Saturday , November 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / CEO Pembawa Perubahan

CEO Pembawa Perubahan

Perubahan, selalu diikuti oleh penolakan. Baik oleh sedikit, atau banyak karyawan. Pemimpin yang kompromistis, cenderung mengikuti arus kebanyakan. Sehingga tidak berani melakukan perubahan yang signifikan. Makanya, banyak perusahaan yang tidak mengalami perubahan bermakna walaupun sudah berkali-kali mengalami pergantian pucuk pimpinan.

Pemimpin visioner, mengambil resiko tidak disukai oleh karyawan. Dia percaya, bahwa alasan kenapa kebanyakan orang diasebut ‘kebanyakan’ adalah karena mereka sama dengan orang-orang pada umumnya. Seorang pemimpin berjiwa ‘kebanyakan’ hanya akan mampu menjadikan perusahaannya seperti ‘kebanyakan’ perusahaan lainnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Padahal, satu-satunya cara to stand out from the crowd adalah; dengan menjadikannya berbeda. Dan itu hanya terjadi melalui nyali pemimpin tertingginya. Artinya, hanya CEO yang berani memperjuangkan visinya yang bisa membawa perusahaan naik ke kelas. Walaupun tak jarang, dibenci oleh para karyawannya.

Salah satu berita paling panas di kancah bisnis dunia di paruh pertama 2017 adalah kasus pertengkaran antara Travis Kalanick dengan Fawzi Kamel. Yang menjadikannya menarik adalah: Kamel itu Driver Uber. Sedangkan Kalanik penumpangnya. Video berlabel Bloomberg itu pun menjadi bahan pembicaraan kalangan awam maupun para pengamat bisnis dan menejemen.

Bagi yang mengetahui siapa Travis Kalanick, tentu paham bahwa kasus ini bukan soal Customer Service yang buruk. Ini adalah perdebatan antara pegawai dengan boss besarnya. Why? Karena Kalanick adalah CEO Uber.

Rupanya ‘mendapat order’ dari Kalanick merupakan harapan para pengedara Uber. Bukan untuk berfoto bersama boss besar itu, melainkan untuk menyampaikan unek-unek terhadap kebijakan yang diterapkan perusahaan. Khususnya terkait strategi Kalanick dalam menurunkan tarip.

Pengendara Uber menganggap bahwa penurunan tarip itu merugikannya. Sementara Kalanick melihatnya sebagai cara untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin sengit. CEO dan karyawan memang memiliki kelas yang berbeda jika terkait visi dan strategi.

Beda kelas inilah yang menyebabkan timbulnya penolakan karyawan pada kebijakan baru suatu perusahaan. Jadi, penolakan itu bukan hal yang aneh sama sekali. Yang menentukan hasil akhirnya, bukan sikap karyawan. Melainkan cara CEO mengatasi keberatan dan penolakan itu.

Faktanya, ada banyak alasan mengapa karyawan melakukan penolakan. Mulai dari yang ‘tidak memahami’ hingga yang merasa terancam keberlangsungan pekerjaannya. Maka CEO yang hebat, bertindak sebagaimana dokter yang handal. Resep hanya ditulis sesuai dengan hasil diagnosis. Jika diagnosisnya berbeda, maka resepnya pun berbeda pula.

Maka jika di suatu perusahaan tidak terjadi perubahan secara signifikan, kemungkinan sang CEO meletakkan posisi dirinya dikelas karyawan. Cara pandangnya pada bisnis, sama seperti cara pandang karyawan. Sehingga perusahaan berjalan sebagaimana biasanya dijalankan oleh karyawan.

Kalanick, bukan sekedar model CEO pembawa perubahan. Dia merupakan Game Changer, yang membuat lanskap bisnis tranportasi berubah total. Perubahan total itu tentu bukan tanpa penolakan. Yang termasuk para pebisnis transportasi konvensional sehingga menimbulkan demo secara global. Maupun otoritas pembuat regulasi yang ketinggan jaman.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi semua penolakan itu berhasil dilaluinya. Di kini, dia bertengger di puncak industri paling bergengsi. Benar, Kalanick akhirnya meminya maaf kepada Kamel. Tapi permintaan maafnya berkaitan dengan cara dia bicara denganya. Bukan soal cara dia membawa perubahan di perusahaannya.

N.B: “BUSINESS SUSTAINABILITY & DISRUPTIVE INNOVATION” adalah in-house program kami khusus untuk level Manager, General Manager, Director dan CEO. Dilengkapi dengan simulai D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (= CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Nicholson Cartoons

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.