Dengannya, perusahaan bisa terhindar dari kejatuhan yang memalukan.

N.B: “BUSINESS SUSTAINABILITY & MARKET DEVELOPMENT” adalah in-house program kami khusus untuk level Manager, General Manager, Director dan CEO. Dilengkapi dengan simulai D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO ” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:tesco

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.