Tuesday , December 19 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Happy Employee – Healthy Company

Happy Employee – Healthy Company

Perusahaan yang sehat merupakan dambaan para pemegang saham. Maka tentunya menjadi tanggungjawab Dewan Direksi untuk memastikan perusahaan benar-benar berada pada kondisi yang sehat.

Kalau tidak berhasil membuat perusahaan sehat, maka posisinya sebagai boss bisa terancam. Walaupun jadwal Rapat Umum Pemegang Saham masih lama, tapi bisa saja dilakukan RUPS Luar Biasa kan? Itu sudah sering terjadi.

Makanya, teman-teman karyawan yang belum jadi boss besar mesti paham bahwa tanggung jawab mereka itu besar banget. Dan tidak selalu ringan memikulnya. Khususnya, dalam kondisi elit alias ekonomi sulit seperti saat ini.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Beberapa waktu lalu misalnya, selama 2 hari saya menemani Dewan Direksi di sebuah Holding Company yang memiliki anak perusahaan di berbagai jenis industri. Dalam forum senior leaders itu terungkap bahwa salah satu tantangan perusahaan adalah meningkatkan kepuasan pelanggan sebagai kunci kelangsungan bisnis jangka panjangnya.

Memang bagi perusahaan-perusahaan kelas dunia sekalipun ada PR besar untuk ‘meningkatkan kualitas pelayanan’.

Pertanyaannya kemudian adalah ‘how’? Bagaimana caranya? Sebab boleh jadi, segala hal sudah dicoba. Bahkan ‘customer satisfaction’ merupakan nilai budaya perusahaan. Di perusahaan Anda juga?

Pertanyaan saya sih sederhana saja ;”Sudah sejauh mana Anda membuat karyawan Anda bahagia?”

Deg. Merenungkan, lebih penting bagi saya dibanding seribu penjelasan. Dan dari perenungan itu saya menemukan jawaban bahwa; masalah utama kita sebenarnya bukan pelayanan yang buruk pada pelanggan. Melainkan pelayanan kita yang buruk pada karyawan. Pada anak buah. Pada kolega kerja.

Coba, apa yang sudah Anda lakukan untuk membahagiakan anak buah Anda? Lalu bagaimana Anda berharap anak buah yang tidak bahagia mau melayani pelanggannya dengan sepenuh hati?

Orang yang nggak bahagia mah boro-boro sigap bertindak demi melayani orang lain. Sekedar tersenyum saja berat. Nada bicara orang yang nggak bahagia kan nggak enak didengar. Raut mukanya jutek pula.

Bahagiakan anak buah Anda. Maka Anda akan mendapati mereka memuliakan pelanggannya. Bahagiakan karyawan Anda. Maka Anda akan menyaksikan mereka melayani pelanggan dengan suka cita.

“Kami sudah menerapkan standar gaji yang lebih baik loh pak dibanding pesaing-pesaing kita.”

Justru disinilah titik kritisnya. Banyak perusahaan menggaji besar tapi kualitas pelayanannya masih kalah bagus dibanding perusahaan lain yang ‘biasa-biasa’ saja. Bahkan kalah oleh perusahaan kecil yang tidak diperhitungkan. Anda sering kecewa kan sama perusahaan yang terkenal tapi pelayanannya berantakan?

What can you expect from karyawan yang nggak bahagia? Gaji, mungkin besar. Tapi faktor kebahagiaan utama di tempat kerja ternyata bukan itu. Lalu apa? Harap dicatat ini: perlakuan yang didapatkannya dari perusahaan.

Lihat dikantor Anda. Siapa yang paling jutek? Para pegawai atau para boss? Misalnya.

Jangan tersinggung membaca tulisan ini kalau Anda sudah jadi boss. Jangan ketawa-ketiwi juga kalau Anda belum jadi boss sambil bilang gini;”mestinya boss gue baca artikel si Dadang yang ini nich…” Lalu diforward pake surat kaleng pula.

Please don’t do that. Why? Kebahagiaan karyawan itu merupakan proyek timbal balik. Bukan kerjaan satu arah. Atasan membahagiakan bawahan, sepaket dengan bawahan membahagiakan atasan. Begitu juga sesama kolega. Bagaimana kita saling membuat teman bahagia. Ada kata ‘saling’-nya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ini ada study-nya loh. Bukan bualan kosong saya belaka. Bahwa orang-orang yang tidak saling menghargai di kantor cenderung lebih gampang stress daripada mereka yang saling peduli. Makanya, kalau bikin bahagia tuch bareng-bareng dong.

Bahagiakan teman dan karyawan dikantor Anda. Coz, happy employee is the only key for healthy company.

NB: Saya punya program training “CONECTING & COLLABORATING (THE POWER OF SYNERGY)” lho. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:RAVE Publication

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.