Wednesday , March 27 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Generasi Millennial Di Kantor Anda

Generasi Millennial Di Kantor Anda

Besar kemungkinan, posisi-posisi penting di perusahaan Anda saat ini di pegang oleh Gen Xers. Yaitu mereka yang lahir antara tahun 1966 hingga menjelang 1980. Disisi lain, karyawan-karyawan baru Anda adalah kaum millennials. Apakah Anda melihat fenomena ini?

Belum lama ini saya mendapat undangan dari klien untuk membahas tentang pekerja generasi millenial. Seperti di kebanyakan perusahaan lainnya, ada kesenjangan sikap dan pola pikir millennials dengan para atasannya yang Gen Xers.

Kemudian kesenjangan itu menimbulkan ‘kegelisahan’ budaya dan lingkungan kerja. Seluruh telunjuk mengarah kepada kaum millennials sebagai penyebabnya. Kenapa? Karena sebelum mereka datang, segala sesuatunya tertata dengan tertib. Santun. Dan sesuai hirarki.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Begitu mereka datang, segalanya jadi kacau. Hal pertama yang menghilang adalah ‘tata krama,’ katanya. Orang yang sudah ‘mateng’ tercengang ketika melihat karyawan baru bertingkah dengan gaya dan cara yang berbeda. Kayak alien saja.

Berikutnya adalah ‘kedisiplinan’. Betapa sulitnya mengajari anak-anak muda itu untuk berdisplin, katanya. Kerja sambil dengar music pakai ear phone. Dikasih kerjaan nyantai saja. Dan ada berbagai ‘kekacauan’ lainnya yang terjadi karena mereka. What should we do?

Hal pertama yang mesti kita sadari tentu saja adalah fakta bahwa zaman memang SUDAH – bukan sedang – sudah berubah. Generasi telah berganti. Bulan ini, misalnya. Seorang pemuda berusia 29 tahun diangkat Kraft Heinz untuk menjadi CFO. Di usia segitu, jadi CFO perusahaan dengan kapitalisasi pasar 100 Milyar dollar? Wooo… never happened before.

Tapi. Sebetulnya tidak terlalu mengejutkan. Jika kita mengikuti sepak terjang kaum milenial selama ini. Majalah Forbes misalnya, punya daftar ’30 UNDER 30′. Yang berisikan 30 kaum muda yang karirnya mengagumkan. Sebelum diangkat menjadi CFO, David Knopf – yang 29 tahun itu – adalah salah satu yang tertera dalam list itu.

Di kategori keuangan, Knopf bukan orang paling muda dalam list itu lho. Ada Zach Hamed di Goldman Sachs, misalnya. Tahu berapa usianya? Baru 23 tahun!

Training : Effective Communication Skills

Ini adalah fenomena. Yang tidak bisa dihadapi dengan mengumbar kekhawatiran, dominasi dan senioritas Gen Xers. Zaman ini memang sudah menjadi milik kaum millenial kok. Tugas kita, adalah memuluskan proses hand over-nya.

Apakah itu berarti bendera putih buat para ‘senior citizen’ seperti kita? Weits, bukan begitu. Kita justru beruntung, karena berada pada masa dimana proses alih generasi itu terjadi.

Kedua, sudah waktunya memberi peran lebih banyak pada kaum millenial. Kenapa? They will soon rule the world. Konon kan setiap pemenang dalam bisnis adalah those who work with the rulers.

Populasi market terbesar kita sekarang adalah kaum millenial. Dan masih akan terus bertambah. Karakter dan tuntutan mereka beda dengan customer konvensional yang jumlahnya pasti semakin ‘menyusut’.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Beri pekerja millenials itu ruang untuk mengeksplorasi kapasitas dirinya dalam menentukan arah pada masa depan perusahaan. Whats? Iya. Karena the future of the business ada ditangan mereka.

Memberi peran lebih banyak pada Millenials memungkinkan perusahaan untuk think & act like them. Sehingga produk, jasa dan strateginya akan lebih kompatible. Emangnya Gen Xers nggak bisa? Bisaaa. Tapi, yagidudeh…

Lalu apa peran para Gen Xers? Tidak usah khawatir. Masih banyak peran yang harus dimainkan. Walaupun Millenials mengambil alih banyak peran, namun fungsi-fungsi tertentu; masih menjadi domain Gen Xers.

NB: “The art of communication is the language of Leadership” (James Hume). Program “Effective Communication Skills For Leaders” saya menggunakan Personality Assessment. Sistematis, dan aplikatif. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
Office: Wisma GKBI 39th Floor 021-5799-8028
Cell phone: 0812-1989-9737

Training : Effective Communication Skills

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Hongkiat

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.