Saturday , November 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Disrupsi Itu Realiti Atau Ilusi?

Disrupsi Itu Realiti Atau Ilusi?

Disrupsi itu bukan ilmu baru. Sudah dibahas sejak sekitar seperempat abad lalu.Tapi, biasalah. Namanya ilmu kan tidak langsung menyebar kemana-mana. Bahkan ketika konsep disrupsi itu lahir, banyak yang nyinyir. Termasuk kalangan intelektual itu sendiri. Tapi semakin hari, semakin banyak fenomena di dunia bisnis yang membuat bingung para praktisi maupun akademisi. Nggak bisa dimengerti. Karena tidak nyambung dengan – dan tak bisa dijelaskan melalui – teori-teori yang mereka pelajari selama ini. Nah, ketika itulah kita baru nyadar; “Oh… ini toh yang dimaksudkan oleh Pak Cyalton Magleby Christensen sebagai Disruption itu….”

Jangan heran juga jika sampai saat ini pun masih baaanyak manager dan leader yang meragukan dan mempertanyakan: “Apa pula itu disrupsi? Tak adalah hitu! Cuma ilusi saja rupanya dia.” Jangan heran, kalau masih bejibun orang yang berpikir begitu. Namun tugas kitalah untuk pelan-pelan dan konsisten membawa kesadaran ini kepada organisasi kita. Supaya negatifnya: terhindar perusahaan ini dari kebangkrutan. Dan positifnya; supaya bisnis ini berkesinambungan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

“Wah, pake nakut-nakutin pula soal kebangkrutan! Mana mungkin perusahaan kami bisa bangkrut? Wong business performancenya memuaskan begini. Kompetitor kami pun tak berdaya lagi. Kamilah penguasa pasar di industry ini. Jangan pula ngajarin kami soal business sustainability. Tak cocoklah cakapmu itu….”

Begini. Bahkan Pak Rhenald Kasali pun menulis bahwa;”Dunia tengah menyaksikan runtuhnya perusahaan-perusahaan bersar – Para pemilik brand-brand yang 10 hingga 30 tahun lalu begitu memesona dan berkibar”. Maka brand atau produk, atau bahkan perusahaan Anda yang hari ini – saya ulang: hari ini – memiliki nama besar dan ketenaran, apakah 10 tahun atau 30 tahun yang akan datang masih akan tetap eksis? Tidak tahu. Tidak ada yang bisa menjamin itu. Yang kita tahu adalah; kita mau perusahaan kita, brand unggulan kita, nama besar kita; masih akan ada 30 tahun lagi kan? Bahkan sepanjang umur dunia ini maunya kita. Langgeng berbisnis. Dan berjaya selama-lamanya.

Itu juga loh, cita-cita, keinginan, impian para pemimpin brand yang hari ini ‘runtuh’ itu. Tiga puluh tahun yang lalu, mereka berjaya. Sampai mengira bahwa tidak mungkin lagi bisa dikalahkan oleh competitor manapun. Saking digdayanya mereka. Saking kokohnya fondasi bisnis mereka. Saking buaaanyaknya budget promosi mereka. Tapi nyatanya, hari ini; mereka sudah tidak dikenal lagi. Gone. Jangan bicara 30 tahun deh. Merk hand phone yang Anda pakai hari ini, sudah berbeda dengan merk hand phone favorit Anda 7 tahun yang lalu kan?

Perusahaan pembuatnya sama? Beda. Sudah wafat sang produsen hand phone sejuta umat itu. Padahal dimasa jayanya, tak terpikirkan bagaimana cara mengalahkannya dalam industry hand phone dunia. Namun ketika ada orang lain atau pihak lain yang memiliki disruptive innovation, tidak sedikit pun perusahaan sang raja hand phone itu percaya bahwa kehadiran ‘para pemula’ itu bakal meluluhlantakkan bisnisnya. Lalu dengan sombongnya mereka katakan;’Kami ini tangguh. Tak mungkin ada pesaing yang bisa bikin kami runtuh’. Dan kita semua, sudah sama-sama mengetahui bagaimana kisah selanjutnya kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka jika masih ada leader atau manager di kantor Anda yang teteeeep saja mempertanyakan;”Apakah Disrupsi itu beneran ada, atau sekedar ilusi saja?” Anda, berkewajiban untuk membangunkannya dari tidur berkepanjangan. Woi, bangun. Sadarkanlah dia, bahwa zaman terus berubah. Sehingga jika bisnis ini dijalankan dengan cara yang sama seperti yang dilakukannya selama ini, maka perusahaan ini tidak akan fit lagi dengan zaman yang akan datang. That is the heart of disruption from this humble angle. Jadi, apakah disrupsi itu realiti atau ilusi? You bet!

N.B: Butuh training buat top menejemen? “BUSINESS SUSTAINABILITY & DISRUPTIVE INNOVATION” adalah in-house program kami khusus untuk level Manager, General Manager, Director dan Presiden Direktur. Dilengkapi dengan simulai D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Shakespeare Unlimited

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.