Tuesday , December 19 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Nyonya Meneer Dan Rendahnya Sense of Crisis Kita

Nyonya Meneer Dan Rendahnya Sense of Crisis Kita

Pailitnya pabrik Jamu Nyonya Meneer merupakan pukulan telak bagi industri Indonesia. Hal itu mengindikasikan bahwa kondisi ekonomi di negeri ini benar-benar mengkhawatirkan. Sayangnya, sebagian orang lebih suka otak-atik data tentang ‘keberhasilan’ pembangunan. Lalu menampilkannya dalam sosok yang meninabobokan.

Dan sebagian lagi, menjadikan nasib Nyonya Meneer itu sebagai guyonan. Lihat bagaimana simbol potret perusahaan itu dijadikan olok-olok oleh sekelompok orang. Seolah derita sesama anak bangsa itu bahan candaan dan tertawaan semata. Sampai lalai pada situasi sebenarnya yang tengah dihadapi bangsa dan negara. Betapa rendahnya sense of crisis kita.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Di zaman ketika ilmu digadaikan, dan kebijaksanaan diperjualbelikan; kondisi sesungguhnya tentang penurunan daya beli masyarakat lebih cocok ditanyakan kepada emak-emak dan ibu-ibu rumah tangga, dari pada menuruti kicauan para politisi maupun analisis ‘ahli’ ekonomi bergelar profesor sekalipun.

Kenapa? Karena yang benar-benar paham tentang kondisi ekonomi, bukanlah para politisi atau akademisi. Melainkan para pelaku ekonomi itu sendiri. Siapa pelaku ekonomi yang sesungguhnya itu? Satu, ibu-ibu yang mesti cerdas mengelola uang belanja yang terbatas. Dan dua, para pengusaha yang harus berjibaku mengendalikan bahtera perusahaan agar tidak sampai karam.

Nyonya Meneer, mewakili emak-emak lainnya yang semakin sesak dadanya ketika uang belanja yang tahun lalu cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kini hanya bisa membeli sebagiannya saja. Nyonya Meneer juga mewakili para pengusaha yang semakin hari semakin merasakan berkurangnya jumlah barang yang dibeli emak-emak. Mesin produksinya melambat. Dan cash flownya pun tersumbat.

Tidak banyak yang bisa dilakukan emak-emak selain menghemat. Kodratnya emak-emak, memang menjaga gawang kestabilan pasokan makanan dan kebutuhan anak dan suami tercinta. Walau mungkin harus kombinasi dengan kuli nyuci atau usaha kecil-kecilan lainnya untuk sekedar mencari tambahan penghasilan.

Bagaimana dengan pengusaha? Bagi mereka yang tidak memperoleh keistimewaan perlakuan dari pemegang kebijakan, ya harus berjuang sendirian. Dari mana mulainya? Dari mengubah mindset tentang bisnisnya. Supaya tidak terpenjara pola dan kebiasaan lama yang walaupun dimasa lalu ampuh, tapi saat ini sudah tidak cocok lagi.

Dunia sudah berubah. Dan akan terus berubah. Begitulah faktanya. Maka absurd jadinya jika tata kelola dan proses bisnisnya masih berpola lama. Jangan sampai kinerja perusahaan hanya berpijak pada kejayaan masa lalu saja. Karena masa depan hanyalah milik mereka yang bisa dan bersedia menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman.

Walaupun kinerja sekarang masih memuaskan? Ya. Kenapa? Karena mereka yang hari ini pailit pun, sebelumnya pernah merasakan kejayaan dalam bisnisnya seperti yang saat ini Anda rasakan. Maka menerapkan mindset perubahan merupakan upaya pencegahan. Supaya dimasa depan, tidak mengalami nasib yang sama seperti mereka.

Apakah perubahan mindset itu akan mencukupi? Tentu tidak. Karena mindset, baru langkah awalnya saja. Yang harus diikuti oleh komitmen tingkat tinggi dalam mengesekusi. Khususnya untuk berinovasi. Inovasi seperti apa yang mesti kita lakukan? Nah. Itu yang mesti kita terus pelajari.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika tidak demikian, maka sense of crisis kita sama rendahnya dengan mereka yang gemar memoles data dan parameter perekonomian agar tampak elok didepan media. Dan sama rendahnya pula dengan mereka yang menganggap bahwa situasi ekonomi ini hanya sekedar guyonan saja. Semoga kita tidak demikian.

N.B: Butuh training buat top menejemen? “BUSINESS SUSTAINABILITY & DISRUPTIVE INNOVATION” adalah in-house program kami khusus untuk level Manager, General Manager, Director dan Presiden Direktur. Dilengkapi dengan simulai D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: courtesy Nyonya Meneer

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.