Saturday , November 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Kemampuan Mengambil Keputusan

Kemampuan Mengambil Keputusan

Dalam job description, mungkin tidak disebutkan bahwa mengambil keputusan merupakan salah satu tugas pemegang jabatan. Namun dalam praktek sehari-hari, hal itu tidak bisa lepas dari tugas yang harus dilakukan oleh setiap leader. Ya, setiap leader dalam setiap tingkatan.

Memangnya atasan di setiap level boleh mengambil keputusan? Bukan boleh. Harus. Kenapa? Karena setiap tanggungjawab pasti dibarengi dengan otoritas. Nah didalam otoritas itu ada bagian kewenangan pemikul tanggungjawab untuk mengambil keputusan. Maka keputusan yang harus dibuat di level saya, misalnya; tidak boleh dibebankan kepada atasan saya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu, bagaimana realitasnya? Apakah para leader sudah mampu mengambil keputusan? Ehm… kebanyakan sih masih menanti petunjuk dari atasan. Maka wajar kalau proses pengambilan keputusan di perusahaan menjadi lamban.

Dan kalau keputusan yang harus diambil itu berhubungan dengan penyelesaian masalah, maka masalahnya terus berlanjut berlarut-larut karena penanganan yang lambat. Lalu, masalah bertambah kompleks. Lantas berkembang menjadi semakin rumit. Sehingga untuk mengatasinya menjadi semakin sulit.

Itu loh yang menjadi penyebab utama kenapa kantor sering menghadapi persoalan pelik. Intinya: karena leader yang seharusnya mampu mengambil keputusan tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Kalau para leader di eselon 4 masih menggharap eselon 3 untuk mengambil keputusan yang seharusnya dia ambil sendiri, ya eselon 3-nya kelabakan. Bayangkan jika pejabat eselon 3 mengharapkan hal yang sama pada eselon 2. Dan ndilalah eselon 2 nya juga sami mawon. Apa nggak nyesek tuch eselon 1-nya? Rusak tatanan menejemen organisasi kita kan?

Sebel banget loh atasan itu kalau kita membebani dia seperti itu. Makanya, kita mesti terus meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan. Supaya bisa menjadi leader yang layak untuk jabatan yang kita emban.

Tapi Dang kamu nggak tahu atasanku. Dia itu orang yang otoriter banget. Semua keputusan harus dia ambil sendiri. Nggak percaya sama anak buahnya sama sekali.

Mas Bro, setiap atasan memiliki kebutuhan untuk memastikan segala urusan berjalan lancar. Maka ada kalanya mereka harus otoriter. Demi mengejar tujuan secara cepat dan meyakinkan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kenapa dia nggak mempercayakan proses pengambilan keputusan pada orang lain? Karena dia tidak melihat orang itu bisa diandalkan untuk melakukannya. Jika Anda bisa membuktikan kemampuan yang meyakinkan; dia akan looove to let you make the decision.

So. Mari mengasah kembali kemampuan mengambil keputusan kita. Supaya tanggungjawab kepemimpinan ini bisa ditunaikan. Supaya makin bisa diandalkan oleh pimpinan. Supaya lebih besar lagi peluang karir ini bisa berkembang.

NB: Saya punya program training “PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING” lho. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: Toonpool

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.