Tuesday , December 19 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Siapa Raja Kekaisaran Uang Masa Depan?

Siapa Raja Kekaisaran Uang Masa Depan?

Saya menikmati tulisan Pak Dahlan Iskan yang diposting ulang seorang teman di WAG kami. Seperti biasanya, dalam tulisan bertanggal 25 September 2017 itu Pak Dahlan mengajukan analisis cerdas dengan gaya penulisan berkelas wartawan papan atas.

Walaupun tulisan beliau diawali dengan pembahasan tentang betapa sudah membudayanya penggunaan e-money di Tiongkok, namun yang paling menarik buat saya justru adalah bagian akhirnya.

Setelah memaparkan bocoran IMF tentang diterimanya yuan sebagai mata uang internasional, beliau kemudian mengajukan pertanyaan retorik: “Akankah Yuan menjadi pengganti US dollar dimasa 30 tahun lagi?”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bagi saya, tidak berlebihan kalau yuan dinilai paling potensial untuk menggeser dominasi dollar. Faktanya, ekonomi China yang semakin menggurita dan berbagai perkembangan geopolitik dunia menunjukkan tidak adanya mata uang yang lebih potensial selain yuan untuk mengalahkan dollar.

Tapi. Dalam pengamatan saya; Walaupun posisi yuan semakin menguat, sama sekali bukan jaminan untuk menjadikannya raja peruangan dunia. Kenapa?

Karena, berbagai analisis mengindikasikan bahwa yang akan menjadi ancaman terberat US dollar sebagai raja mata uang dunia bukanlah yuan. Melainkan mata uang digital yang ‘mungkin’ sekarang belum lahir.

Kenapa saya sebut ‘mungkin belum lahir’? Bukankah cryptocurrency sudah kita kenal sekarang? Benar. Tapi petualangan para savy teknologi belum sampai pada puncaknya. Bitcoin, hanyalah sekedar versi awal yang bakal dengan mudah digantikan oleh cryptocur lain yang jauh lebih kokoh dan lebih diterima publik.

Apakah Anda percaya bahwa para petualang IT di Silicon Valey sudah puas dengan fantasi cryptocurrencynya?

Menyimak betapa serakahnya manusia. Dan betapa powerfulnya benda bernama uang, tidak ada yang bakal berhenti melahirkan jenis baru uang hibrid itu. Tidak ada bank central yang bisa mengontrol. Tidak ada negara yang punya kuasa buat menghalangi penerbitannya.

Konsekuensinya, kelak akan ada terlalu banyak jenis cryptocurrency. Lalu, apa dampaknya? Kebanjiran berbagai jenis uang crypto itu membuat nilai uang justru semakin lemah. Sehingga secara radikal, uang akan menjadi tidak bernilai lagi.

Maka atas dasar ini, saya mengajak Anda untuk tidak terlalu berharap yuan bakal tampil menjadi raja moneter menggantikan dollar dalam 100 tahunan life timenya. Setelah gulden Belanda, real Spanyol, poundsterling Inggris, lalu US dollar; finito!

Tidak berarti saya menutup kemungkinan naik tahtanya yuan menggantikan dollar. Kemungkinan itu tetap ada. Tapi, sanggupkah yuan melawan teknologi?

Kecuali jika yuan mau dan mampu bermetamorfosis menjadi sebuah cryptocur, maka kemungkinan terbesarnya adalah; yuan hanya akan sampai di pintu istana.

Ketika memasuki balairung kekaisaran uang, dia akan mendapati bahwa kursi kaisar sudah dikelilingi oleh sejumlah putera mahkota dari dinasti crypto. Yang lucunya, tak satu pun dari mereka cukup dominan sehingga tak ada yang berhak mengenakan mahkota raja.

Yuan. Hanya akan mengalami nasib serupa dengan mata uang lainnya yang sudah ditinggalkan publik. Tak pernah lagi di pindahtangankan atau masuk ke dalam dompet. Just history.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Para pangeran crypto itu akan saling berebut pengaruh. Menghancurkan pamor dan nilai uang itu sendiri. Lalu, manusia memasuki zaman baru. Dimana uang, sudah tidak dibutuhkan lagi.

Kapan itu terjadi? Merujuk pola 100 tahunan, maka itu 20 tahun lagi. Merujuk kaidah jempol, sekitar 50 tahun lagi. Tapi, merujuk kecepatan perubahan teknologi, ‘hanya’ butuh10 tahun saja. Wallahu a’lam…

N.B: Butuh training buat top menejemen? “BUSINESS SUSTAINABILITY & DISRUPTIVE INNOVATION” adalah in-house training kami khusus untuk level Manager, General Manager, Director dan CEO. Dilengkapi dengan simulai D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Training : Effective Communication Skills

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:The Legend of Ponnivala

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.