Friday , August 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Good People Good Leader

Good People Good Leader

Kita semua sudah mengetahui jika kepemimpinan itu berkaitan dengan usaha mencapai suatu tujuan melalui pengelolaan orang lain. Oleh karenanya, kinerja kepemimpinan sangat ditentukan oleh kinerja orang lain. Di sisi lain, kita juga menyadari bahwa ketika kita menggantungkan segala sesuatu kepada kinerja orang lain maka itu hampir sama artinya dengan menyerahkan ‘kontrol’ kepada orang lain. Jika orang lain melakukannya dengan baik, maka kinerja kita akan baik. Sebaliknya jika orang lain mengerjakannya dengan buruk, maka buruk pulalah hasil akhir dari pekerjaan kita. Makanya, tidak heran jika banyak pemimpin yang memilih untuk ‘mengerjakan sendiri’, karena tidak bisa mengandalkan anak buahnya menuntaskan pekerjaan penting.

Sekarang, kita dihadapkan pada dua pilihan. Satu, mempercayakan pekerjaan penting kepada orang-orang yang kita pimpin dengan resiko keberhasilan akhirnya terletak pada ‘tangan mereka’. Dua, mengerjakannya sendiri dengan resiko kita terlibat dalam sedemikian banyaknya pekerjaan teknis. Ini bukanlah pilihan yang selalu mudah. Buktinya, banyak atasan yang kesal karena tidak puas dengan kinerja bawahannya. Dan. Banyak juga atasan yang menghabiskan lebih banyak energy dan waktunya untuk melakukan hal-hal teknis ketimbang berfokus pada aspek-aspek strategis.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pilihan nomor 2, hanya cocok untuk kondisi kritis. Misalnya, ketika pekerjaan mesti segera selesai padahal anak buah kita belum mampu menyelesaikannya. Pada saat itu, seorang pemimpin mesti turut menyingsingkan lengan baju. Namun – sekali lagi – hanya pada situasi kritis. Pada kondisi normal, seorang leader mesti mampu mengijinkan anak buahnya untuk mengatasi pekerjaan hariannya dengan sebaik-baiknya. Masalahnya, mereka belum bisa melakukan pekerjaan sehingga sang pemimpin belum bisa tenang hati tanpa campur tanganya. What should we do then?

Melatih dan mengembangkan mereka, sampai mereka benar-benar bisa ‘dilepas’ untuk bisa menangani pekerjaan secara mandiri dan berkualitas tinggi. Itulah jawaban dari pertanyaan tadi. Mari perhatikan kembali jawaban diatas. Jika kita cermati, ada tiga aspek penting yang terkandung didalamnya. Jika kita bisa memberikan perhatian kepada ke-3 aspek itu, maka kita akan bisa menjalankan roda kepemimpinan dengan lebih baik lagi. Apa sajakah ke-3 aspek itu? Mari kita bahas satu persatu.

Pertama, melatih. Practice makes perfect. Latihan itu membuat kita semakin terampil mengerjakannya. Makanya, jika seseorang belum juga mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, maka kemungkinan besar orang itu tidak cukup melakukan latihan. Banyak lho, pimpinan yang menuntut anak buahnya untuk bekerja dengan baik tapi tidak memberikan kesempatan untuk berlatih. Jika Anda rajin memberikan latihan kepada anak buah Anda misalnya, hasilnya tentu akan berbeda dengan orang lain yang jarang – apalagi tidak pernah – melatih anak buahnya. Rajin-rajinlah melatih anak buah Anda. Maka mereka akan semakin terampil dalam bekerja.

Kedua, mengembangkan. Apa sih masalahnya dengan pengembangan? Masalahnya adalah; kita sering sudah merasa cukup jika anak buah kita sudah bisa mencapai target. Bahkan ada guyonan umum seperti ini;”Kalau target elo tercapai, tenang aja. Elo nggak bakal diusik-usik!” Tentu bagus jika team kerja kita bisa mencapai target. Namun, hati-hati dengan efek sampingnya. Oh, apakah keberhasilan punya efek samping? Tentu. Efek samping itu bernama; cepat merasa puas. Kita sudah puas dengan tercapainya target. Padahal boleh jadi, kemampuan kita yang sesungguhnya masih jauh diatas itu. Tapi karena semua sudah tercapai, maka kita tidak mendayagunakan kemampuan yang belum terpakai itu. Disinilah fungsi penting seorang pemimpin dalam mengembangkan anak buahnya. Sebab, pencapaian target hanya akan menjadikan team kita rata-rata. Tetapi pengembangan, menjadikan mereka orang-orang yang unggul.

Ketiga, kemandirian
. Nilai kepemimpinan seseorang tidak diukur dari seberapa efektifnya suatu team kerja ketika atasannya sedang berada ditempat. Justru ketika atasannya sedang tidak ditempat; apakah team kerja itu masih efektif atau tidak. Mudah untuk menemukan team kerja yang bagus jika ditongkrongi oleh atasannya. Tetapi, team kerja yang bisa dipercaya. Memegang amanah pekerjaan. Menegakkan kedisiplinan di lingkungan mereka, sekalipun atasannya sedang tidak ada; ini masih sangat langka. Bisakah kita membangun asas kemandirian itu? Inilah salah satu ujian tertinggi dalam karir kepemimpinan seseorang.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dari uraian diatas, maka kita bisa mengukur kualitas kepemimpin kita dengan 3 hal. Yaitu; bagaimana kita melatih anak buah kita, bagaimana kita mengembangkan mereka, dan bagaimana kita membangun kemandirian setiap anggota team. Mengapa demikian? Karena orang-orang yang hebat dalam sebuah team kerja, berkorelasi langsung dengan orang yang memimpin mereka. Jika hanya ada satu orang bagus dalam team itu, mungkin dia sendirilah yang memacu dirinya sendiri. Tapi jika semua atau kebanyakan anggota team itu bagus, maka jelas sekali jika pemimpinnya, memimpin dengan cara yang bagus. Jenis pemimpin seperti inilah yang akan bangga ketika ditanya; “Apa yang Engkau lakukan selama memimpin di dunia, wahai hamba-Ku?” Lalu jawabnya; “Lihatlah orang-orang yang bagus itu, Tuhanku. Itulah hasil karyaku selama aku memimpin mereka…..”

N.B:

LEADERHIP IN PRACTICE

merupakan salah satu pelatihan yang bermanfaat bagi first line leaders. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner.
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Strategic Finance

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.